RC Celta de Vigo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Celta Vigo
logo
Nama lengkap Real Club Celta de Vigo, S.A.D.
JulukanLos Celestes (Biru langit)
Los Celtiñas (The Lovely/Little Celts)
Berdiri23 Agustus 1923; 100 tahun lalu (1923-08-23)
StadionBalaídos
(Kapasitas: 32.500)
PemilikGrupo Corporativo Ges, S.L.
PresidenSpanyol Carlos Mouriño
Pelatih kepalaSpanyol Rafael Benítez
LigaLa Liga
2022–2023La Liga, ke-13 dari 20
Situs webSitus web resmi klub
Kostum kandang
Musim ini

Real Club Celta de Vigo, atau biasa dikenal dengan nama Celta Vigo, atau hanya Celta, adalah sebuah tim sepak bola Spanyol yang berbasis di Vigo. Tim ini didirikan pada tahun 1923. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Balaidos yang berkapasitas 31.500 penonton. Seragam mereka berwarna biru langit dan celana putih.

Nama klub ini diambil dari suku Celtic , suku yang pernah tinggal di wilayah tersebut. Celta memiliki persaingan lama dengan sesama klub Galicia Deportivo La Coruña , yang dengannya mereka bertanding dalam derby Galicia .

Celta belum pernah memenangkan gelar liga atau Copa del Rey , meskipun mereka telah mencapai final tiga kali di Copa del Rey. Klub ini finis di posisi terbaik mereka di posisi keempat pada 2002–03 , lolos ke Liga Champions UEFA 2003–04 , di mana mereka disingkirkan oleh Arsenal di babak 16 besar. Di Liga Eropa UEFA 2016–17 , Celta mencapai semifinal untuk pertama kalinya, kalah dari Manchester United . Pada tahun 2000 , Celta adalah salah satu pemenang Piala Intertoto UEFA .

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dasar Pendirian Klub[sunting | sunting sumber]

Campo de Coia (1908–1928)
Real Club Celta de Vigo vs S.C. Braga pada tahun 1945

RC Celta de Vigo dibentuk sebagai hasil dari ambisi tim Vigo untuk mencapai lebih banyak prestasi di tingkat nasional, di mana tim Basque telah menjadi unggulan mereka di Kejuaraan Spanyol. Idenya adalah untuk menggabungkan kedua tim yang berbasis di Vigo, Real Vigo Sporting dan Real Club Fortuna de Vigo , untuk menciptakan tim yang lebih kuat di tingkat nasional. Pembawa standar gerakan ini adalah Manuel de Castro, yang dikenal sebagai "Handicap", seorang penulis olahraga untuk Faro de Vigo yang, dari tahun 1915, mulai menulis artikelnya tentang perlunya gerakan unitarian. Slogan gerakannya adalah "Todo por y para Vigo" ("Semua untuk dan ke Vigo"), yang akhirnya mendapat dukungan di antara manajer kedua klub. Hal ini didukung dengan suara bulat ketika De Castro sendiri menyampaikan mosi tersebut pada pertemuan Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol di Madrid pada tanggal 22 Juni 1923 .

Bagan performa Celta de Vigo 1929–2023

Pada 12 Juli 1923, merger disetujui pada rapat umum tahunan Vigo dan Fortuna, yang masing-masing diadakan di Cine Odeón dan Hotel Moderno. Pada rapat umum terakhir Fortuna dan Vigo, yang menyetujui pembentukan klub baru dan diadakan pada 10 Agustus, para anggota memutuskan nama dan warna tim. Di antara berbagai nama yang diusulkan adalah Club Galicia, Real Atlético FC, Real Club Olímpico, Breogán dan Real Club Celta. Dua nama terakhir adalah yang paling disukai dan pada akhirnya mereka memutuskan Club Celta, sebuah ras etnis yang terkait dengan Galicia . Presiden pertama Celta adalah Manuel Bárcena de Andrés, Pangeran Torre Cedeira. Majelis ini juga memutuskan skuad yang berjumlah 64 pemain dan termasuk beberapa pemain penting dari Fortuna dan Vigo, dan dikelola oleh Francis Cuggy . Pertandingan pertama mereka adalah pertandingan persahabatan melawan tim Portugal Boavista, yang dimenangkan Celta 8-2.

