Bahasa Quechua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Rumpun bahasa Quechua)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Quechua
Kechua
Qhichwa simi
Runa simi
Dituturkan diPeru, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Chili, dan Argentina
WilayahAndes bagian tengah
EtnisQuechua
Penutur bahasa
8.9 juta  (2007)[1]
Quechua
  • Quechua
Dialek
Quechua II
    Cajamarca–Cañaris
    Utara
      Kichwa (Ekuador)
      Peruvia Quechua Dataran rendah
    Southern Q
Latin
Status resmi
Bahasa resmi di
Peru
Bolivia
Ekuador
Kode bahasa
ISO 639-1qu
ISO 639-2que, qwe
ISO 639-3que
Glottologquec1387[2]
{{{mapalt}}}
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode.

Quechua, kadang-kadang ditulis Quichua atau Ketchua, atau yang secara lokal dieja Runa simi, adalah bahasa yang diucapkan oleh rakyat di negara-negara Amerika Selatan seperti Peru, Bolivia, Ekuador, Argentina, Kolombia, dan Chili, yang juga merupakan bahasa kekaisaran Inka kuno.

Ada sekitar 8 juta jiwa penutur Quechua. Bahasa ini merupakan bahasa penduduk asli Amerika yang banyak diucapkan di Amerika Selatan. Merupajan bahasa Amerindia yang paling banyak dituturkan. Seperempat orang di Peru bercakap Quechua. Orang yang bercakap Quechua sebagai bahasa ibu disebut Indian Quechua oleh budaya penutur Spanyol. Penutur Quechua menyebut bahasanya sebagai Runa, "rakyat", lengkapnya "Runa Simi".

Quechua dikenal hanya memiliki 3 huruf hidup: a, i, dan u.

Bahasa Quechua telah memberikan namanya ke banyak tempat di Peru, termasuk Kawasan Ancash. Anqash adalah kata Quechua untuk biru, dan konon nama itu merujuk ke birunya langit di Ancash.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mikael Parkvall, "Världens 100 största språk 2007" (The World's 100 Largest Languages in 2007), in Nationalencyklopedin
  2. ^ Nordhoff, Sebastian; Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2013). "Quechuan". Glottolog. Leipzig: Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology.