Fernando de la Cerda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fernando de la Cerda
Makam Fernando de la Cerda
PasanganBlanche dari Prancis
Anak
Alfonso de la Cerda
Fernando de la Cerda
Keluarga bangsawanWangsa de la Cerda
BapakAlfonso X dari Kastilia
IbuYolanda dari Aragon
Lahir23 Oktober 1255
Meninggal1275 (usia 19 atau 20 tahun)
Ciudad Real

Fernando de la Cerda (1255-1275) merupakan seorang ahli waris takhta ke Mahkota Kastila sebagai putra sulung Alfonso X dan Yolanda dari Aragon. Julukannya, de la Cerda, berarti "berbulu" dalam bahasa spanyol, sebuah referensi bagi yang dilahirkan dengan kepala penuh rambut.[1]

Lambang Wangsa de la Cerda dari abad ke-13, kombinasi dari Kastila dan León, dari infante Fernando, dan lambang Prancis, untuk Blanche dari Prancis.[2]

Pada bulan Oktober 1268 ia menikahi Blanche, putri Raja Louis IX dari Prancis. Mereka memiliki dua orang putra:

  • Alfonso de la Cerda (1270-1333), yang di duga menikahi Mathilde dari Narbonne, putri Vicomte Aimery VI dari Narbonne.[3] Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Alfonso de la Cerda menikahi Mathilde dari Brienne, putri Jean I dari Brienne.[4] Mereka memiliki empat orang putra dan tiga orang putri.
  • Fernando de la Cerda (1275-1322), yang menikahi Juana Núñez de Lara, yang disebut "la Palomilla", Nyonya Lara & Herrera, putri Juan Núñez de Lara "el Mayor" dan Teresa Álvarez de Azagra. Mereka memiliki seorang putra dan tiga orang putri. Seorang putri yang bernama Blanca Núñez de Lara, menjadi ibu mertua Raja Enrique II dari Kastilia.

Fernando meninggal lebih dulu dari ayahandanya, pada tahun 1275 di Ciudad Real dari luka yang diterimanya di Pertempuran Écija. Anak-anaknya tidak mewarisi takhta kakek mereka, karena pamanda mereka Sancho merebut takhta tersebut.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Historia del apodo "de la Cerda".
  2. ^ Maclagan, Michael and Jiri Louda, Lines of Succession, (MacDonald & Co., 1981), Table 47.
  3. ^ Medieval Iberia: An Encyclopedia, Ed. E. Michael Gerli and Samuel G. Armistead, (Routledge, 2003), 50.
  4. ^ Masnata y de Quesada, David E. (1985).