With the Beatles

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
With the Beatles
Sampulwiththebeatles.jpg
Album studio karya The Beatles
Dirilis22 November 1963
Direkam18 Juli–23 October,
EMI Studios
Genre
Durasi32:24
LabelParlophone
ProduserGeorge Martin
Kronologi The Beatles
Please Please Me
(1963)Please Please Me1963
With the Beatles
(1963)
A Hard Day's Night
(1964)A Hard Day's Night1964

With the Beatles adalah album studio kedua oleh kelompok musik dari Inggris The Beatles. Album ini dirilis pada 22 November 1963, oleh Parlophone records, direkam selang empat bulan setelah rilis album debut the Beatles 'Please Please Me'. Album ini berisikan delapan komposisi asli (tujuh komposisi oleh Lennon–McCartney dan "Don't Bother Me", komposisi pertama George Harrison yang dirilis dalam album the Beatles) dan enam lagu komposisi milik orang lain (sebagian besar dari musik jenis Motown dan hit-hit R&B). Sebagian besar lagu-lagu dalam album ini dirilis di Amerika Serikat oleh Capitol Records dalam album Meet the Beatles! pada 20 Januari 1964; Lagu-lagu yang lain dimasukkan ke dalam album the Beatles berikutnya versi Amerika sebagai The Beatles' Second Album.

Album ini juga dirilis pada November 1963 oleh Capitol Records di Kanada dengan nama album Beatlemania! With the Beatles. Rilis ini dikenal sebagai album pertama the Beatles yang rilis di Amerika Utara. Sampul album menampilkan karya foto Robert Freeman, seorang fotografer fashion. Gaya pemotretan the Beatles pada sampul album ini telah banyak ditiru oleh kelompok-kelompok musisi lain sepanjang zaman.

Album ini mengalami kesuksesan penjualan hampir setengah juta keping dalam bulan September 1965, menjadikan album ini sebagai album yang memiliki penjualan terbanyak kedua di Inggris setelah soundtrack film South Pacific tahun 1958. With the Beatles menduduki tangga album pertama selama 21 minggu menggantikan Please Please Me, dengan demikian the Beatles telah berada pada puncak tangga selama 51 minggu terus menerus dengan dua album yang berbeda. EMI Australia tidak menerima disain sampul album dari Inggris, sehingga album ini rilis di Australia menggunakan gambar sampul berupa karikatur the Beatles yang dirancang memiliki kemiripan dengan sampul album versi Inggris. The Beatles tidak menyadari pergantian disain sampul tersebut sampai suatu ketika mereka mengadakan tur ke Australia pada 1964, dan menyampaikan pada pihak EMI Australia tentang rasa keberatan mereka atas pergantian sampul tersebut.

Pada 26 Februari 1987, With the Beatles dirilis kembali berupa piringan compact (dalam tata suara mono, katalog nomor CDP 7 46436 2) yang hanya dapat diperoleh secara impor dari Inggris. Pada 21 Juli 1987 album dirilis dalam bentuk piringan hitam dan kaset. Bersama-sama dengan semua album esensial the Beatles lainnya, With The Beatles dirilis kembali berupa piringan compact dengan tata suara diperbaharui versi stereo dan versi mono pada 9 September 2009.

Pada 2003, album ini ditempatkan pada posisi 420 oleh majalah Rolling Stone dalam daftar 500 Album Terbaik Sepanjang Masa.

Lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu-lagu diciptakan oleh Lennon-McCartney, kecuali lagu-lagu yang ditandai keterangan dalam kurung di belakang judul.

Side 1

  1. "It Won't Be Long"
  2. "All I've Got to Do"
  3. "All My Loving"
  4. "Don't Bother Me" - (Harrison)
  5. "Little Child"
  6. "Till There Was You" - (Meredith Willson)
  7. "Please Mr. Postman" - (Georgia Dobbins, William Garrett, Freddie Gorman, Brian Holland, Robert Bateman)

Side 2

  1. "Roll Over Beethoven" - (Chuck Berry)
  2. "Hold Me Tight"
  3. "You Really Got a Hold on Me" - (Smokey Robinson)
  4. "I Wanna Be Your Man"
  5. "Devil in Her Heart" - (Richard Drapkin)
  6. "Not a Second Time"
  7. "Money (That's What I Want)" - (Janie Bradford, Berry Gordy)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ O'Dell, Denis; Neaverson, Bob (2002). At the Apple's core: the Beatles from the inside. Peter Owen Limited. hlm. 27. the first truly convincing British rock and roll album, With The Beatles 
  2. ^ Harrington, Richard (6 February 2004). "It was 40 years ago ..." The Washington Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 January 2013. Diakses tanggal 5 January 2013. 
  3. ^ Howlett, Kevin; Heatley, Mike (2009). With the Beatles (CD historical notes). hlm. 12. 
  4. ^ SHINDIG! Issue 35, page 30