Portal:Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Templat:Portal maintenance status


Templat:Browsebar noblank

Portal:Jakarta/box-header

Jakarta's Coat of Arms
Jakarta (pengucapan bahasa Indonesia: [dʒaˈkarta] ( simak)), atau secara resmi bernama Daerah Khusus Ibukota Jakarta (disingkat DKI Jakarta) atau Jakarta Raya adalah ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa. Dahulu pernah dikenal dengan beberapa nama di antaranya Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia. Jakarta juga mempunyai julukan The Big Durian karena dianggap kota yang sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia.

Jakarta memiliki luas sekitar 664,01 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah 10.562.088 jiwa (2020). Wilayah metropolitan Jakarta (Jabodetabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa.

Sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan, Jakarta merupakan tempat berdirinya kantor-kantor pusat BUMN, perusahaan swasta, dan perusahaan asing. Kota ini juga menjadi tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor sekretariat ASEAN. Jakarta dilayani oleh dua bandar udara, yakni Bandara Soekarno–Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma, serta tiga pelabuhan laut di Tanjung Priok, Sunda Kelapa, dan Ancol. (Artikel selengkapnya...)

Portal:Jakarta/box-header

TerminalsSoekarnoHatta.jpg

Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta (bahasa Inggris: Soekarno–Hatta International Airport) (IATA: CGKICAO: WIII) disingkat SHIA atau Soetta, sebelumnya secara hukum disebut Bandar Udara Cengkareng Jakarta (bahasa Inggris: Jakarta Cengkareng Airport) (dengan IATA penunjuk "CGK"), merupakan sebuah bandar udara utama yang melayani penerbangan untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Bandar udara ini diberi nama sesuai dengan nama dwitunggal tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta, yang sekaligus merupakan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pertama. Nama populer dalam masyarakat adalah Bandara Cengkareng oleh karena berdekatan dengan wilayah Cengkareng, Jakarta Barat, meskipun secara geografis berada di Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Banten. Ini tecermin pula dalam kode IATA untuk bandar udara ini yang menggunakan kode CGK.

Bandara ini mulai beroperasi di dalam negeri pada 1 Mei 1985 menggantikan Bandara Internasional Kemayoran yang kelebihan kapasitas. Bandara ini diperluas pada tahun 1991 untuk menggantikan Bandara Internasional Halim Perdanakusuma untuk penerbangan internasional, yang masih melayani penerbangan domestik charter, VIP, swasta, dan dibuka kembali sebagai bandara komersial kedua untuk penerbangan domestik untuk mengurangi tekanan atas bandara Soekarno-Hatta yang saat ini kelebihan kapasitas. Bandara ini melayani 66,9 juta penumpang pada tahun 2018, menduduki peringkat ke- 18 bandara tersibuk di dunia oleh Airports Council International, dan tersibuk di Asia Tenggara. Dalam beberapa tahun terakhir, bandara ini telah menerima banyak penghargaan dan pengakuan. (Artikel selengkapnya...)

Portal:Jakarta/box-header

Jakarta Car Free Day.jpg
Jakarta pedestrians, joggers and bicyclists take over the main avenue during Car-Free Day.

Portal:Jakarta/box-header Portal:Jakarta/Selected anniversaries/Mei

Portal:Jakarta/box-header Portal:Jakarta/Related portals

Portal:Jakarta/box-header

Christine Hakim pada tahun 2012

Herlina Christine Natalia Hakim atau yang lebih dikenal dengan Christine Hakim (lahir 25 Desember 1956) adalah seorang aktivis, pemeran dan produser berkebangsaan Indonesia.

Christine merupakan aktris berketurunan Aceh dan Minangkabau yang besar di Yogyakarta, bercita-cita menjadi seorang arsitek atau psikolog. Cita-citanya berubah setelah ia ditemukan oleh Teguh Karya untuk filmnya pada tahun 1973 Cinta Pertama, sebuah peran yang menghantarkannya meraih Piala Citra untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik dan membuatnya yakin untuk meneruskan kariernya dalam dunia seni peran. Sejak saat itu, ia telah membintangi sejumlah film, termasuk film Badai Pasti Berlalu tahun 1977 dan Tjoet Nja' Dhien tahun 1988; ia juga memiliki peran minor dalam film Hollywood tahun 2010 Eat Pray Love. Hingga 2018, ia telah mendapatkan delapan Piala Citra, menerima penghargaan seumur hidup dari Festival Film Indonesia, Indonesian Movie Actors Awards dan Festival Film Internasional Cinemanila, serta ditunjuk sebagai anggota juri pada ajang Festival Film Cannes 2002. (Artikel selengkapnya...)

Portal:Jakarta/box-header

The following are images from various Jakarta-related articles on Wikipedia.

Galat Lua: No content found on page "History of Jakarta".

Portal:Jakarta/box-header

Wolter Robert van Hoëvell

Portal:Jakarta/box-header

Category puzzle
Select [►] to view subcategories

Portal:Jakarta/box-header


Want to help?:

Portal:Jakarta/box-header

Proyek saudara Wikimedia Foundation berikut menyediakan lebih banyak tentang subjek ini:

Wikibooks
Buku

Commons
Media

Wikinews 
Berita

Wikiquote 
Kutipan

Wikisource 
Teks

Wikiversity
Sumber belajar

Wikivoyage 
Petunjuk perjalanan

Wiktionary 
Definisi

Wikidata 
Kumpulan data

Templat:Portal navbar no header2 Bersihkan tembolok server