Sachsen-Hildburghausen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kadipaten Sachsen-Hildburghausen

Herzogtum Sachsen-Hildburghausen
1680–1826
Bendera Sachsen-Hildburghausen
Bendera
{{{coat_alt}}}
Lambang
Lokasi Sachsen-Hildburghausen
StatusNegara dalam Kekaisaran Romawi Suci,
Negara dalam Konfederasi Rhine,
Negara dalam Konfederasi Jerman
Ibu kotaHeldburg (hingga 1684)
Hildburghausen (dari 1684)
PemerintahanKepangeranan
Era SejarahAbad Pertengahan
• Memisahkan diri dari
    Sachsen-Gotha
 
1680 1680
1702
• Berganti menjadi Sachsen-Meiningen
1826
Didahului oleh
Digantikan oleh
Saxe-Gotha Sachsen-Gotha
Sachsen-Meiningen Saxe-Meiningen

Kadipaten Sachsen-Hildburghausen (bahasa Jerman: Sachsen-Hildburghausen) adalah salah satu Kadipaten Ernestine di wilayah yang saat ini adalah bagian selatan dari Thuringia, Jerman. Wilayahnya menempati Distrik Hildburghausen saat ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meskipun menempati wilayah yang relatif kecil, kadipaten ini adalah wilayah yang memiliki otonomi penuh dengan masa yang cukup lama, yakni dari tahun 1680 hingga to 1826. Pada tahun 1684 ibu kota wilayah ini berpindah dari Heldburg menuju ke Hildburghausen. Akibat pemindahan ibu kota, negara kecil ini lalu lebih dikenal dengan nama Sachsen-Hildburghausen. Didalamnya terdapat istana adipati yang arsitekturnya dipengaruhi oleh gaya arsitektur Prancis.

Pada tahun 1810, seorang putri dari Sachsen-Hildburghausen, Therese, menikah dengan Putra Mahkota Ludwig dari Bavaria, yang menjadi raja Bavaria 15 tahun kemudian. Peristiwa ini melatarbelakangi Oktoberfest yang diselenggarakan secara rutin di Munich.[1][2]

Pada tahun 1826, Negara Thuringia dibentuk. Penguasa terakhir Kadipaten Sachsen-Altenburg meninggal tanpa mempunyai seorang permaisuri. Kemudian adipati Sachsen-Hildburghausen menjadi penggantinya, tetapi akhirnya ia memperoleh wilayahnya sendiri, yakni Kadipaten Sachsen-Meiningen. Hal ini terjadi pada tahun 1868, dimana empat wilayah di Kadipaten Sachsen-Hildburghausen berubah menjadi Kadipaten Sachsen-Meiningen. Hildburghausen adalah salah satu dari wilayah tersebut. Hal ini tidak berubah hingga tahun 1993.

Adipati[sunting | sunting sumber]

Kadipaten lalu berubah menjadi Sachsen-Meiningen

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Oktoberfest
  2. ^ (Inggris) Bayern Oktoberfest
  • Sachsen-Hildburghausen. Di: Meyers Konversations-Lexikon. Edisi 4. Bab 14, Institut Bibliografi Leipzig 1885–1892, Halaman 146.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]