Ronan (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ronan (Taylor's Version))
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"Ronan"
Taylor Swift "Ronan" SVG Cover.svg
Singel oleh Taylor Swift
Dirilis08 September 2012 (2012-09-08)
GenreSoft rock
Durasi4:25
LabelBig Machine
Pencipta
ProduserTaylor Swift
Kronologi singel Taylor Swift
"We Are Never Ever Getting Back Together"
(2012)
"Ronan"
(2012)
"Begin Again"
(2012)
Audio
"Ronan" di YouTube

"Ronan" adalah lagu amal yang direkam oleh penyanyi-penulis lagu Amerika Serikat Taylor Swift, dirilis pada 8 September 2012 ke iTunes Store. Lirik Swift ditulis berdasarkan sebuah blog oleh Maya Thompson mengenai anak laki-lakinya Ronan yang berumur empat tahun, yang meninggal karena neuroblastoma pada tahun 2011.[1] Swift menulis dan meproduksi lagu ini dengan menyatukan kutipan-kutipan dari blog ini, memberi kredit pada Maya Thompson sebagai penulis-bersama. Semua hasil penjualan dari singel ini diberikan untuk upaya melawan kanker.

Sebuah lagu rekaman ulang dari "Ronan" dimasukkan dalam album rekaman ulang tahun 2021 mendatang dari album studio keempatnya Red (2012).

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Swift menulis lagu ini setelah membaca blog Maya Thompson. Thompson adalah ibu dari Ronan Thompson yang berumur empat tahun, yang meninggal pada tahun 2011 karena neuroblastoma.[1] Ia telah dirawat di Barrow Neurological Institute di Phoenix Children's Hospital. Maya mulai menulis pada Agustus 2010 saat Ronan didiagnosa dan ia melanjutkan menulis catatan-catatannya dalam blogRockstar Ronan selama sembilan bulan yang diderita Ronan dari penyakitnya sebelum meninggal pada Mei 2011, hanya tiga hari sebelum hari ulangtahun keempatnya. Maya berusaha melalui kesedihannya dengan melanjutkan blog ini, menulis surat-surat yang menyayat hari untuk mendiang anak laki-lakinya sambil mengumpulkan uang dan kesadaran untuk pergerakan-pergerakan mengenai kanker pada masa kanak-kanak.[2]

Mereka bertemu pada Oktober 2011, saat Swift mengundang Maya ke konsernya di Jobing.com Arena di Glendale, Arizona. Ia menulis mengenai reaksinya saat Taylor memberitahunya bahwa ia telah menulis lagu yang terinspirasi dari catatan blognya, "Ketenanganku dengan segera berubah menjadi keterkejutan yang penuh dan benar-benar membekukan saat kata-kata itu keluar dari mulutnya. 'Aku telah menulis sebuah lagu untuk Ronan.'" Thompson menambahkan, berbicara pada mendiang anaknya, "Air mata mulai mengalir di pipiku segera setelah aku mendengar ia mengucapkan kata-kata itu. Tetapi kata-katanya tidak berhenti di situ. Tidak hanya ia telah menulis sebuah lagu untukmu, tapi ia ingin tahu apakah tidak masalah untuk menampilkannya dalam pertunjukan yang ditayangkan televisi secara nasional."[3] Swift memberikan kredit pada Thompson sebagai penulis-bersama dari lagu ini. Ini dirilis ke US iTunes Store sesaat setelah telethon dari Stand Up to Cancer berakhir, dan semua hasil penjualan dari singel ini diberikan untuk badan amal kanker.[4]

Komposisi dan penerimaan[sunting | sunting sumber]

Mark Hogan dari majalah Spin menggambarkan "Ronan" sebagai sebuah balada soft rock.[5] Swift menulis dan memproduksi lagu ini berdasarkan catatan blog dari penulis-bersama Maya Thompson.[3]

"Ronan" menerima universal acclaim dari kritikus. Rolling Stone menyebut lagu ini "menyayat hati".[6] Bill Dukes dari Taste of Country menulis: "Itu jelas bahwa [Swift] hanyalah suara untuk Maya Thompson..."[7] Ed Masley dari The Arizona Republic mengatakan bahwa "'Ronan' mungkin sekali telah menjadi saat-saat terbaik [Swift] sebagai seorang seniman."[8]

Prestasi komersial[sunting | sunting sumber]

"Ronan" diunduh 220.000 kali pada pekan pertamanya, melakukan debut pada nomor 2 pada tangga lagu Digital Song Sales. Lagu ini dihalangi lagu Swift sendiri "We Are Never Ever Getting Back Together" dari tempat teratas. Pada Billboard Hot 100, lagu ini mencapai puncaknya pada nomor 16.[9] Ini juga mencapai puncaknya pada nomor 34 pada tangga lagu Hot Country Songs.

