Eisenach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Templat:N219

Eisenach adalah sebuah kota otonom (kreisfreie Stadt) di Thüringen, Jerman. Kota ini memiliki penduduk sekitar 44.000 jiwa. Eisenach berada di antara kaki Hutan Thüringen bagian utara dan Taman Nasional Hainich.

Eisenach adalah pusat bagi wilayah Thüringen bagian barat, juga wilayah Hessen yang berbatasan di timur laut. Dalam perencanaan tata ruang, Eisenach menempati posisi sebagai pusatnya dengan fungsi sebagai pusat utama. Eisenach berada di Sungai Hörsel dan Hutan Thüringen.

Eisenach terkenal melalui Wartburg, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO dan pada Abad Pertengahan menjadi tempat kedudukan Adipati Thüringen. Di sinilah, Martin Luther menerjemahkan Perjanjian Baru dari bahasa Yunani ke Jerman. Pada tahun 1817, Festival Wartburg, yang terpenting pada masa Vormärz, diselenggarakan di sini.

Pada paruh kedua abad ke-19, industrialisasi berawal di Eisenach. Pada tahun 1896, pabrik otomotif didirikan di sini, yang pada tahun 1928 dimiliki BMW. Produksi mobil tetap dilanjutkan setelah penggabungan Adam Opel AG. Industri otomotif di Eisenach menyerap 4.000 tenaga kerja, dan menjadikan Eisenach pusat industri otomotif di Thüringen.

Putera daerah[sunting | sunting sumber]

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]