Please Please Me (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
"Please Please Me"
"Please Please Me" 45
(1963 UK issue)
Singel oleh The Beatles
dari album Please Please Me
Sisi-B "Ask Me Why"
Dirilis 11 January 1963
Format 7"
Direkam 26 November 1962
Genre Pop rock
Panjang 2:03
Label Parlophone
Pencipta McCartney/Lennon
Produser George Martin
Kronologi singel The Beatles

"Love Me Do""
(UK-1962)
"Please Please Me"
(1963)
"From Me to You"
(1963)

Sampel musik
Daftar lagu Please Please Me

Templat:Please Please Me tracks

Alternate covers
Vee-Jay 498 (Original US 45 with band name misspelled)
Vee-Jay 498 (Original US 45 with band name misspelled)

"Please Please Me" adalah single kedua yang dirilis oleh The Beatles di Inggris, dan yang pertama yang diterbitkan di Amerika Serikat. Ini juga merupakan judul lagu LP pertama mereka, yang tercatat sangat sukses. Single ini merupakan asli gubahan John Lennon meskipun komposisinya sangat dipengaruhi oleh George Martin.

Pada tanggal 22 Februari 1963, lagu ini mencapai nomor satu di chart single yang disusun oleh New Musical Express (grafik paling diakui pada saat itu) dan Melody Maker, namun hanya mencapai nomor dua di tanggal lagu Record Retailer, kemudian berubah menjadi UK Singles Chart dan ini merupakan hari yang sangat diperhatikan.

Awalnya single ini dirilis bersama dengan "Ask Me Why" di sisi B, dan gagal di Amerika Serikat, tetapi ketika kembali dirilis di sana pada 3 Januari 1964 (bersamaan dengan "From Me to You" di sisi B), single ini mencapai nomor tiga dalam US Hot 100.

Komposisi[sunting | sunting sumber]

The Beatles telah mencapai sukses debut "Love Me Do", tetapi di luar Liverpool dan Hamburg mereka masih belum tidak dikenal. Kemudian The Beatles bertekad untuk mulai apa yang telah dicapai di Hamburg untuk memasuki tangga lagu di Inggris. Meskipun demikian, produsen mereka, George Martin, merasa itu adalah awal yang menjanjikan dan memutuskan untuk maju dengan sebuah single kedua. Please Please Me memiliki sejarah yang beragam. George Martin telah menyatakan bahwa versi asli dari lagu ini adalah " agak membosankan", terlalu lambat dan akibatnya memiliki sedikit prospek menjadi hit besar.

Awalnya, lagu ini digubah oleh John Lennon dengan nuansa blues dan bertempo lambat.

Catatan Sejarah[sunting | sunting sumber]

Majalah Rolling Stone merangking lagu ini di urutan 184 pada daftar 500 lagu terbaik sepanjang masa.

"Please Please Me" terpilih menjadi penampilan pertama The Beatles secara nasional di UK TV pada acara Thank Your Lucky Stars pada tanggal 19 Januari 1963.

Dalam budaya popular[sunting | sunting sumber]

Komposisi lagu ini digunakan pada serial TV Scrubs sesi keempat episode My Best Moment, namun liriknya diambil dari lagu Natal Joy to the World. Lagu ini dipopulerkan oleh The Butties.

Personil[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]