Adelaide dari Toulouse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Azalais dari Toulouse)
Lambang Béziers.

Azalaís dari Toulouse (atau Alais, atau Adelaide dari Béziers) adalah putri Pangeran Raymond V dan Puteri Constance. Eyang maternalnya adalah Louis VI dari Prancis dan istri keduanya Adelaide dari Maurienne.

Ia dilahirkan di kastil Burlats (wilayah Roquecourbe, Tarn) dan kemudian ia dipanggil contessa de Burlatz (Comtesse Burlats) di dalam vida Arnaut de Mareuil.

Ia menikah dengan Roger II Trencavel, Pangeran Béziers dan Carcassonne pada tahun 1171; ia adalah ibu Raymond Roger Trencavel, yang meninggal di dalam pengasingan setelah Carcassonne diduduki pada tahun 1209. Azalaís sendiri meninggal pada tahun 1199.

Azalaís dari Toulouse disinggung di dalam puisi-puisi oleh sejumlah pengamen, termasuk Pons de la Gardia, Giraut de Salignac. Dikatakan bahwa puisi dari Arnaut de Mareuil adalah sekuens yang menceritakan cintanya untuknya. Alfonso II dari Aragon adalah saingannya, dan menurut razó di salah satu puisi Arnaut, sang raja dengan irinya membujuknya untuk memutuskan persahabatannya dengan Arnaut. Perilaku Alfonso terhadap Azalaís mendapat kritikan keras di dalam sirventès oleh Guilhem de Berguedan: "ia memberimu cintanya, dan kau mengambil 2 kota dan ribuan kastil darinya".