Kabir Khan (sutradara)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kabir Khan
Kabir Khan
Kabir Khan
Lahir1971 (umur 47–48 tahun)
Hyderabad, India
PekerjaanSutradara
KebangsaanIndia
Alma materKampus Kirori Mal, Universitas Delhi Jamia Millia Islamia, New Delhi
Karya terkenalEk Tha Tiger
PasanganMini Mathur

Kabir Khan (kelahiran 1971) adalah seorang sutradara film, penulis latar, dan sinematografer India. Ia memulai kariernya dengan berkarya dalam film-film dokumenter, dan kemudian membuat debut penyutradaraan film fiturnya pada 2006 dengan Kabul Express yang diikuti dengan New York (2009) dan Ek Tha Tiger (2012).

Karier[sunting | sunting sumber]

Film-film dokumenter (1996-2001)[sunting | sunting sumber]

Khan memulai kariernya pada usia 24 tahun sebagai sinematografer untuk film dokumenter Discovery Channel Beyond the Himalayas (1996) yang disutradarai oleh Gautam Ghosh. Ia kemudian membuat debut penyutradaraannya sendiri pada dokumenter The Forgotten Army (1999) berdasarkan pada Tentara Nasional India yang dipimpin oleh Subhas Chandra Bose. Ia kemudian menyutradarai dua dokumenter berikutnya sebelum berfokus pada sinema umum.[1]

Terikat dengan Yash Raj Films (2006-2012)[sunting | sunting sumber]

Khan masuk industri film Hindi dengan menyutradarai tiga film untuk produser Aditya Chopra dibawah spanduk Yash Raj Films. Film pertama dari tiga film tersebut adalah drama aksi Kabul Express (2006) yang dibintangi oleh John Abraham dan Arshad Warsi. Film tersebut secara moderat sukses secara kritis maupun komersial.

Film penyutradaraan kedua Khan adalah thriller perlawanan terhadap terorisme New York (2009) yang dibintangi oleh John Abraham, Neil Nitin Mukesh, Katrina Kaif, dan Irrfan Khan. Film tersebut sukses secara komersial dan meraih tanggapan dari para kritikus.

Film ketiga Khan untuk Yash Raj Films adalah thriller spionase blockbuster Ek Tha Tiger (2012) yang dibintangi oleh Salman Khan dan Katrina Kaif. Film tersebut dinyatakan sebagai film Bollywood dengan keuntungan tertinggi pada 2012, dan saat ini masuk dalam salah satu film Bollywood dengan keuntungan tertinggi sepanjang masa.

Proyek mendatang (2014-sekarang)[sunting | sunting sumber]

Pada Agustus 2014, Khan memiliki beberapa proyek dalam beberapa panggung pengembangan yang berbeda. Ia saat ini sedang memfilmkan jadwal terakhir dari Phantom, sebuah drama perlawanan terhadap terorisme yang dibintangi oleh Saif Ali Khan dan Katrina Kaif. Film tersebut, yang diproduksi oleh Sajid Nadiadwala, direncanakan akan dirilis pada April 2015.

Pada November 2014, Khan akan memulai pemfilman Bajrangi Bhaijaan yang menampilkan Salman Khan (yang juga memproduksi film tersebut) bersama dengan Kareena Kapoor Khan. Film tersebut direncanakan akan dirilis pada hari raya 2015.[2] Sebuah laporan juga menyatakan bahwa Khan bersepakat dengan Hrithik Roshan untuk sebuah film percintaan yang diproduksi oleh Sajid Nadiadwala, yang dijadwalkan akan memulai pemfilmannya pada Juli 2015.[3]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Khan menikah dengan pembawa acara TV Mini Mathur.[4] Mereka memiliki seorang putra dan seorang putri.[5]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "'Kabul Express is based on my experiences'". Rediff.com. 3 July 2006. Diakses tanggal 6 August 2014. 
  2. ^ "Salman and Kareena come together for Bajrangi Bhaijaan". The Indian Express. 18 July 2014. Diakses tanggal 6 August 2014. 
  3. ^ "Kabir Khan scripts a love story for Hrithik Roshan". Times of India. 14 Juli 2014. Diakses tanggal 6 Agustus 2014. 
  4. ^ How did Kabir Khan marry Mini Mathur?
  5. ^ Post New York Kabir Khan busy babysitting Hindustan Times, 7 Juli 2009

Pranala luar[sunting | sunting sumber]