Robert Hansen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Robert Hansen
Berkas:Robert Hansen.jpg
Potret penangkapan Robert Hansen
Latar belakang
Nama lahirRobert Christian Hansen
Lahir15 Februari 1939 (umur 85)
Estherville, Iowa
Hukuman461 tahun penjara
Pembunuhan
Jumlah korban17–21
Waktu pembunuhan1971–1983
NegaraAmerika Serikat
Negara bagianAlaska
Tanggal ditangkap13 Juni 1983

Robert Christian Hansen (lahir 15 Februari 1939) adalah pembunuh berantai Amerika Serikat. Antara tahun 1971 dan 1983, Hansen membunuh sekitar 17 sampai 21 wanita di dekat Anchorage, Alaska. Ia ditahan tahun 1983 dan saat ini sedang menjalani masa kurungan penjara selama 461 tahun di Spring Creek Correctional Center di Seward, Alaska.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Hansen lahir di Estherville, Iowa, dari pasangan Christian dan Edna Hansen. Sepanjang masa kecil dan remajanya, Hansen merupakan sosok yang pendiam dan penyendiri, dan memiliki hubungan disfungsional dengan ayahnya yang selalu mendominasi keluarga. Ia sering ditindas oleh teman-temannya di sekolah karena jerawat dan kegagapan bicaranya. Ia mulai berburu dan sejak itu sering melakukannya.[1]:5 Pada tahun 1957, Hansen mendaftar di United States Army Reserve dan berdinas selama satu tahun sebelum diberhentikan. Ia kemudian bekerja sebagai asisten instruktur latihan di akademi polisi Pocahontas, Iowa. Di sana, Hansen mulai membina hubungan dengan seorang perempuan. Ia menikahinya pada musim panas 1960.

Pada tanggal 7 Desember 1960, ia ditahan karena membakar habis garasi bus sekolah milik Dewan Pendidikan Pocahontas County. Ia ditahan selama 20 bulan dari total masa hukuman 3 tahun di Anamosa State Penitentiary. Istrinya menuntut perceraian saat Hansen dipenjara. Selama sekian tahun berikutnya, ia beberapa kali ditahan karena pencurian kecil. Tahun 1967, ia pindah ke Anchorage, Alaska, bersama istri keduanya yang dinikahi tahun 1963 dan dikaruniai dua anak. Di Anchorage, ia menjadi sosok terpandang di kalangan tetangganya dan dikenal sebagai jawara berburu setempat. Ia bahkan sempat mencetak beberapa rekor yang tercatat di buku rekor berburu dunia Pope & Young.[1]:5

Tahun 1977, ia dipenjara karena mencuri gergaji mesin, didiagnosis menderita gangguan bipolar, dan diberi resep obat litium untuk mengendalikan peralihan suasana hatinya. Sayangnya, ia tidak pernah diperintahkan secara resmi untuk mengonsumsi obat tersebut.[1]

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 13 Juni 1983, Cindy Paulson (17) kabur dari Robert Hansen (44) ketika Hansen hendak memasukkan Paulson ke pesawat Piper Super Cub miliknya. Ia memberitahu polisi bahwa ia ditawarkan $200 untuk melakukan seks oral, tetapi setelah masuk mobil Hansen menodongkan senjata ke arahnya dan membawanya ke rumah Hansen di Muldoon. Di sana, Paulson dikurung, disiksa, diperkosa, dan menyerangnya secara seksual. Ia memberitahu bahwa setelah Hansen merantai lehernya yang terikat dengan tiang di ruang bawah tanah, Hansen tidur sejenak di sofa. Setelah bangun, ia membawa Paulson ke bandara Merrill Field dan mengaku hendak membawanya jalan-jalan ke kabinnya (pondok berburu di sekitaran Sungai Knik di Lembah Matanuska yang dapat diakses kapal atau pesawat kecil). Paulson, yang menunduk di kursi belakang mobil dan terborgol, menunggu sampai Hansen sibuk mengurus kokpit pesawat agar bisa kabur. Ketika Hansen membelakanginya, Paulson merangkak keluar kursi belakang, membuka pintu samping, dan berlari ke 6th Avenue. Ia kemudian memberitahu polisi bahwa ia meninggalkan sepatu biru di alas kursi belakang sebelah kanan sebagai bukti bahwa ia pernah berada di sana. Hansen panik dan mengejarnya, tetapi Paulson berhasil tiba di 6th Avenue dan menumpang truk yang lewat. Sopir truk yang dikejutkan oleh penampilan Paulson yang tidak karuan akhirnya berhenti dan mengangkutnya. Sesuai permintaan Paulson, ia mengantarnya ke Mush Inn, kemudian Paulson melompat dari truk dan berlari ke dalam. Ketika Paulson meminta resepsionis menelepon kekasihnya di Big Timber Motel, sopir truk tadi melanjutkan tugasnya dan melaporkan keberadaan seorang wanita bertelanjang kaki dan terborgol kepada polisi. Setelah sejumlah polisi dari Anchorage Police Department tiba di Mush Inn, mereka diberitahu bahwa perempuan tadi menumpang taksi ke Big Timber Motel. Polisi pun mendatangi kamar 110 di Big Timber Motel dan menemukan Ciny Paulson dalam keadaan terborgol dan sendiri. Ia dibawa ke markas APD dan mendeskripsikan pelakunya. Hansen, saat diinterogasi polisi, membantah tuduhan tersebut sambil menyatakan bahwa Paulson mencoba cari masalah karena ia tidak mau memenuhi permintaan uang Paulson. Meski Hansen sempat berulang kali berurusan dengan hukum, kelakuan baik dan pekerjaannya sebagai tukang roti disertai alibi kuat dari temannya John Henning membuatnya tidak dijadikan tersangka serius. Kasus ini pun ditutup.

