Abbey Road

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Abbey Road
The cover of Abbey Road has no printed words. It is a photo of the Beatles, in side view, crossing the street in single file.
Album studio oleh The Beatles
Dirilis 26 September 1969
Direkam 22 February – 20 Agustus 1969, EMI, Olympic and Trident Studios, London
Genre Rock[1]
Durasi 47:23
Label Apple
Produser George Martin
Kronologi The Beatles
Yellow Submarine
(1969)
Abbey Road
(1969)
Let It Be
(1970)
Kronologi The Beatles Amerika Utara
Yellow Submarine
(1969)
Abbey Road
(1969)
Hey Jude
(1970)
Singel dari album Abbey Road
  1. "Something"/"Come Together"
    Dirilis: 31 Oktober 1969

Abbey Road adalah album studio ke-11 yang dirilis oleh band rock asal Inggris The Beatles. Ini adalah album terakhir yang direkam mereka, meskipun Let It Be adalah album terakhir yang dirilis sebelum pembubaran band pada tahun 1970. Pembuatan Abbey Road mulai pada April 1969, dan album ini dirilis pada 26 September 1969 di Inggris, dan 1 Oktober 1969 di Amerika Serikat.

Album ini dirilis di tengah ketegangan dalam band. Meskipun sukses secara komersil, dan menerima ulasan yang beragam dari para kritikus musik yang menemukan keaslian musik dan mengkritik efek buatan produksinya. Sejak penerimaan awal, album ini telah dilihat oleh banyak kritikus sebagai karya terbesar The Beatles dan oleh beberapa publikasi diberi peringkat sebagai salah satu album terbesar sepanjang masa. Abbey Road tetap menjadi album terlaris mereka.

Komposisi dan Perekaman[sunting | sunting sumber]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Setelah bencana yang dekat pada sesi untuk diusulkan album Get Back (kemudian dirilis sebagai Let It Be), Paul McCartney menyarankan produser musik George Martin bahwa kelompok tersebut bersama dan membuat album "cara kita digunakan untuk", [2] bebas dari konflik yang dimulai setelah kematian Brian Epstein dan membawa ke sesi untuk "White Album". Martin setuju, yang menyatakan bahwa ia harus diizinkan untuk melakukan jalannya pada album. Ini akan menjadi yang terakhir kalinya band ini akan merekam dengan Martin. [3] Dalam wawancara mereka untuk The Beatles Anthology, para anggota band yang masih hidup menyatakan bahwa, meskipun tidak satupun dari mereka yang menyebutnya "album terakhir", mereka semua merasa pada saat ini akan sangat mungkin menjadi produk akhir Beatles dan karena itu sepakat untuk mengesampingkan perbedaan-perbedaan mereka dan "pergi keluar pada nada tinggi".

Dengan album Let It Be yang sebagian selesai, sesi untuk Abbey Road dimulai pada bulan April, seperti single "Old Brown Shoe"/"The Ballad of John and Yoko" selesai. Bahkan, rekaman sesi John Lennon "I Want You (She's So Heavy)" sudah dimulai pada bulan Februari 1969 di Trident Studios, dengan Billy Preston pada organ hanya tiga minggu setelah sesi Get Back. Foto dari sesi ini termasuk dalam buku Get Back, yang datang bersama dengan album Let It Be tapi tidak di film Let It Be. McCartney tercukur bersih dan Lennon telah mulai membiarkan jenggotnya tumbuh.

Sebagian besar dari album ini direkam antara 2 Juli dan 1 Agustus 1969. Setelah album ini selesai dan dirilis, proyek Get Back / Let It Be kembali diperiksa. Lebih banyak pekerjaan yang dilakukan pada album, termasuk rekaman musik tambahan. Dengan demikian, meskipun sebagian besar Let It Be direkam sebelum Abbey Road, yang terakhir yang dirilis pertama kali, dan Abbey Road adalah album terakhir yang dimiliki oleh Beatles sebelum mereka bubar. Lennon adalah hiatus dari kelompok dan bekerja dengan Plastic Ono Band selama September 1969 menjelang rilis Abbey Road, yang secara efektif sebagai tanda resmi pertama pembubaran The Beatles yang akan datang.