Penampilan langsung[sunting | sunting sumber]

Swift pertama menampilkan lagu ini secara langsung untuk Stand Up to Cancer pada September 2012,[10] dan hanya pernah menampilkannya secara publik pada satu waktu lain, saat Maya Thompson menghadiri pemberhentian Glendale, Arizona dari The 1989 World Tour pada 17 Agustus 2015.[11]

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Berkas digital[12]

  1. "Ronan" – 4:25

Tanga lagu[sunting | sunting sumber]

Prestasi tangga lagu untuk "Ronan"
Tangga lagu (2012) Posisi
puncak
US Billboard Hot 100[13] 16
US Hot Country Songs (Billboard)[14] 34
US Digital Song Sales (Billboard)[15] 2

Sertifikasi[sunting | sunting sumber]

Negara Sertifikasi Penjualan
Amerika Serikat (RIAA)[16] Gold 500.000*

*jumlah penjualan menurut seritifikasinya
xjumlah tidak jelas menurut sertifikasinya

Ronan (Taylor's Version)[sunting | sunting sumber]

"Ronan (Taylor's Version)"
Lagu oleh Taylor Swift
dari album Red (Taylor's Version)
LabelRepublic
Pencipta

Pada 6 Agustus 2021, Swift mengumumkan bahwa versi rekaman ulang dari "Ronan", berjudul "Ronan (Taylor's Version)", akan dimasukkan sebagai lagu ke-21 dari album rekaman ulang keduanya Red (Taylor's Version), yang mana ditetapkan untuk perilisan pada 19 November 2021, melalui Republic Records.[17] Penulis-bersama Maya Thompson telah mengungkapkan bahwa Swift telah mengirimnya surel untuk meminta izin untuk merekam ulang "Ronan" dan memasukkannya ke dalam Red (Taylor's Version).[18] Thompson membalas bahwa dia "tentu saja" memberikan izin pada Swift untuk menambahkan "Ronan" ke dalam album tersebut.[19]

Aku baru saja menyelesaikan perekaman ulang album keempatku, Red. Ini benar-benar melampaui ekspektasiku dalam berbagai hal, dan salah satunya adalah kupikir akan pantas untuk menambahkan "Ronan" ke dalam album ini. Red adalah sebuah album tentang patah hati dan penyembuhan, tentang kemarahan dan kementahan, tentang tragedi dan trauma, dan tentang kehilangan masa depan yang dibayangkan bersama seseorang. Aku menulis "Ronan" saat aku membuat Red dan menemukan ceritamu sebagaimana kamu dengan sangat jujur dan hancur menceritakannya. Harapanku yang tulus adalah kamu akan setuju denganku bahwa lagu ini harus dimasukkan dalam album ini. Sebagai penulis-bersama dan pemilik yang sah dari cerita ini dan keseluruhannya, pendapat dan persetujuanmu untuk ide ini sangat berarti bagiku, dan aku akan menghormati keinginanmu di sini.[a]

