Prijono Tjiptoherijanto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Prijono Tjiptoherijanto
Lahir (1948-04-03)3 April 1948
Bendera Indonesia Malang, Jawa Timur
Pekerjaan Anggota Komisi ASN
Guru besar
Sastrawan
Tahun aktif 1973
Mempengaruhi Dari Negeri Poci

Prijono Tjiptoherijanto, S.E., M.A., Ph.D. (lahir di Malang, Jawa Timur, 3 April 1948; umur 71 tahun) adalah ilmuwan, pakar ekonomi ekonomi, pakar demografi dan kependudukan, dan guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Prijono juga merupakan salah satu anggota Komisi Aparatur Sipil Negara yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) No. 141/M/2014 tentang Pengangkatan Anggota KASN yang ditandatangani presiden pada 30 September 2014. Selain menekuni sebagai ilmuwan dan pejabat negara, nama Prijono dikenal pula dalam kancah kesusastraan Indonesia sebagai perintis Komunitas Negeri Poci yang kiprahnya dimulai pada tahun 1993.[1][2][3][4]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Prijono Tjiptoherijanto lahir di Malang, Jawa Timur, 3 April 1948. Dia adalah salah satu ilmuwan Indonesia yang mendedikasikan hidupnya sebagai guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Prijono merupakan pakar pakar demografi dan kependudukan, ekonomi kesehatan, pemberantasan kemiskinan, dan pemberdayaan sumber daya manusia. Melalui Keputusan Presiden (Keppres) No. 141/M/2014 tentang Pengangkatan Anggota KASN yang ditandatangani presiden pada 30 September 2014, Prijono ditetapkan sebagai salah satu anggota Komisi Aparatur Sipil Negara. Di kancah kesusastraan Indonesia, nama Prijono dikenal sebagai penyair yang pernah melahirkan Komunitas Negeri Poci bersama Piek Ardijanto Soeprijadi, Adri Darmadji Woko, Kurniawan Junaedhie, dan lain-lain.

Karier dan gagasan[sunting | sunting sumber]

Prijono meraih gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Pemerintahan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1973. Pada tahun 1977 Prijono meraih gelar pascasarjana (M.A.) bidang Ekonomi dari University the Philippines. Kemudian pada tahun 1981 dia berhasil mempertahankan disertasi dalam rangka meraih gelar doktor (Ph.D) bidang ekonomi dari University of Hawaii dengan The Economic Benefit of Tuberculosis Control Program in Indonesia: Effect of Chemotherapy.

Berbagai hasil gagasannya di bidang kependudukan telah banyak digunakan oleh Bappenas dan BKKBN. Peran aktifnya sebagai peneliti di Lembaga Demografi FEUI telah menghasilkan banyak karya ilmiah berupa artikel dan buku yang dipublikasikan, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu hasil penelitiannya berjudul Civil Service Reform in Indonesia telah dipublikasikan oleh Kobe University (Jepang) pada tahun 2007. Prijono juga telah menyelesaikan penelitian mengenai Civil Service Reform in Selected ASEAN Countries di Malaysia, Thailand, dan Filipina. Selain itu, dia juga aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Di bidang pemerintahan, dia pernah menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Negara dan Sekretaris Wakil Presiden Republik Indonesia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]