A Hard Day's Night (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
A Hard Day's Night
SutradaraRichard Lester
ProduserWalter Shenson
Ditulis olehAlun Owen
PemeranJohn Lennon
Paul McCartney
George Harrison
Ringo Starr
Penata musikGeorge Harrison (lagu "Don't Bother Me")
Paul McCartney
George Martin (incidental music) (uncredited)
John Lennon (lagu)
SinematograferGilbert Taylor
DistributorUnited Artists
Tanggal rilis
6 Juli 1964 (rilis UK)
Durasi87 menit
BahasaInggris
IMDbInformasi di IMDb

A Hard Day's Night adalah film mockumentary yang diterbitkan pada 1964, ditulis oleh Alun Owen dan disutradarai Richard Lester. Selain The Beatles (George Harrison, John Lennon, Paul McCartney dan Ringo Starr), film ini juga dibintangi Wilfrid Brambell, Norman Rossington, John Junkin, Lionel Blair, Victor Spinetti, John Bluthal dan Derek Nimmo. Album jalur suaranya A Hard Day's Night dan lagunya juga menjadi terkenal.

Alur[sunting | sunting sumber]

Diawal alur John, George & Ringo berusaha kabur dari kejaran para The Beatles mania, mereka ingin pergi dari stasiun Liverpool ke London, Paul yang sudah berada distasiun menyamar dengan menempelkan kumis dan janggut serta pura-pura membaca koran, Paul juga tidak sendiri ia ditemani kakeknya (Wilfrid Brambell). Dalam tempat lain di stasiun manager The Beatles Norm (Norman Rossington) membeli susu lewat kotak otomatis, akibat frustasi karena tidak bisa membukanya Norm akhirnya membuang susunya.

Sampai di London mereka pergi ke Hotel & pergi ke Theater di mana acara mereka ditampilkan secara langsung. Setelah itu Ringo mencoba mengheningkan dirinya sebentar untuk membaca buku & berjalan-jalan dengan topi untuk keamanannya dari The Beatles mania. Dalam tempat lain, kakek Paul membuat masalah dengan menjual gambar The Beatles yang sudah ditandatangani, mendatangkan keributan sang kakek akhirnya ditangkap Polisi, setelah tahu bahwa foto yang dijual adalah foto The Beatles Polisi berhasil menangkap Ringo, mencari yang lainnya, John, Paul, George meminta keringanan agar konser mereka di stasiun Tv berjalan lancar, lalu akhirnya semua berjalan lancar seperti yang diinginkan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]