Pada tahun 1947–48, Celta menduduki peringkat keempat, pencapaian tertinggi bersama klub, dan mencapai Final Copa del Generalísimo , di mana mereka kalah 4–1 dari Sevilla FC . Striker lokal Pahiño , yang meraih Trofi Pichichi dengan 21 gol dalam 22 pertandingan musim itu, kemudian pindah ke Real Madrid .

Masa Kejayaan dan Kemunduran[sunting | sunting sumber]

Pendukung Celta de Vigo sebelum pertandingan

Pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, Celta dijuluki "EuroCelta" oleh pers Spanyol karena penampilan mereka di Eropa. Ini termasuk kemenangan agregat 4-1 melawan Liverpool dalam perjalanan ke perempat final Piala UEFA 1998-99 . Pada edisi musim berikutnya mereka kembali mencapai delapan besar, dengan kemenangan leg kedua 4-0 atas Juventus dan kemenangan kandang 7-0 melawan Benfica (agregat 8-1). Di dalam negeri, tim mencapai final Copa del Rey 2001 , kalah 3-1 dari Real Zaragoza di Seville .

Pemain kunci selama periode tersebut termasuk Alexander Mostovoi , Valery Karpin dan Haim Revivo , meskipun skuad juga mengandalkan pemain internasional lainnya, seperti kiper Pablo Cavallero ; bek dan pelatih masa depan Eduardo Berizzo , gelandang Claude Makélélé dan Mazinho ; pemain sayap Gustavo López ; dan striker Catanha dan Lyuboslav Penev , antara lain.

Pada tahun 2002–03, di bawah manajer Miguel Ángel Lotina , Celta menduduki peringkat keempat, pencapaian tertinggi mereka sejak 1948, dan lolos ke Liga Champions UEFA 2003–04 . Mereka mencapai babak 16 besar, di mana mereka disingkirkan oleh Arsenal dengan agregat 5-2. Di dalam negeri tahun itu, tim berada di urutan ke-19 dan mengalami degradasi ke Segunda División . Meskipun skuadnya dibongkar setelah degradasi, Celta segera kembali ke papan atas setelah finis kedua pada 2004-05 .

Pada 2006-07 , Celta finis di urutan ke-18 dan sekali lagi terdegradasi ke Segunda División. Tim kemudian berjuang melawan degradasi ke tingkat ketiga, dan risiko kebangkrutan. Tren ini dilawan pada musim 2010-11, ketika striker baru David Rodríguez, pemain sayap Enrique de Lucas dan manajer Paco Herrera membantu mereka finis di urutan keenam. Mereka tersingkir di babak sistem gugur pertama oleh Granada setelah adu penalti , pertandingan berakhir 1-1 dalam 90 menit.

Bangkit dari keterpurukan[sunting | sunting sumber]

Celta Vigo bermain melawan rival Deportivo de La Coruña pada tahun 2012

Pada 3 Juni 2012, Celta kembali ke La Liga setelah absen selama lima tahun. Pada musim pertama mereka setelah kembali ke papan atas, mereka menghindari degradasi ke Segunda División pada hari terakhir setelah mengalahkan RCD Espanyol 1-0 untuk memastikan finis di urutan ke-17.

Di bawah asuhan veteran "EuroCelta" Eduardo Berizzo pada 2015–16 , Celta finis di urutan keenam untuk hasil terbaik mereka dalam satu dekade dan mendapatkan tempat di Liga Eropa UEFA 2016–17 . Sekembalinya mereka ke kompetisi Eropa, Celta mencapai semifinal Liga Eropa UEFA 2016–17 , di mana mereka disingkirkan oleh juara akhirnya Manchester United .

Daftar pemain[sunting | sunting sumber]

Skuat utama[sunting | sunting sumber]

Per 22 Januari 2024.[1]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
2 DF Swedia SWE Carl Starfelt
3 DF Spanyol ESP Óscar Mingueza
4 DF Spanyol ESP Unai Núñez (pinjaman dari Athletic Bilbao)
5 MF Peru PER Renato Tapia
6 MF Spanyol ESP Carlos Dotor
7 FW Spanyol ESP Carles Pérez
8 MF Spanyol ESP Fran Beltrán
10 FW Spanyol ESP Iago Aspas (kapten)
11 FW Argentina ARG Franco Cervi
12 FW Yunani GRE Anastasios Douvikas
13 GK Spanyol ESP Iván Villar
No. Pos. Negara Pemain
14 MF Amerika Serikat USA Luca de la Torre
15 DF Ghana GHA Joseph Aidoo
16 MF Brasil BRA Jailson
17 FW Pantai Gading CIV Jonathan Bamba
18 FW Norwegia NOR Jørgen Strand Larsen
19 MF Swedia SWE Williot Swedberg
20 DF Spanyol ESP Kevin Vázquez
21 DF Serbia SRB Mihailo Ristić
23 DF Spanyol ESP Manu Sánchez
25 GK Spanyol ESP Vicente Guaita
DF Spanyol ESP Javier Manquillo

