Peironela d'Aragón

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Petronila dari Aragon)
Lompat ke: navigasi, cari
Peironela
Peironela dengan suaminya Ramón Berenguer IV
Peironela dengan suaminya Ramón Berenguer IV
Ratu Aragon
Memerintah 1137 - 1164
Pendahulu Ramiro II dari Aragon
Pengganti Alfonso II dari Aragon
Lahir 29 Juni 1136
Huesca, Spanyol
Mangkat 15 Oktober 1173 (umur 37)
Barcelona, Spanyol
Makam Katedral Barcelona
Pasangan Ramón Berenguer IV
Anak
Pero d'Aragón
Dulce, Ratu Portugal
Alfonso II dari Aragon
Ramón Berenguer III dari Provence
Sanç dari Provence
Wangsa Wangsa Jiménez
Ayah Ramiro II dari Aragon
Ibu Agnés, Ratu Aragón
Tanda tangan Tanda tangan Peironela d'Aragón

Peironela dari Aragon (lahir di Huesca, 29 Juni 1136 – meninggal di Barcelona, 15 Oktober 1173 pada umur 37 tahun) juga dieja Peyronela atau Payronella[1] dan Peronel·la, adalah seorang Ratu yang memimpin Aragon dari tahun 1137 sampai tahun 1164. Ia adalah putri dan ahli waris Ramiro II dari Aragon dan Agnés, Ratu Aragón. Dari pernikahannya, ia juga dinobatkan sebagai adipati wanita Barcelona.

Peironela menjadi seroang ahli waris takhta melalui pernyataan khusus. Ayahandanya, Ramiro, adalah Uskup Barbastro-Monzón dan kakandanya, Alifonso I, meninggal tanpa penerus takhtanya pada tahun 1134, dan meninggalkan mahkota kepada 3 ordo militer keagamaan. Namun, para bangsawan Aragon memberikan takhta tersebut kepada Ramiro. Sebagai raja, ia menerima dispensasi kepausan untuk mengabdi dari sumpah biaranya untuk melindungi ahli waris takhta. Raja Ramiro sang Biarawan diketahui menikahi Agnès, putri Guilhem IX dari Aquitaine dan Gascogne, dan ia dikaruniakan seorang ahli waris, Peironela. Ketika berusia kurang lebih setahun, Peironela menikah di Barbastro pada tanggal 11 Agustus 1137 dengan Ramón Berenguer IV.[2] Tak lama setelah itu, Ramiro mengabdikasikan dirinya atas bantuan Peironela dan Ramón Berenguer dan kembali ke kehidupannya sebagai seorang biarawan.

Peironela melangsungkan pesta pernikahannya dengan Ramón Berenguer di awal tahun 1151,[2]ketika ia hampir berusia 15 tahun. mereka dikaruniakan lima orang anak :

Tak lama setelah kematian suaminya pada tahun 1162, Peironela mengumumkan mahkota Aragon atas nama putra sulungnya, Ramón Berenguer, yang disambut meriah oleh rakyat Aragon, ia kemudian mengganti namanya menjadi Alifonso. Putranya adalah pemimpin pertama Aragon dan Catalunya (tempat ia dikenal sebagai Alifonso I), dan dengan ini membangun hubungan antar wangsa dari dua negara yang berlangsung sampai Mahkota Aragon yang dihapus pada tahun 1707. Kedua negara tersebut sebagian besar tetap terpisah sebagai daerah federal yang memiliki sistem hukum dan pemerintahan tersendiri. Pemimpinnya menggunakan gelar baik Raja Aragon dan Adipati Barcelona. Alifonso II berusia tujuh tahun ketika pada tanggal 18 Juli 1164 Peironela menyerahkan takhtanya. Ia meninggal dan dimakamkan di Katedral Barcelona, namun makamnya telah menghilang sekarang.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ana Isabel Lapeña Paúl (2008): "Apéndice III. Ramiro II en la Crónica de San Juan de la Peña". Ramiro II de Aragón: el rey monje (1134-1137). Gijón: Trea. p. 298. ISBN 978-84-9704-392-2
  2. ^ a b Charles Cawley, Medieval Lands, Kings of Aragon

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Bisson, Thomas N. The Medieval Crown of Aragon: A Short History. Oxford: Clarendon Press, 2000.
  • Chaytor, Henry John. A History of Aragon and Catalonia. London: Methuan, 1933.
  • Stalls, William C. "Queenship and the Royal Patrimony in Twelfth-Century Iberia: The Example of Petronilla of Aragon", Queens, Regents and Potentates, Women of Power, vol. 1 (Boydell & Brewer, 1995), 49-61.
Peironela d'Aragón
Lahir: 29 Juni 1136 Wafat: 15 Oktober 1173
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Ramiro II
Ratu Aragon
1137–1164
Diteruskan oleh:
Alfonso II