Sachsen-Eisenach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kadipaten Sachsen-Eisenach
Herzogtum Sachsen-Eisenach
Negara dalam Kekaisaran Romawi Suci (hingga 1806),
Negara Konfederasi Rhine
1596–1638
1640–1644
1662–1809
Bendera Lambang
  Kadipaten Sachsen-Eisenach pada 1672 (biru) di antara Negara-negara Kadipaten Ernestine yang lain di Thuringia
Ibu kota Eisenach
Bentuk pemerintahan Kadipaten (Kepangeranan)
Era sejarah Abad Pertengahan
 -  Divisi Erfurt 1572
 -  Memisahkan diri dri
    S.-Coburg-Eisenach
1596
 -  Terbagi ke dalam
    Sachsen-Weimar
    and Sachsen-Altenburg
 
1638
 -  Memisahkan diri dari
    Sachsen-Weimar
1640
 -  Terbagi ke dalam
    Sachsen-Gotha
    and Sachsen-Weimar
1644
 -  Memisahkan diri dari
    Sachsen-Weimar
1662
 -  Menggabungkan diri ke
    S.-Weimar-Eisenach
1809
Pendahulu
Pengganti
Saxe-Coburg-Eisenach Sachsen-Coburg-Eisenach
Sachsen-Weimar-Eisenach

Kadipaten Sachsen-Eisenach (Bahasa Jerman: Sachsen-Eisenach) adalah salah satu anggota Kadipaten-Kadipaten Ernestine yang dikuasai oleh Wangsa Wettin. Negara ini berada dalam kekuasaan Kekaisaran Romawi Suci dan ada dalam tiga periode yang berbeda. Negara ini terletak di wilayah yang saat ini adalah Thuringia. Kota terbesar dari Kadipaten ini adalah Eisenach.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada abad ke lima belas, di wilayah yang saat ini adalah Negara Bagian Thuringia, termasuk wilayah yang ada di sekitar Eisenach adalah wilayah yang dikuasai Wangsa Wettin sejak tahun 1423. Pada tahun 1485, wilayah Wettin ini dibagi menurut Perjanjian Leipzig dimana sebagian besar wilayah Thuringia raya dipimpin oleh Ernest dari Saxony. Hal ini berjalan hingga cucu dari Ernest, John Frederick I Sang Pemurah Hati melakukan revolusi melawan Kaisar Charles V dalam Liga Schmalkaldic dan dikalahkan pada tahun 1547 dalam Pertempuran Muhlberg. Kekaisaran Romawi lalu mencabut gelar keelektoratan sepupu John Frederick I, Maurice, Elektor Saxony dan membatasi kekuasaan John Frederick I (berdasarkan Kapitulasi Wittenberg) hanya dalam wilayah Thuringia saja.

Kadipaten Ernestine[sunting | sunting sumber]

Setelah Putra John Frederick I, John Frederick II dicekal oleh Kaisar Maximilian II akibat pemberontakan yang ia lakukan dengan Wilhelm von Grumbach, Kadipaten dipimpin oleh adiknya, John Wilhelm. Berdasarkan Divisi Erfurt pada tahun 1572, wilayah ini terbagi menjadi dua. John Wilhelm menguasai Kadipaten Sachsen-Weimar, sedangkan Kadipaten Sachsen-Coburg-Eisenach dikuasai oleh dua keponakannya, John Casimir dan John Ernest dengan bantuan August dari Saxony.

Pada abad selanjutnya, wilayah-wilayah Ernestine ini terbagi-bagi menjadi beberapa kadipaten kecil yang dikuasai oleh putra-putra adipati sebelumnya, dan terkadang kadipaten-kadipaten ini bersatu kembali jika ada salah seorang adipati penguasa yang meninggal tanpa meninggalkan putra. Akibat hal ini, Kadipaten Sachsen-Eisenach mengalami perubahan wilayah beberapa kali dengan tetap mempertahankan Eisenach sebagai Ibu kota].

Kadipaten Sachsen-Eisenach[sunting | sunting sumber]

Kadipaten Sachsen-Eisenach pertama kali dibentuk pada tahun 1596 setelah pencekalan John Frederick II oleh Kekaisaran Romawi. Kadipaten sebelumnya (Sachsen-Coburg-Eisenach) dipecah dengan John Ernest memimpin Kadipaten Sachsen-Eisenach. Namun pada tahun 1633, saat John Casimir dari Sachsen-Coburg meninggal dunia tanpa memiliki seorang putra, John Ernest mewarisi wilayah Coburg. Dan pada tahun 1638 John Ernest juga meninggal dunia tanpa putra. Maka wilayah Kadipaten Sachsen-Eisenach terpecah ke dalam wilayah Kadipaten Sachsen-Weimar dan Kadipaten Sachsen-Altenburg.

Pada tahun 1640, Kadipaten Sachsen-Eisenach terbentuk kembali setelah William dari Sachsen-Weimar memberikan kekuasaan berupa wilayah Eisenach kepada Albert IV. Empat tahun kemudian, Albert IV meninggal dunia tanpa putra dan wilayahnya kembali terpecah dalam wilayah Kadipaten Sachsen-Weimar dan Kadipaten Sachsen-Gotha.

Selama hampir 20 tahun, Kota Eisenach merupakan bagian dari Kadipaten Sachsen Weimar. Dan pada tahun 1662, Adipati William meninggal dunia dan meninggalkan empat putra yang tersisa yakni, John Ernest II, Adolf William, John George dan Bernhard. Lalu Kadipaten Sachsen-Eisenach diserahkan kepada Adolf William yang berbagi kekuasaan dengan adiknya John George yang tinggal di Marksuhl. Adolf William memiliki lima orang putra, tetapi empat diantaranya meninggal dunia. Dan ia sendiri meninggal dunia sebelum kelahiran anak kelimanya pada tahun 1668. Anak kelimanya ini yang dinamakan William Augustus langsung menjadi adipati sejak kelahirannya dengan perlindungan dari pamannya John George. Namun William Augustus sendiri meninggal pada tahun 1671 pada usia dua tahun. Kemudian, John George menggantikannya menjadi Adipati Sachsen-Eisenach.

Kadipaten ini bertahan hingga 69 tahun berikutnya dalam pemerintahan keturunan dari John George, hingga Adipati William Heinrich meninggal tanpa putra pada tahun 1741. Kemudian Ernest Augustus I dari Sachsen-Weimar, sepupu William Heinrich, mewarisi wilayah Eisenach yang ditinggalkannya. Ernest Augustus lalu memerintah Kadipaten Sachsen-Weimar dan Kadipaten Sachsen-Eisenach bersama-sama hingga nama kadipaten berubah menjadi Kadipaten Sachsen-Weimar-Eisenach.

Adipati[sunting | sunting sumber]

Masa Pertama[sunting | sunting sumber]

Memisahkan diri dengan Kadipaten Sachsen-Coburg-Eisenach

Setelah itu kadipaten terpecah dan masuk ke wilayah Kadipaten Sachsen-Weimar dan Kadipaten Sachsen-Altenburg.

Masa Kedua[sunting | sunting sumber]

Setelah itu kadipaten terpecah dan masuk ke wilayah Kadipaten Sachsen-Weimar dan Kadipaten Sachsen-Gotha.

Masa Ketiga[sunting | sunting sumber]

Garis keturunan punah dan kadipaten bergabung dengan Kadipaten Sachsen-Weimar menjadi Kadipaten Sachsen-Weimar-Eisenach.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]