Dua album adalah bagian kompromi, Lennon ingin merilis album tradisional dengan terpisah, lagu-lagu yang tidak terkait, sementara McCartney dan Martin ingin melanjutkan pendekatan tematik mereka dari Sgt. Pepper's dengan medley. Lennon akhirnya tidak menyukai Abbey Road secara keseluruhan dan merasa bahwa album tidak memiliki keaslian, sambil mengatakan kontribusi McCartney "[musik] untuk nenek yang sedang menggali" dan bukan "lagu yang nyata." [4] Musikolog Walter Everett menafsirkan bahwa sebagian besar dari kesepakatan lirik medley ini dengan "keegoisan dan kepuasan tersendiri serta keluhan keuangan di "You Never Give Me Your Money," yang kikir dari "Mr. Mustard", memegang bagian belakang dari bantal di "Carry That Weight," keinginan bahwa beberapa orang kedua akan mengunjungi mimpi-mungkin penyanyi 'satu mimpi manis' dari 'Kamu Never Give Me Your Money'-in? 'The End.' "tambah Everett bahwa medley itu "momen egois" yang di dimainkan dalam konteks pusat tonal dari kunci A, sementara "kemurahan hati" dinyatakan dalam lagu mana kunci C yang utama. Medley ini diakhiri dengan "kompromi besar dalam 'negosiasi' pada lagu "The End", yang berfungsi sebagai coda struktural yang seimbang. Dalam menanggapi berulang-ulang kunci C-mayor pada chorus "love you", McCartney bernyanyi dalam kesadaran bahwa memuaskan diri dengan cinta ("the love you take") karena adanya cinta yang murah hati ("the love you make"), masing-masing dalam A mayor dan C mayor. [5]

Daftar Lagu[sunting | sunting sumber]

Semua lagu ditulis dan dikomposeri oleh Lennon-McCartney, kecuali yang tercatat.

Sisi Satu

No. Judul Vokal Utama Durasi

  1. "Come Together" Lennon 4:20
  2. "Something" (George Harrison) Harrison 3:03
  3. "Maxwell's Silver Hammer" McCartney 3:27
  4. "Oh! Darling" McCartney 3:26
  5. "Octopus's Garden" (Richard Starkey) Starr 2:51
  6. "I Want You (She's So Heavy)" Lennon 7:47

Sisi Dua

No. Judul Vokal Utama Durasi

  1. "Here Comes the Sun" (Harrison) Harrison 3:05
  2. "Because" Lennon, McCartney, and Harrison 2:45
  3. "You Never Give Me Your Money" McCartney 4:02
  4. "Sun King" Lennon, McCartney, and Harrison 2:26
  5. "Mean Mr. Mustard" Lennon 1:06
  6. "Polythene Pam" Lennon 1:12
  7. "She Came In Through the Bathroom Window" McCartney 1:57
  8. "Golden Slumbers" McCartney 1:31
  9. "Carry That Weight" McCartney, Lennon, Harrison, and Starr 1:36
  10. "The End" McCartney 2:05
  11. "Her Majesty" McCartney 0:23

Notes

  • "Her Majesty" ada sebagai lagu tersembunyi. Antara "The End" dan "Her Majesty" terdapat 14 detik kesunyian. Lagu ini dimasukkan ke daftar lagu pada rilis berikutnya.
  • Beberapa versi kaset tape di Britania Raya dan AS, posisi "Come Together" dan "Here Comes the Sun" ditukar. Jadi, komposisi Harrison yang menjadi pembuka album.
  • Trek 3 sampai 7 pada sisi dua kadang diartikan sebagai satu lagu (medley) yaitu "The Abbey Road Medley".
  • Trek 8 sampai 10 pada sisi dua kadang diartikan sebagai lagu "The Golden Slumbers Medley".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Pensiero
  2. ^ "Abbey Road". Smackbomb.com. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 12 May 2008. Diakses 30 April 2008. 
  3. ^ "The Beatles Abbey Road album". beatles-history.net. Diakses 8 March 2012. 
  4. ^ Stark 2009, hlm. 307.
  5. ^ Everett 1999, hlm. 271.