Detektif Glenn Flothe dari Alaska State Troopers adalah bagian dari tim yang menyelidiki penemuan beberapa jasad di dalam dan sekitar Anchorage, Seward, dan Lembah Matanuska-Susitna. Jasad pertama ditemukan tahun 1981 oleh pekerja konstruksi dekat Eklutna Road. Jasad yang dijuluki "Eklutna Annie" oleh para penyidik ini tidak pernah teridentifikasi. Pada tahun yang sama, jenazah Joanna Messina ditemukan di tambang kerikil dekat Seward. Pada tahun 1982, sisa-sisa jasad Sherry Morrow (23) ditemukan di kuburna dangkal dekat Sungai Knik. Flothe sekarang memiliki tiga jasad dan terduga satu pembunuh. Ia menghubungi agen Federal Bureau of Investigation Roy Hazelwood dan meminta bantuan pemrofilan psikologis kriminal berdasarkan tiga jasad tersebut. Hazelwood menduga pembunuhnya adalah pemburu yang mahir dengan rasa percaya diri rendah, pernah ditolak perempuan, dan berniat menyimpan "suvenir" dari hasil membunuhnya, seperti perhiasan korban. Ia juga menduga pembunuhnya gagap. Dengan profil ini, Flothe menyelidiki beberapa tersangka potensial sampai ia menemukan Hansen cocok dengan profil tersebut dan memiliki pesawat.

Dibantu kesaksian Paulson dan profil Hazelwood, Flothe dan APD menerbitkan surat perintah untuk menggeledah pesawat, mobil, dan rumah Hansen. Pada tanggal 27 Oktober 1983, penyidik menemukan perhiasan yang dimiliki orang-orang hilang ini dan sejumlah senjata api[1] di ruang tersembunyi di loteng rumah Hansen. Penemuan terbesar mereka adalah peta penerbangan dengan tanda-tanda x kecil yang tersembunyi di balik pagar tempat tidurnya.

Saat ditunjukkan bukti-bukti yang ditemukan di rumahnya, Hansen membantahnya sebisa mungkin, lalu mulai menyalahkan para korban dan berusaha membenarkan motifnya. Akhirnya ia mengakui setiap bukti yang ditunjukkan kepadanya dan mengakui pernah melakukan serangkaian serangan terhadap beberapa wanita Alaska sejak 1971. Korban terawal Hansen adalah gadis remaja berkisar antara 16 sampai 19 tahun, bukan PSK dan penari tiang yang berujung pada temuan ini.

Korban yang diketahui[sunting | sunting sumber]

Robert C. Hansen memerkosa dan menyerang lebih dari 30 wanita Alaska. Ia bertanggung jawab atas pembunuhan sedikitnya 17 wanita yang usianya berkisar antara 16 sampai 41 tahun. Mereka adalah:

  • Lisa Futrell, 41 (dibenarkan, jasad ditemukan dengan bantuan Hansen)
  • Malai Larsen, 28 (dibenarkan, jasad ditemukan dengan bantuan Hansen)
  • Unknown Jane Doe (dibenarkan, jasad ditemukan dengan bantuan Hansen)
  • Sue Luna, 23 (dibenarkan, jasad ditemukan dengan bantuan Hansen)
  • Tami Pederson, 20 (dibenarkan, jasad ditemukan dengan bantuan Hansen)
  • Angela Feddern, 24 (dibenarkan, jasad ditemukan dengan bantuan Hansen)
  • Teresa Watson (dibenarkan, jasad ditemukan dengan bantuan Hansen)
  • DeLynn "Sugar" Frey (dibenarkan, jasad ditemukan dengan bantuan Hansen)
  • Paula Goulding (dibenarkan, jasad ditemukan)
  • Andrea "Fish" Altiery (diakui, jasad ditemukan dengan bantuan Hansen)
  • Sherry Morrow, 23 (diakui, jasad ditemukan)
  • "Eklutna Annie" (diakui, jasad ditemukan)
  • Joanna Messina (diakui, jasad ditemukan)
  • Roxanne Easland, 24 (dibenarkan, jasad tidak ditemukan)
  • Ceilia "Beth" Van Zanten, 17 (dibantah, tetapi tetap dituduh karena tanda X di peta penerbangan, jasad ditemukan)
  • Megan Emerick, 17 (dibantah, tetapi tetap dituduh karena tanda X di peta penerbangan, jasad tidak ditemukan)
  • Mary Thill, 23 (dibantah, tetapi tetap dituduh karena tanda X di peta penerbangan, jasad tidak ditemukan)

Dari 17 wanita tersebut, Hansen secara resmi dituduh membunuh 4 orang saja, yaitu Sherry Morrow, Joanna Messina, Eklutna Annie, dan Andrea Altiery, sekaligus penculikan dan pemerkosaan terhadap Cindy Paulson.

Penahanan[sunting | sunting sumber]

Spring Creek Correctional Center, tempat Hansen ditahan

Saat ditangkap, Hansen dituduh melakukan penyerangan, penculikan, sejumlah pelanggaran senjata, pencurian, dan penggelapan asuransi. Tuduhan terakhir tadi terkait dengan pengajuan klaim terhadap perusahaan asuransi atas dugaan pencurian beberapa trofi miliknya yang uangnya dipakai untuk membeli pesawat Super Cub (di pengadilan ia mengklaim menemukan trofi-trofinya di halaman belakang tetapi lupa memberitahu pihak asuransi). Setelah uji balistik menunjukkan kesamaan antara peluru di tempat kejadian dan senjata Hansen, Hansen baru mau mengajukan kesepakatan pengakuan. Ia mengaku bersalah atas empat pembunuhan yang dibuktikan polisi (Marrow, Messina, Altiery & Eklutna Annie) dan merincikan korban-korban lainnya supaya hukumannya dijalankan di penjara federal tanpa perhatian pers. Persyaratan kesepakatannya meliputi kerja sama penuh dengan Hansen dalam mengungkap tanda-tanda di peta penerbangannya dan menemukan jasad korbannya. Ia membenarkan teori polisi tentang bagaimana wanita-wanita tersebut diculik, menambahkan bahwa ia kadang membiarkan calon korban pergi jika ia betul-betul berjanji tidak akan melaporkan Hansen ke polisi, dan mengaku mulai membunuh pada awal 1970-an. Ia menunjukkan ke penyidik 17 situs penguburan di dalam dan sekitar Southcentral Alaska; 12 di antaranya tidak diketahui penyidik. Akan tetapi ada tanda-tanda lain di petanya yang tidak mau diakuinya, termasuk tiga di Resurrection Bay. Polisi menduga dua dari tiga tanda tersebut adalah jasad Mary Thill dan Megan Emrick, tetapi Hansen membantah telah membunuhnya. Sisa-sisa jasad 11 (dari kemungkinan 21) korban diangkat oleh polisi dan dikembalikan ke keluarga mereka. Hansen dijatuhi hukuman penjara selama 461 tahun.

Hansen awalnya dipenjara di United States Penitentiary, Lewisburg di Lewisburg, Pennsylvania. Pada tahun 1988, ia dipulangkan ke Alaska dan ditahan sementara di Lemon Creek Correctional Center di Juneau.[butuh rujukan] Saat ini ia ditahan di Spring Creek Correctional Center di Seward.[2]

Budaya masyarakat[sunting | sunting sumber]

Sastra[sunting | sunting sumber]

Memoar karya ahli biologi dan penulis Lynn Schooler tahun 2002, Blue Bear, bercerita sebagian tentang kematian teman wanita yang dibunuh oleh Hansen.

Televisi[sunting | sunting sumber]

Satu episode seri TV Discovery Channel The FBI Files (1999) berjudul "Hunter's Game" menggambarkan kelakuan Hansen yang suka membunuh. Episode seri TV Investigation Discovery, Alaska: Ice Cold Killers (2012), berjudul "Hunting Humans"[3] dan episode seri Travel Channel, Hidden City (2012), membahas kasus Hansen. Kejahatan-kejahatan Hansen juga menginspirasi episode seri TV NBC, Law and Order: Special Victims Unit (2012), yang berjudul "Hunting Ground". Episode ini memperlihatkan seorang pembunuh berantai yang memburu PSK seperti hewan liar sebelum membunuh mereka. Dua episode seri TV CBS, Cold Case (2005), berjudul "Mind Hunters" dan "The Woods" terinspirasi oleh kasus Hansen.

Film[sunting | sunting sumber]

Kasus Hansen menjadi inspirasi film tegang aksi Naked Fear (2007) yang dibintangi Danielle De Luca. Danielle berperan sebagai penari yang dikuntit seorang pemburu maniak di kawasan tak berpenghuni di New Mexico.

Aktor John Cusack memerankan Hansen dalam film The Frozen Ground (2013). Ia menjadi lawan Nicolas Cage yang berperan sebagai Sersan Alaska State Trooper Jack Halcombe (berdasarkan sosok aslinya, Glenn Flothe) dan Vanessa Hudgens sebagai Cindy Paulson, korban Hansen.[4][5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Lohr, David. "Hunting Humans". truTV Crime Library. Diakses tanggal 2010-07-12. 
  2. ^ Halpin, James."Cold case warms up." Anchorage Daily News. September 28, 2008. Retrieved on August 15, 2010.
  3. ^ IMDb.com
  4. ^ Staskiewics (August 12, 2011). "Serial Killer on the Big Screen". 
  5. ^ IMDb.com

Pranala luar[sunting | sunting sumber]