Salaam Namaste

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Salaam Namaste
Berkas:Salaam Namaste promopic.jpg
Poster film untuk Salaam Namaste
SutradaraSiddharth Anand
ProduserAditya Chopra
Ditulis olehAbbas Tyrewala
Siddharth Anand
PemeranSaif Ali Khan
Preity Zinta
Arshad Warsi
Tania Zaetta
Jugal Hansraj
NaratorAbhishek Bachchan
Penata musikLagu:
Vishal-Shekhar
Skor latar belakang:
Salim Sulaiman
SinematograferSunil Patel
PenyuntingRitesh Soni
DistributorYash Raj Films
Tanggal rilis
  • 09 September 2005 (2005-09-09)
Durasi159 menit
NegaraIndia
BahasaHindi
Anggaran130 juta (US$1,8 juta)[1]
Pendapatan
kotor
570 juta (US$8,0 juta)[2]

Salaam Namaste adalah sebuah film komedi percintaan musikal Bollywood 2005. Film tersebut disutradarai oleh Siddharth Anand untuk pertama kalinya dan diproduksi oleh Aditya Chopra dan Yash Chopra dibawah spanduk Yash Raj Films. Film tersebut dibintangi oleh Saif Ali Khan dan Preity Zinta dalam film keempat mereka Arshad Warsi, Tania Zaetta dan Jugal Hansraj tampil sebagai pemeran pendukung. Film tersebut adalah pembuatan ulang dari film Hollywood 1995 Nine Months yang dibintangi oleh Hugh Grant dan Julianne Moore sebagai pemeran utama. Dirilis pada 9 September 2005, film tersebut adalah film India bertama yang difilmkan di Australia.[3]

Film tersebut mengisahkan tentang cerita dua orang muda dan modern asal India, Nick dan Ambar, yang meninggalkan rumah mereka di India untuk membuat kehidupan mereka sendiri di Melbourne, Australia. Cerita tersebut mengisahkan tentang satu tahun kehidupan mereka, yang diwarnai dengan masalah dan hubungan, dari pertemuan pertama mereka di sebuah acara pernikahan, sampai keputusan mereka untuk hidup bersama tanpa menikah, sampai mereka memutuskan untuk berpisah karena Ambar hamil.

Salaam Namaste menjadi salah satu hit box-office terbesar pada 2005 di India, serta hit terbesar India di pasaran luar negeri pada tahun itu.[4] Pada 24 September 2005, skrip film tersebut dimasukkan ke Perpustakaan Margaret Herrick, yang dioperasikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences.[5][6] Zinta meraih beberapa nominasi karena perannya dalam beberapa acara film, seperti Penghargaan Filmfare, Penghargaan IIFA, Penghargaan Star Screen dan Penghargaan Zee Cine.

Alur[sunting | sunting sumber]

Dua orang muda yang progresif asal India, Nikhil "Nick" Arora (Saif Ali Khan) dan Ambar "Amby" Malhotra (Preity Zinta), meninggalkan India untuk tinggal di Melbourne, Australia. Nick dikirim ke Australia untuk menjadi arsitek. Setelah lulus, ia ditugaskan di sebuah restoran, dimana ia bekerja sebagai kepala chef dan restorannya dinamai "Nick of Time".

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Beberapa orang berperan sebagai pemain latar pada film tersebut. Abhishek Bachchan adalah narator dan membuat penampilan khusus sebagai dokter menjelang akhir film tersebut. Sutradara Siddharth Anand membuat sebuah penampilan sebagai sopir taksi menjelang akhir film tersebut. Ibu dan putra dalam toko buku yang dikunjungi oleh Saif Ali Khan, adalah istri dan putra dari aktor Arshad Warsi, Maria Goretti dan Zeke. Orang yang kemudian menjadi pacarnya Preity Zinta, Ness Wadia, membuat sebuah penampilan sebagai pria yang membaca surat kabar di samping Preity yang duduk di atas bus.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Salaam Namaste
Berkas:Salaam Namaste Audio Cd.jpg
Album lagu tema karya Vishal-Shekhar
Dirilis
10 August 2005 (India)
GenreSoundtrack film fitur
Label
Yash Raj Music
ProduserVishal-Shekhar
Kronologi Vishal-Shekhar
Dus
(2005)Dus2005
Salaam Namaste
(2005)
Ek Ajnabee
(2005)Ek Ajnabee2005

Film tersebut memiliki tujug lagu yang dikomposisikan oleh duo Vishal-Shekhar. Musik pada film tersebut dirilis pada 10 Agustus 2005. Musiknya meliputi empat lagu dan dua pencampuran ulang. Liriknya ditulis oleh Jaideep Sahni.

Daftar track

No.JudulPenyanyiDurasi
1."Salaam Namaste"Kunal Ganjawala, Vasundhara Das04.37
2."My Dil Goes Mmmm"Shaan, Gayatri Ganjawala07.34
3."What's Going On?"Kunal Ganjawala, Sunidhi Chauhan04.41
4."Tu Jahan"Sonu Nigam, Mahalakshmi Iyer05.15
5."My Dil Goes Mmmm (Campur English Club)"Shaan, Caralisa Monteiro04.08
6."Salaam Namaste (Campur Dhol)"Kunal Ganjawala, Vasundhara Das03.54
7."My Dil Goes Mmmm"Instrumental04.08

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Situs web Bollywood populer Bollywood Hungama memberikan Salaam Namaste 3 dari 5 bintang.[7] Salaam Namaste received mostly positive reviews.[8]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salaam Namaste's Box office results". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-16. Diakses tanggal 6 August 2011. 
  2. ^ "Top Lifetime Grossers Worldwide". Boxofficeindia.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-25. Diakses tanggal 6 August 2011. 
  3. ^ Phillips, Mark (13 Mei 2005). "Bollywood on Bourke Street". The Age. Diakses tanggal 25 April 2008. 
  4. ^ "bollywoodmantra.com". Salaam Namaste is a box office hit!. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-27. Diakses tanggal 9 September 2006. 
  5. ^ Adarsh, Taran (24 September 2005). "'Salaam Namaste' invited for Oscar library". Diakses tanggal 25 April 2008. 
  6. ^ "Salaam Namaste invited for Oscar library". 25 September 2005. 
  7. ^ http://www.bollywoodhungama.com/moviemicro/cast/id/65071
  8. ^ http://www.bollywoodhungama.com/moviemicro/criticreview/id/65071

Pranala luar[sunting | sunting sumber]