Sachsen-Gotha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kadipaten Sachsen-Gotha
Herzogtum Sachsen-Gotha
Negara dalam Kekaisaran Romawi Suci
Armoiries Saxe.svg
1640–1680
Bendera Lambang
Thuringia, menampilkan kombinasi wilayah Sachsen-Gotha dan Sachsen-Altenburg pada tahun 1672, sebelum keduanya terbagi lagi pada tahun 1680
Ibukota Gotha
Pemerintahan Kepangeranan
Era sejarah Periode Eropa Modern Awal
 -  Memisahkan diri dari
    Sachsen-Weimar
1640
 -  Mendapat sebagian wilayah
    Sachsen-Eisenach
 
1644
 -  Mendapat sebagian besar wilayah
    Sachsen-Altenburg
 
1672
 -  Terbagi menjadi 7 kadipaten 1680
Didahului oleh
Digantikan oleh
Armoiries Saxe.svg Sachsen-Weimar
Sachsen-Coburg Image missing
Sachsen-Eisenberg Image missing
Sachsen-Gotha-Altenburg Image missing
Sachsen-Hildburghausen Image missing
Sachsen-Meiningen Image missing
Sachsen-Römhild Image missing
Sachsen-Saalfeld Image missing

Kadipaten Sachsen-Gotha (Bahasa Jerman: Sachsen-Gotha) adalah salah satu anggota Kadipaten-kadipaten Ernestine yang dikuasai oleh Wangsa Wettin. Wilayah kadipaten ini menempati wilayah yang saat ini adalah Thuringia di Jerman. Pusat aktifitas kadipaten berada di Kota Gotha.

Istana Friedenstein di Gotha

Kadipaten ini didirikan pada tahun 1640, ketika Wilhelm, Adipati Sachsen-Weimar memecah wilayah kadipaten yang dikuasainya untuk adiknya, Ernest Sang Alim. Ernest lalu mengambil alih pemerintahan di Gotha, dimana ia tinggal di Istana Friedenstein yang dibangun pada periode 1643 hingga 1654. Bersamaan dengan itu didirikan juga Kadipaten Sachsen-Eisenach untuk saudara Adipati Wilhelm yang lain, Albert IV.

Adipati Albert meninggal dunia pada tahun 1644, dan Ernest mewarisi sebagian besar wilayah yang ditinggalkannya, kecuali wilayah sekitar Eisenach dan Wartburg yang dikuasai oleh Wilhelm dari Sachsen-Weimar. Ernest juga menguasai sisa-sisa wilayah kekuasaan Wangsa Henneberg pada tahun 1660 yang telah mengalami kekosongan pemerintah sejak 1583. Dan pada tahun 1672 ia menerima sebagian besar wilayah Kadipaten Sachsen-Altenburg lewat istrinya Putri Elisabeth Sophie, setelah Adipati Frederick William III meninggall dunia. Ernest lalu mendapat gelar sebagai Adipati Sachsen-Gotha-Altenburg. Ernest meninggal pada tahun 1675.

Di tahun 1825, Kadipaten Sachsen-Gotha-Altenburg mengalami kepunahan garis keturunan. Maka kadipaten ini mengalami pembagian wilayah. Wilayah Gotha masuk ke dalam Kadipaten Sachsen-Coburg-Saafeld dan wilayah Saalfeld masuk ke wilayah Kadipaten Sachsen-Meiningen. Lalu kadipaten berubah nama menjadi Kadipaten Sachsen-Coburg-Gotha. Kemudian, pada masa setelah Perang Dunia I, wilayah ini menjadi bagia dari Negara Thuringia pada tahun 1920.

Adipati[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]