Sahara Band

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sahara Band
Sahara band.jpg
Latar belakang
Asal Bendera Indonesia Bandung, Indonesia
Genre Rock
Anggota Ixan Rantas (vokal)
Gangan (gitar)
Niko (gitar)
Ahmad Sebastio (bass)
Rothua (drum)
Mantan anggota Richard Mutter (Drum)
Ovy (Gitar)
Eron reza (vokal)
Agus Aziz (drum)
Iwan Iskandar
Ridwan Sahara(vokal)
Alex hutajulu (vokal)
Dion (Gitar)

Sahara Band adalah sebuah grup musik yang berdiri tahun 1989 atas rintisan Richard Mutter dan Irvan Harahap. formasi pertama adalah dengan bassist Ahmad 'Apet' yang juga vokalis. trio Sahara ini mengawali karier dengan hanya meng'cover lagu lagu daei kelompok RUSH. pada tahun kedua, Ahmad 'Apet' mengundurkan diri dan diganti oleh Ahmad Sebastio pada bass, dan tak lama mereka mengajak Iwan Leo sebagai vokalis. Setelah sejumlah podium festival rock berhasil diduduki, Sahara Band kemudian menapaki kariernya di dunia rekaman pada tahun 1993 dengan album perdana bertajuk Insomnia. Dengan vokalis Ixan Rantas dan didukung oleh gitaris Dion, bassis Ahmad Sebastio serta drummer Agus Aziz, pada tahun 1995 grup asal Bandung ini berhasil menorehkan namanya di blantika musik negeri dengan single manis Biarlah Sepi dari album keduanya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sahara berdiri tahun 1989 atas rintisan Richard Mutter dan Irvan Harahap

kemudian mereka mengajak Ahmad 'Apet untuk mengisi posisi bass dan vokal. awal karier SAHARA mereka hanya meng'cover lagu lagu milik kelompok musik RUSH asal Canada. tak lama berselang Ahmad 'Apet mengundurkan diri dan diganti oleh Ahmad Sebastio sampai sekarang. Pencapaian awal karier terpenting Sahara adalah saat menjadi juara 3 di Festival Rock milik Log Zelebour tahun 1991, dengan formasi: Irvan Harahap guitar, Iwan Leo vokal, Richard Mutter drum dan Ahmad Sebastio bass. Sebastio juga menyabet gelar bassist terbaik di ajang ini. Dari ajang ini Sahara merekam single pertama nya berjudul BANGKIT. tetapi formasi ini tidak bertahan lama, posisi guitar diganti oleh Dion, sementara vokal digawangi oleh Ryan Christie. dari formasi ini kembali Sahara menjadi 10 finalis di ajang rock festival milik Log Zelebour di tahun 1993. kali ini Richard Mutter mendapat gelar drummer terbaik. dan Sahara merekam single 2 nya yang berjudul DUNIA. Dua single daei Sahara ini terangkum dalam 2 album kompilasi rilisan Log Zelebour. tak lama Richard Mutter mengundurkan diri dan bergabung dengan Pas Band.

Sampai akhirnya dengan vokalis Ixan Rantas didukung oleh gitaris Dion, bassis Ahmad Sebastio, serta Drummer Agus Azis, grup asal Bandung ini merilis album pertamanya Insomnia pada tahun 1993.

Melalui formasi Agus, Dion, Ahmad dan Ixan merilis album kedua yang diberi tajuk Biarlah Sepi tahun 1995. Kelompok rock asal Bandung ini terlihat mengubah aliran ketika merilis album ini, setidaknya di lagu unggulan Biarlah Sepi yang terdengar beda dengan album sebelumnya. Biasanya lagunya rock dengan lengkingan nada tinggi, tetapi di lagu tersebut mereka tampil santai, bahkan nada yang dinyanyikan adalah low tone. Usaha ini membuat lagu ini tidak hanya disukai pendengar rock tetapi juga pendengar pop.

Sahara, band menengah yang mempunyai penguasaan teknis dan semangat yang tinggi, tahun 90an adalah tahun yang membuat band ini melejit. Namun dalam perkembangannya, corak musik band ini mengikuti pasar dengan suasana rock yang berkurang drastis berbeda pada masa awal band ini terbentuk.

Grup band asal Bandung ini sempat merajai festival-festival rock pada tahun 90-an. Album pertamanya berjudul Insomnia dirilis tahun 1993, kemudian Biarlah Sepi (1995), disusul album Tiga tahun 1997, dan album Fourth tahun 2000. Terakhir pada tahun 2007 Sahara merilis album berjudul Kemarin, Kini dan Nanti.

Album The Best of Sahara keluar sebelum Sahara merilis album keempatnya pada tahun 2000. Album Best ini merupakan kumpulan terbaik dari tiga album sebelumnya yaitu Insomnia (1993), Biarlah Sepi (1995) dan Tiga (1997), ditambah satu lagu baru berjudul Hasrat.

Di album terakhir itu posisi vokalis diisi oleh Ridwan yang nahasnya ketika sedang sibuk-sibuknya mereka promo album, Ridwan mengalami kecelakaan lalu lintas hingga meninggal dunia. Kemudian vokalis muda Eron Reza sebagai vokal pengganti, namun tidak lama cabut karena fokus studi nya dan digantikan Alex Rudiart Hutajulu dan sempat mengeluarkan beberapa single, akhirnya pada tahun 2012 Ixan Rantas kembali. Terakhir, secara nasional tampil reuni pada acara Radio Show di tvOne bulan 28 Mei 2012.

Tanggal 16 September 2012, Sahara kembali menggebrak dengan penampilan apiknya di gelaran Bandung Rockin Fest yang di selenggarakan di Lapangan Brigif Cimahi .

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]