— Sebuah kutipan dari surat Swift untuk Thompson[18]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ bahasa Inggris: I've recently completed the re-recording of my 4th album, Red. It's really exceeded my expectations in so many ways, and one of those ways is that I thought it would be appropriate to add "Ronan" to this album. Red was an album of heartbreak and healing, of rage and rawness, of tragedy and trauma, and of the loss of an imagined future alongside someone. I wrote "Ronan" while I was making Red and discovered your story as you so honestly and devastatingly told it. My genuine hope is that you'll agree with me that this song should be included on this album. As my co-writer and the rightful owner of this story in its entirety, your opinion and approval of this idea really matters to me, and I'll honor your wishes here.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Megan Pacella (7 September 2012). "Taylor Swift to 'Stand Up to Cancer' With Song for 4-Year-Old Lost to Neuroblastoma". Taste of Country. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Maret 2016. Diakses tanggal 7 September 2012. 
  2. ^ "Ronan by Taylor Swift Songfacts". Songfacts.com. 7 September 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Oktober 2016. Diakses tanggal 17 Oktober 2016. 
  3. ^ a b "Hey Maya, it's Taylor Swift..." Rockstaronan.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Oktober 2016. Diakses tanggal 17 Oktober 2016. 
  4. ^ "Taylor Swift to debut song for cancer victim". MSN. Microsoft. 7 September 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 Desember 2013. Diakses tanggal 7 September 2012. 
  5. ^ Hogan, Mark (10 September 2012). "Taylor Swift Debuts Tear-Jerking 'Ronan' at Cancer Benefit". Spin. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Mei 2015. Diakses tanggal 27 Mei 2015. Swift's soft-rock ballad "Ronan," inspired by a Phoenix mother's heartfelt blog post ... 
  6. ^ "Taylor Swift Debuts 'Ronan' at Stand Up To Cancer Benefit". Rolling Stone. 8 September 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 September 2012. Diakses tanggal 9 September 2012. 
  7. ^ Billy Dukes (7 September 2012). "Taylor Swift's 'Ronan,' Tim McGraw's 'Live Like You Were Dying' Highlight Emotional 'Stand Up to Cancer' Telethon". Taste of Country. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 November 2017. Diakses tanggal 9 September 2012. 
  8. ^ Ed Masley (9 September 2012). "Taylor Swift song 'Ronan' for Phoenix boy an artistic high". The Republic. AZ Central. Diakses tanggal 9 September 2012. 
  9. ^ Trust, Gary (12 September 2012). "Taylor Swift's 'Never' Is Hot 100's Longest-Leading Country Song Since 1980". Billboard. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Oktober 2020. Diakses tanggal 28 April 2013. 
  10. ^ "Taylor Swift to debut song, 'Ronan', on 'Stand Up to Cancer' telethon in honor of 3-year-old victim". New York Daily News. Associated Press. 7 September 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Maret 2016. Diakses tanggal 8 September 2012. 
  11. ^ Biedenharn, Isabella (19 Agustus 2015). "Taylor Swift sings 'Ronan' and honors woman whose son died of cancer". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 April 2016. Diakses tanggal 20 Agustus 2015. 
  12. ^ "Ronan – Single". iTunes Stores. 8 September 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 September 2012. Diakses tanggal 7 September 2012. 
  13. ^ "Taylor Swift Chart History (Hot 100)". Billboard. Diakses tanggal 12 September 2012.
  14. ^ "Taylor Swift Chart History (Hot Country Songs)". Billboard. Diakses tanggal 20 Oktober 2012.
  15. ^ "Taylor Swift Chart History (Digital Song Sales)". Billboard. Diakses tanggal 4 Agustus 2021.
  16. ^ "American single certification – Taylor Swift – Ronan". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Single, then click SEARCH. 
  17. ^ Swift, Taylor [@taylorswift] (6 Agustus 2021). "I know some of you thought that would be like trying to solve a crossword and realizing there's no right answer BUT...you played it good & right. Congrats pals, you guessed the correct titles and feature artists on Red (my version). The vault tracks will feature @chrisstapleton, @phoebebridgers, @markfoster and the first song @teddysphotos and I ever wrote together the first time we met in 2012❗️I can't express my gratitude enough to these artists for helping me bring these songs to life. I can't wait til we can dust off our highest hopes and relive these memories together. We'll also be making a bunch of new ones too, since Red (Taylor's Version) includes so many songs you haven't heard yet. Til then, I'll be counting down and picturing it all in my head. In burning red. Red (Taylor's Version) out November 19. Pre-order now". Diakses tanggal 6 Agustus 2021 – via Instagram. 
  18. ^ a b Iasimone, Ashley (30 Juli 2021). "'Ronan' Finds a Home on Taylor Swift's Re-Recorded 'Red' Album". Billboard. Diakses tanggal 31 Juli 2021. 
  19. ^ Ushe, Naledi (31 Juli 2021). "Taylor Swift Song 'Ronan' Will Be on Her Remastered Red Album; 'I Cried' Ronan's Mother Says". People. Diakses tanggal 31 Juli 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]