Rewrite (novel visual)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rewrite
リライト
(Riraito)
Genreaksi, fantasi, roman, tragedi
Manga
Rewrite: Side-B
PengarangKey
IlustratorSakana Tōjō
PenerbitASCII Media Works
MajalahDengeki G's Magazine
DemografiSeinen
TerbitOktober 2010 – sekarang
Volume4
Manga
Rewrite: Side-R
PengarangKey
IlustratorShūichi Kawakami
PenerbitASCII Media Works
MajalahDengeki Daioh
DemografiShōnen
TerbitApril 2011 – sekarang
Volume4
Manga
Rewrite Okaken e Yōkoso!!
PengarangKey
IlustratorMirura Yano
PenerbitIchijinsha
MajalahManga 4-koma Palette
DemografiSeinen
TerbitJuni 2011 – sekarang
Volume1
Permainan
PengembangKey
PenerbitVisual Art's
GenreVisual novel
PlatformWindows
Rilis
Novel ringan
Official Another Story Rewrite: Ha Yure Sasayaku Shōkei de
PengarangRomeo Tanaka, Yūto Tonokawa, Ryukishi07
IlustratorZen
PenerbitASCII Media Works
MajalahDengeki G's Magazine
DemografiPria
TerbitSeptember 2011Maret 2012
Volume1
Manga
Rewrite: Okaken Blog
PengarangKey
IlustratorYayoi Hazuki
PenerbitASCII Media Works
MajalahDengeki G's Festival! Comic
DemografiSeinen
Terbit26 Oktober 201126 April 2013
Volume1
 Portal anime dan manga

Rewrite (リライト, Riraito) adalah game visual novel buatan Key/Visual Art's yang kesembilan setelah Kanon, Air, Clannad, Planetarian, Tomoyo After, Little Busters!, dan Kud Wafter yang drilis pada 24 Juni 2011. Slogan dari permainan ini adalah "Could it possibly be rewritten, that fate of hers?", atau Kakikaeru koto ga dekiru darō ka. Kanojo no, sono unmei o (書き換えることが出来るだろうか。彼女の、その運命を。). Key merilis fan disc dari Rewrite yang berjudul Rewrite Harvest festa! yang dirilis pada 27 Juli 2012.

Itaru Hinoue kembali mendesain karakter dalam Rewrite. Sementara Na-Ga membantu dalam pembuatan computer graphics (CG) bersama Shinory, Mochisuke, dan Minimo Tayama. Gambar background ditangani oleh Torino. Untuk skenario, Key menyewa Ryukishi07 dari 07th Expansion, pembuat Higurashi no Naku Koro ni, dan Romeo Tanaka, yang ikut dalam pembuatan Yume Miru Kusuri dan Cross Channel; Yūto Tonokawa kembali membantu setelah membuat skenario dalam Little Busters!. Musiknya akan ditangani oleh Jun Maeda dan Shinji Orito.

Plot[sunting | sunting sumber]

Latar tempat[sunting | sunting sumber]

Rewrite berlatar tempat di sebuah kota bernama Kazamatsuri (風祭市, Kazamatsuri-shi), kota yang penuh dengan pepohonan dan bunga-bunga yang asri dan dikelilingi oleh hutan. Sama seperti umumnya galge (gal game) lainnya, cerita ini berpusat pada sebuah SMA. Heroine yang pertama yang muncul bernama Kotori Kanbe (神戸 小鳥, Kanbe Kotori), Akane Senri (千里 朱音, Senri Akane), dan Chihaya Ohtori (鳳 ちはや, Ōtori Chihaya). Sedangkan protagonisnya bernama Kotarou Tennouji (天王寺 湖太朗, Tennōji Kotarō).

