Alfonso II dari Aragon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Alfonso II
Raja Aragon
Comte Barcelona
Alfonso II dari Aragondari Liber feudorum maior
Alfonso II dari Aragon
dari Liber feudorum maior
Raja Aragon
Memerintah 1162–1196
Pendahulu Petronila dari Aragon
Pengganti Pero II dari Aragon
Lahir 1157
Huesca
Mangkat 25 April 1196
Perpignan
Makam Biara Poblet
Pasangan Sancha dari Kastilia
Nama lengkap
terlahir Ramón Berenguer
Wangsa Wangsa Aragon
Ayah Ramón Berenguer IV
Ibu Peironela dari Aragon
Agama Katolik Roma

Alfonso II (Aragon) atau Alfons I (Provence dan Barcelona; 1157[1] – 25 April 1196), disebut yang Suci atau si Trubadur, merupakan seorang Raja Aragon dan Comte Barcelona dari tahun 1162 sampai kematiannya. Ia adalah putra Ramón Berenguer IV, Comte Barcelona dan Peironela dari Aragon dan raja pertama Aragon yang juga merupakan Comte Barcelona. Ia kadang disebut, seperti ahli warisnya, terutama oleh sejarahwan Catalunya, "raja-comte". Ia juga merupakan Comte Provence dari tahun 1167, yang didapatkannya dari ahli waris Dulce II, sampai tahun 1173, ketika ia menyerahkan wilayah tersebut kepada saudaranya Ramón Berenguer III. Pemerintahannya ditandai oleh nasionalis dan nostalgia Katalan, sebagai l'engrandiment occitànic atau "kesatuan Pirenea": skema besar untuk menyatukan beberapa wilayah di kedua sisi Pirenia di bawah kekuasaan Wangsa Barcelona.[2]

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Terlahir sebagai Ramón Berenguer di Huesca, ia menjadi ahli waris persatuan takhta Aragon dan Barcelona sebagai Alfonso, ia mengganti namanya untuk menghormati rakyat Aragon dan Alfonso sang Pejuang.

Di masa pemerintahannya ia sering bersekutu dengan Alfonso VIII dari Kastilia, keduanya menentang Navarra dan kesultanan taifa Moor di selatan. Di dalam Reconquista upaya Alfonso terdorong sampai ke Teruel, menaklukkan benteng penting di jalan menuju Valencia pada tahun 1171. Di tahun yang sama ia menangkap Caspe.

Pada tahun 1186, ia membantu membangun pengaruh Aragon di Sardinia ketika ia mendukung sepupunya Agalbursa, janda Giudice Arborea, Barison II, menggantikan cucunya, putra dari putri sulungnya Ispella, Hugues I, di atas takhta Arborea menentang Pietro dari Serra.

Alfonso II menyerahkan tanah pertama kepada Rahib Sistersian di tepi sungai Ebro di wilayah Aragon, yang menjadi Biara Sistersian pertama di sana. Real Monasterio de Nuestra Senora de Rueda yang didirikan pada tahun 1202 menggunakan beberapa teknologi hidro pertama di wilayah untuk memanfaatkan tenaga air dan pengalihan sungai untuk kepentingan bangunan.

Perlindungan sastra dan puisi[sunting | sunting sumber]

Ia tercatat sebagai penyair di masanya dan merupakan sahabat dekat Raja Richard Berhati Singa. Sebuah Tenso, yang diduga dikarang olehnya dan Giraut de Bornelh, bentuk bagian dari debat puisi seperti ketika seorang wanita menjadi turun derajatnya dengan memiliki seorang kekasih yang lebih kaya darinya. Debat ini dimulai oleh Guilhem de Saint-Leidier dan diangkat oleh Azalais de Porcairagues dan Raimbaut dari Orange; ada juga yang disebut partimen di dalam topik antara Dalfi d'Alvernha dan Perdigon.

Alfonso dan percintaan gelapnya disebutkan di dalam puisi tersebut oleh banyak pengamen, termasuk Guilhem de Berguedan (yang mengkritik urusannya dengan Azalais dari Toulouse) dan Peire Vidal, yang mengomentari keputusan Alfonso untuk menikahi Sancha daripada Eudokia Komnene bahwa ia memilih pelayan Kastilia yang miskin daripada unta emas milik Kaisar Manouel.

Pernikahan & Keturunan[sunting | sunting sumber]

Alfonso dan Sancho yang dikelilingi oleh para wanita di istana. Dari Liber feudorum maior.

Alfonso menikah dengan Sancha dari Kastilia, putri Raja Alfonso VII dari León, Lahir 1155 atau 1157, meninggal 1208

  1. Gonstanza dari Aragon, menikah dengan Imre, Raja Hongaria dan kemudian dengan Friedrich II, Kaisar Romawi Suci
  2. Leonor, menikah dengan Raymond VI dari Toulouse
  3. Pero II dari Aragon, Raja Aragon dan Lord Montpellier
  4. Douce (Dolça), seorang suster di Sijena
  5. Alfonso II dari Provence
  6. Fernando, Kepala Biara Montearagon, meninggal setelah 1227
  7. Ramón Berenguer, meninggal 1190
  8. Sancha dari Aragon, menikah dengan Raymond VII dari Toulouse, Maret 1211. Mereka memiliki seorang putri, Jeanne dari Toulouse, dan bercerai pada tahun 1241.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Alfonso II el Casto, hijo de Petronila y Ramón Berenguer IV, nació en Huesca en 1157;". Cfr. Josefina Mateu Ibars, María Dolores Mateu Ibars, Colectánea paleográfica de la Corona de Aragon: Siglo IX-XVIII, Universitat Barcelona, 1980, p. 546. ISBN 84-7528-694-1, ISBN 978-84-7528-694-5.
  2. ^ T. N. Bisson, "The Rise of Catalonia: Identity, Power, and Ideology in a Twelfth-Century Society," Annales: Economies, Sociétés, Civilisations, xxxix (1984), translated in Medieval France and her Pyrenean Neighbours: Studies in Early Institutional History (London: Hambledon, 1989), pp. 179.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Peironela
Raja Aragon
1162–1196
Diteruskan oleh:
Pero si Katolik
Didahului oleh:
Ramón Berenguer IV
Comte Barcelona
1162–1196
Didahului oleh:
Dulce II
Comte Provence
1167–1171
Diteruskan oleh:
Ramón Berenguer III