Johann Ernest dari Sachsen-Eisenach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
John Ernest
Johann Ernst (Sachsen-Eisenach).jpg
Adipati Sachsen-Coburg-Eisenach
Berkuasa1572–1596
PendahuluJabatan baru
PenerusTerbagi menjadi Sachsen-Coburg dan Sachsen-Eisenach
Adipati Sachsen-Eisenach
Berkuasa1596–1638
PendahuluJabatan baru
PenerusTerbagi ke Sachsen-Weimar dan Sachsen-Altenburg
Adipati Sachsen-Coburg
Berkuasa1633–1638
PendahuluJohn Casimir
Penerus Terbagi ke Sachsen-Weimar dan Sachsen-Altenburg
Lahir(1566-07-09)9 Juli 1566
Gotha
Wafat23 Oktober 1638(1638-10-23) (umur 72)
Eisenach
WangsaWangsa Wettin
AyahJohn Frederick II, Adipati Sachsen
IbuElisabeth dari Simmern-Sponheim
PasanganElisabeth dari Mansfeld-Hinterort
Christine dari Hesse-Kassel
AnakJohn Frederick, Pangeran Sachsen-Eisenach
AgamaLutheran

Johann Ernst dari Sachsen-Eisenach (lahir di Gotha, 9 Juli 1566 – meninggal di Eisenach, 23 Oktober 1638 pada umur 72 tahun), adalah Adipati Sachsen-Eisenach dan kemudian menjadi Adipati Sachsen-Coburg.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ia adalah putra bungsu John Frederick II, Adipati Sachsen dan Elisabeth dari Simmern-Sponheim. Kakeknya, Johann Frederick I, masih menyandang gelar Elektor Sachsen, tetapi setelah Pertempuran Mühlberg gelar tersebut berpindah kepada sepupunya Maurice, dari percabagan keturunan Albertine (saudara percabangan keturunan Ernestine). Ayah John Ernest, John Frederick II, Adipati Sachsen mencoba merebut kembali hak gelar Elektor Sachsen dengan bantuan Wilhelm von Grumbach. Namun hal ini mengakibatkan munculnya peringatan keras dari Kekaisaran. Setelah itu terjadi pengepungan kastil tempat tinggal keluarga John Ernest di Gotha dan ayahnya berhasil ditangkap dan dipenjara seumur hidup. Akhirnya, John Ernest beserta ibu dan kakaknya John Casimir melarikan diri dari Gotha. Mereka lalu dtampung oleh pamannya, Johann Wilhelm dari Sachsen-Weimar. Kemudian berpindah lagi ke Eisenach dan Eisenberg.

Divisi Erfurt dan kekuasaan[sunting | sunting sumber]

Pada Diet Speyer tahun 1570, Kaisar memutuskan untuk mengembalikan hak penguasaan wilayah kepada tiga anak John Frederick II. Namun, Frederick Heinrich (kakak John Ernest) meninggal pada tahun 1572 karena tipus. Akhirnya Divisi Erfurt dibuat dengan isi bahwa Kadipaten Sachsen dibagi menjadi dua bagian, yakni Kadipaten Sachsen-Weimar yang dikuasai Johann Wilhelm dan Kadipaten Sachsen-Coburg-Eisenach yang dikuasai dua bersaudara John Ernest dan John Casimir. Karena usia yang masih sangat belia, kekuasaan di Sachsen-Coburg-Eisenach dijalan dengan beberapa pelindung, yakni Frederick III dari Palatine (kakek dari pihak ibu), Johann George dari Brandenburg dan Augustus dari Sachsen.

Ibunya, Elisabeth berpindah ke Austria untuk menemani [[ayah mereka yang berada dalam penahanan kaisar. Dua bersaudara ini kemudian pindah ke Coburg, dimana disana mereka akan menjalankan pemerintahan. Pada tahun 1578, ia menjalani pendidikan di Universitas Leipzig bersama kakaknya. Pada tahun 1586, setelah pernikahan kakaknya dengan Anna dari Sachsen, putri dari Elektor Augustus, perlindungan kekuasaan yang terjadi terhadap dua bersaudara ini berakhir dan keduanya resmi memulai pemerintahan sendiri di Sachsen-Coburg-Eisencah. Kepemimpinan bersama ini bertahan hingga sepuluh tahun berikutnya dan setelah itu kadipaten Sachsen-Coburg-Eisenach dibagi menjadi dua. John Ernest yang sebelumnya tinggal di Marksuhl diserahi kekuasaan Kadipaten Sachsen-Eisenach dan John Casimir tetap di Sachsen-Coburg.

Di 1598 John Ernst membuat semacam Pemerintahan Federal (Landesregierung) dan sebuah Konsistorium. Pada tahun 1633 kakaknya, John Casimir meninggal dunia tanpa meninggalkan seorang putra. Karena hal ini, John Ernst mewarisi Sachsen-Coburg dan memerintah dua wilayah ini (dengan ibu kota di Eisenach hingga kematiannya pada tahun 1638.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Di Wiener Neustadt pada 23 November 1591 John Ernst menikah dengan Elisabeth dari Mansfeld-Hinterort. Istrinya ini meninggal bersama anak tunggal mereka, Johann Frederick lahir dan meninggal di Marksuhl, 8 April 1596).

Dan di Rotenburg pada 14 Mei 1598, John Ernest menikah kedua kalinya dengan Christine dari Hesse-Kassel. Pernikahan ini berjalan bahagia namun keduanya tetap tidak memiliki anak. Sehingga, saat kematian John Ernst. Wilayah kekuasaannya ini terbagi (menurut peraturan Ernestine) ke dalam Sachsen-Weimar dan Sachsen-Altenburg.

Leluhur[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]