Dipinjamkan[sunting | sunting sumber]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
DF Spanyol ESP Sergio Carreira (di Elche hingga 30 June 2024)
DF Spanyol ESP José Fontán (di Cartagena sampai 30 June 2024)
MF Spanyol ESP Miguel Baeza (di Mirandés sampai 30 June 2024)
No. Pos. Negara Pemain
FW Uruguay URU Lautaro de León (di Cartagena sampai 30 June 2024)
FW Spanyol ESP Julen Lobete (di Andorra sampai 30 June 2024)
FW Portugal POR Gonçalo Paciência (di VfL Bochum sampai 30 June 2024)

Tim Cadangan[sunting | sunting sumber]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
26 GK Spanyol ESP Coke Carrillo
27 GK Spanyol ESP Ruly García
28 DF Spanyol ESP Carlos Domínguez
29 FW Spanyol ESP Miguel Rodríguez
30 MF Spanyol ESP Hugo Sotelo
No. Pos. Negara Pemain
31 DF Spanyol ESP Javi Domínguez
32 DF Spanyol ESP Javi Rodríguez
33 FW Spanyol ESP Hugo Álvarez
34 MF Spanyol ESP Damián Rodríguez
35 DF Spanyol ESP Joel López


Prestasi[sunting | sunting sumber]

2000 Intertoto Cup

Gelar Nasional[sunting | sunting sumber]

Gelar Internasional[sunting | sunting sumber]

Gelar Lokal[sunting | sunting sumber]

Turnamen Tidak Resmi Lainnya[sunting | sunting sumber]

Pemain Internasional[sunting | sunting sumber]

Para pemain Celta de Vigo dulu dan sekarang berikut ini telah bermain di level internasional penuh saat bermain untuk klub.

|}

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Primer equipo – Jugadores" [First team – Players] (dalam bahasa Spanyol). RC Celta de Vigo. Diakses tanggal 19 September 2023. 
  2. ^ "Spain – List of Champions of Galicia". RSSSF. Diakses tanggal 15 August 2019. 
  3. ^ "Hemeroteca Digital. Biblioteca Nacional de España". hemerotecadigital.bne.es. Diakses tanggal 15 August 2019. 
  4. ^ "El Celta alza la Copa Xunta". Faro de Vigo (dalam bahasa Spanyol). 4 January 2007. Diakses tanggal 15 August 2019. 
  5. ^ "El Celta revalida ante el Deportivo su título de campeón de la Copa Galicia". Atlántico (dalam bahasa Spanyol). 21 May 2008. Diakses tanggal 15 August 2019. 
  6. ^ "Trofeo Ciudad de Vigo". RSSSF. Diakses tanggal 15 August 2019. 
  7. ^ "Memorial Quinocho". RSSSF. Diakses tanggal 25 June 2023. 
  8. ^ ":: Troféo Luis Otero :: Pontevedra – Espanha". Campeões do Futebol (dalam bahasa Portugis). Diakses tanggal 12 February 2022. 
  9. ^ "Trofeo Emma Cuervo". RSSSF. Diakses tanggal 15 August 2019. 
  10. ^ "Trofeo Tim al Celta Vigo, Sassuolo rimonta Milan". ANSA.it (dalam bahasa Italia). 11 August 2016. Diakses tanggal 15 August 2019. 
  11. ^ "Trofeo Teresa Herrera". RSSSF. Diakses tanggal 15 August 2019. 
  12. ^ "Trofeo Xacobeo 1999". RSSSF. Diakses tanggal 15 August 2019. 
  13. ^ "El Celta se lleva con merecimiento el Trofeo Federación Galega ante el Deportivo". RC Celta (dalam bahasa Spanyol). 13 August 2019. Diakses tanggal 15 August 2019. 
  14. ^ Faraldo, Manuel L. (22 July 2016). "El Celta de Vigo se coronó campeón de la Copa Comunidad Gallega disputada en Montevideo". España Exterior (dalam bahasa Spanyol). Diakses tanggal 15 August 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]