Rocket Singh: Salesman of the Year

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rocket Singh: Salesman of the Year
Rocket Singh - Salesman of the Year.jpg
Poster teatrikal
SutradaraShimit Amin
ProduserAditya Chopra
PenulisJaideep Sahni
PemeranRanbir Kapoor
Gauhar Khan
Shazahn Padamsee
Prem Chopra
[1]
MusikSalim-Sulaiman
SinematografiVikash Nowlakha
PenyuntingArindam Ghatak
DistributorYash Raj Films
Tanggal rilis
  • 11 Desember 2009 (2009-12-11)
Durasi
156 menit
NegaraIndia
BahasaHindi
Anggaran15 juta (US$230,000)[2]
Pendapatan kotor105,18 juta (US$1.6 juta)[3]

Rocket Singh: Salesman of the Year adalah sebuah film India yang disutradarai oleh Shimit Amin dan diproduksi oleh Aditya Chopra di bawah spanduk Yash Raj Films dan dirilis pada 2009. Permainan latar pada film tersebut dilakukan oleh Jaideep Sahni, yang berkolaborasi dengan Shimit Amin pada Chak De! India. Film tersebut dibintangi oleh Ranbir Kapoor, D. Santosh & Naveen Kaushik sebagai pemeran utama. Prem Chopra dan Shazahn Padamsee putri dari Alyque Padamsee dan Sharon Prabhakar, yang membuat debutnya dalam film tersebut, memainkan peran pendukung.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Plot Cerita[sunting | sunting sumber]

Harpreet Singh Bedi adalah seorang Sikh yang baru saja memperoleh gelar sarjana dalam bidang commerce (B.Com) dengan nilai kuliah yang kurang cukup baik. Setelah lulus kuliah, Ia mendaftar untuk posisi sales pada sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang perakitan dan reparasi komputer bernama AYS. Sebagai seorang Sikh yang memegang teguh idealisme serta kejujuran dalam bekerja, visi idealismenya segera pudar setelah beberapa hari setelah ia bekerja, salah seorang client-nya meminta untuk melakukan manipulasi pembelian komputer. Setelah melaporkan keluhan kepada AYS, akhirnya Ia baru tahu bahwa memang perusahaan AYS sering melakukan praktik suap semacam itu untuk memperoleh keuntungan. Berbeda dengan atasannya, Ia memiliki argumen bahwa kesuksesan penjualan sangat bergantung pada konsumen. Menurutnya, selama konsumen puas maka sesungguhnya praktik suap-menyuap tidak perlu terjadi. Seluruh koleganya tidak ada yang setuju dengan pendapatnya. Ia kemudian mendirikan sebuah perusahaan bayangan bernama Rocket Sales Corporation miliknya yang berjalan dalam AYS secara ilegal. Berbeda dengan AYS, strategi yang digunakan oleh Rocket Sales Corporation lebih menekankan kepada kepuasan pelanggan dan pelayanan pelangan dibandingkan hanya menjual produk dengan mengandalkan praktik suap tanpa memperhatikan pelayanan terhadap pelanggan. Selanjutnya, beberapa pegawai AYS lainnya mulai tertarik serta bergabung dengan Rocket Sales Corporation secara diam-diam, termasuk seorang office boy yang ternyata memiliki potensi yang tidak dimiliki oleh pegawai lain.

Beberapa saat setelah itu, perusahaan bayangan Rocket Sales Corporation menjadi sangat sukses berkat dedikasinya terhadap kepuasan pelanggan. Kesuksesan Rocket Sales Corporation selanjutnya memicu kemarahan dari managing director AYS, yakni Sunil Puri. Puri selanjutnya menghubungi pihak Rocket Sales Corporation serta mengutarakan niatnya untuk membeli perusahaan tersebut. Harpreet selanjutnya menjawab bahwa Ia tidak hanya menolak tawaran tersebut tetapi Ia malahan yang akan membeli perusahaan AYS. Setelah gagal menghubungi kembali pihak Rocket Sales Corporation berulang kali, Puri mencoba menghubungi nomor telepon yang ada pada brosur perusahaan tersebut serta mendapati bahwa nomor telepon yang Ia hubungi adalah nomor telepon meja resepsionis AYS. Akhirnya, Puri memecat Harpreet dan beberapa karyawannya kemudian memaksa Harpreet untuk menjual perusahaannya kepada AYS hanya dengan harga 1 Rupee. Setelah kepergian Harpreet, AYS ternyata tidak mampu menjaga komitmen Rocket Sales Corporation terhadap kepuasan pelanggan karena sifat para pegawai AYS yang tidak ramah dan rakus. Hal tersebut selnajutnya membuat penjualan Rocket Sales Corporation menjdi jatuh. Menyadari kondisi tersebut Puri selanjutnya menemui Herpreet serta mengembalikan kepemilikan Rocket Sales Corporation kepada Herpreet. Herpreet selanjutnya menasehati Puri untuk tidak menjadi pebisnis lagi karena Ia akan tetap gagal jika memakai cara yang sama. Herpreet selanjutnya menyatakan bahwa kunci utama kesuksesannya adalah karena Ia tidak memprektekkan cara-cara kotor dalam bisnis semacam suap, iklan yang menjebak konsumen serta membayar pegawai dengan upah rendah.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Film tersebut dirilis pada 11 Desember 2009 di seluruh dunia.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Soundtracknya dikomposisikan oleh Salim-Sulaiman, dengan lirik oleh Jaideep Sahni.[4]

Box office[sunting | sunting sumber]

Rocket Singh: Salesman of the Year mendapatkan keuntungan sebesar Rs 102 juta (Rs 102.5 juta) di India pada minggu pembukaannya.[5]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

2010: Penghargaan Filmfare

2010: Penghargaan IIFA

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jugaad (2009) |Movie Review, Trailers, Music Videos, Songs, Wallpapers. Bollywood Hungama (13 Februari 2009).
  2. ^ http://www.newkerala.com/news/fullnews-11131.html
  3. ^ Boxofficeindia.com. Boxofficeindia.com.
  4. ^ Music review: Rocket Singh. Hindustan Times (7 Desember 2009).
  5. ^ Iyer, Rahul. (15 Desember 2009) Box Office: Rocket Singh nets Rs 102 million in opening weekend. Businessofcinema.com.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]