Karakter[sunting | sunting sumber]

Kotarou Tennouji (天王寺 湖太朗, Tennōji Kotarō)
Kotaro adalah protagonis dalam Rewrite. Ia adalah murid SMA yang selalu berpikir dangkal dan semua orang mengetahuinya sebagai orang yang arogan. Meskipun ia tidak menyadarinya, ia suka ikut campur urusan orang lain, dan tak jarang mendapatkan masalah.
Kotori Kanbe (神戸 小鳥, Kanbe Kotori)
Kotori adalah heroine utama dalam Rewrite, dan berada di sekolah yang sama dengan Kotaro. Ia berbakat dalam hal bercocok tanam dan dapat merasakan hal supranatural. Ia punya sifat yang hiperaktif, dan punya hubungan yang baik dengan Kotaro sejak kecil, dan tidak begitu memiliki banyak teman lainnya.
Akane Senri (千里 朱音, Senri Akane)
Akane adalah salah satu heroine dalam Rewrite yang merupakan kakak kelas Kotaro dan Kotori. Ia adalah ketua dari penelitian masyarakat gaib (Occult Research Club), dan orang-orang mengetahuinya sebagai 'penyihir sekolah' karena misteri-misteri yang disimpannya. Walaupun ia punya sikap arogan pada pandangan pertama, tetapi sebenarnya ia punya sifat lainnya, yang sangat polos terhadap sahabat dekat dan keluarganya.
Chihaya Ohtori (鳳 ちはや, Ōtori Chihaya)
Chihaya adalah heroine ketiga dalam Rewrite yang tiba-tiba pindah ke sekolah Kotaro. Ia adalah gadis pemalu yang sulit dalam mengutarakan perasaannya dan juga ceroboh dalam melakukan sesuatu. Ia sering berdebat dengan Kotaro.
Sizuru Nakatsu (中津 静流, Nakatsu Shizuru)
Shizuru adalah heroine lain dalam Rewrite yang merupakan gadis pemalu di depan umum, sekaligus adik kelas dari Kotaro. Ia memiliki kelainan di mata yang bernama heterochromia, jadi ia menggunakan eyepatch di mata kanannya sehingga yang terlihat hanyalah warna mata kirinya yang berwarna biru. Meski tidak banyak bicara, tetapi ia sering memberikan ekspresi pada wajahnya, dan Kotaro dapat mengerti apa yang dimaksud Shizuru hanya dengan melihat perilaku dan gerak tubuh ketika berbicara dengannya.
Lucia Konohana (此花 ルチア, Konohana Ruchia)
Lucia adalah heroine lain dalam Rewrite, yang juga ketua kelas di kelasnya dan Kotaro, sehingga ia memiliki rasa tanggung jawab dan keadilan yang tinggi. Dia adalah gadis yang kuat, sekaligus gadis cerewet yang sering kali harus terlibat dengan tindakan Kotaro yang dianggapnya melewati batas.
Haruhiko Yoshino (吉野 晴彦, Yoshino Haruhiko)
Haruhiko memiliki penampilan seperti "anjing gila", tetapi kenyataannya ia tidak menimbulkan masalah bagi orang-orang banyak, ia juga pemuda yang tangguh.
Sakuya Ohtori (鳳 咲夜, Ōtori Sakuya)
Sakuya adalah murid kelas 3 di sekolah Kotaro. Meski ia dan Chihaya memiliki nama keluarga yang sama, tetapi mereka tidak memiliki hubungan darah. Adapun ia sangat takut pada kucing karena suatu masalah pada masa lalunya.
Touka Nishikujou (西九条 灯花, Nishikujō Tōka)
Touka adalah guru baru di sekolah Kotaro yang selalu terlihat tersenyum dan sangat baik. Meski bukan guru yang mengajar Kotaro dan yang lain, ia sering berbicara dengna mereka di lorong, dan saling kenal dengan Shizuru untuk sementara waktu. Ia adalah guru yang populer di kalangan murid-murid.
Kagari (, Kagari)
Kagari adalah salah satu heroine dalam Rewrite. Pada game-nya, Kagari lebih dikenal dengan sebutan "key" yang dicari-cari oleh banyak pihak.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Rewrite (visual novel) di Wikimedia Commons