Phoenix Wright: Ace Attorney: Justice for All

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Phoenix Wright: Ace Attorney Justice for All
Justice for all.jpg
Karakter utama Justice for All, dari kiri, Edgeworth, Franziska, Phoenix, and Pearl
Pengembang Capcom
Penerbit Capcom
AUS Nintendo Australia
Distributor AUS Nintendo Australia
Sutradara Shu Takumi
Produser Atsushi Inaba
Seniman Tatsuro Iwamoto
Penulis Shu Takumi
Komposer musik Naoto Tanaka
Seri Ace Attorney series
Platform Game Boy Advance, PC, Nintendo DS, Wii (via WiiWare)
Tanggal rilis
Genre Petualangan
Mode Pemain tunggal

Phoenix Wright: Ace Attorney Justice for All, rilis di Jepang sebagai Gyakuten Saiban 2 (逆転裁判 2 Gyakuten Saiban Tsū?, lit. "Turnabout Trial 2") adalah permainan petualangan novel visual yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Capcom untuk konsol Nintendo DS. Ini adalah sekuel pertama dari Phoenix Wright: Ace Attorney. Permainan ini dirilis di Jepang pada tanggal 26 Oktober 2006 dan di Amerika Utara pada tanggal 16 Januari 2007.[2] Permainan ini juga dirilis di Eropa pada tanggal 16 Maret 2007 dan di Australia pada tanggal 6 September 2007. Untuk edisi Jepang memiliki bahasa Jepang/Inggris yang ada pada menu utama.

Cara bermain[sunting | sunting sumber]

Cara bermain Justice For All mirip dengan permainan Ace Attorney yang pertama sebagai permainan novel virtual. Sementara permainan telah diadaptasi dari versi GBA untuk menggunakan layar sentuh DS, tidak ada teknik investigasi khusus seperti dalam kasus "Rise from the Ashes" di permainan sebelumnya.

Sebuah perubahan kecil namun penting adalah bahwa pemain sekarang dapat menyajikan profil dari orang yang terlibat dalam kasus, sebagai tambahan bukti dalam Court Record. Pemain dihadirkan selama diruang sidang atau fase investigasi. Misalnya, pemain dapat menyajikan profil untuk menanyakan orang tentang orang itu.

Justice for All memiliki konsep permainan baru yang disebut Psyche-Lock. Phoenix Wright harus membuka beberapa kunci yang telah ditempatkan di atas hati para saksi untuk mengungkap kebenaran. Psyche-Lock terjadi hanya selama fase investigasi, dan diamati ketika mencoba untuk mengikuti alur pertanyaan dengan orang yang terlibat dalam kasus. Ketika ia mengungkapkan bahwa orang yang memiliki satu atau lebih Psyche-Lock, pemain kemudian dapat memulai memecahkan satu kunci. Biasanya, pemain akan diminta untuk menunjukkan bukti atau lokasi untuk menyelesaikan pertanyaan yang diajukan, jika bukti yang benar digunakan, kemungkinan satu Psyche-Lock akan pecah atau mungkin mengarah pada pertanyaan tambahan. Jika pilihan yang salah dibuat, pemain akan dikurangi darahnya (dijelaskan di bawah). Namun, tidak seperti diruang sidang, pemain dapat membatalkan upaya memecahkan Psyche-Lock jika ia merasa tidak mempunyai bukti tanpa penalti apapun, semua kunci akan muncul kembali, meskipun akan diulangi dari awal. Juga, sejumlah darah dipulihkan pada saat berhasil membuka semua Psyche-Kunci dari seseorang. Memecahkan semua Psyche-Kunci seseorang akan memungkinkan pemain untuk bertanya kepada orang itu untuk rincian lebih lanjut.

Pada permainan pertama, pemain memiliki lima kesehatan, jika ia melakukan kesalahan selama proses sidang, hakim akan mengambil satu, dan kehilangan semuanya menghasilkan vonis bersalah untuk klien. Justice for All mengubah tanda-tanda ke bar penuh darah, ketika bar benar-benar habis, permainan berakhir dan klien pemain menerima vonis bersalah. Jumlah darah hilang akan bervariasi tergantung pada besarnya kesalahan, kesalahan pada area yang serius dapat mengakibatkan hilangnya semua darah.

Plot[sunting | sunting sumber]

Kronologi seri Ace Attorney

Latar[sunting | sunting sumber]

Latar untuk permainan berlangsung kira-kira satu tahun setelah peristiwa permainan pertama (berdasarkan usia karakter), dan berada di Los Angeles, California di lokalisasi berbahasa Inggris.[3] Pemain mengendalikan protagonis, Phoenix Wright, karena ia membela klien dalam empat persidangan. Karakter utama dari pendahulunya yang muncul dalam judul ini Maya Fey, Miles Edgeworth, Mia Fey, dan Dick Gumshoe. Dua karakter utama baru termasuk Pearl Fey dan Franziska von Karma. Karakter dari judul pertama yang menjadi peran pendukung, Lotta Hart, Will Powers, dan Oldbag Wendy.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Kasus pertama, The Lost Turnabout, melibatkan Phoenix yang amnesia setelah dipukul dikepalanya oleh saksi persidangan, Richard Wellington. Dengan demikian, ia terpaksa untuk membela Maggey Byrde, seorang polisi yang dituduh membunuh kekasihnya, tanpa ingat mengingat kasusnya. Namun, dengan bantuan dari Byrde, dan kemudian Maya Fey, Phoenix mendapatkan kembali ingatannya dan menyimpulkan bahwa Wellington adalah pembunuh sebenarnya.

Dikasus kedua, Reunion, and Turnabout, dimulai sebelum kasus pertama Phoenix berjalan dengan seorang pria bernama Dr Turner Grey ingin meminta spirit channelling dari Maya Fey, teman, asisten Phoenix, dan spiritual medium, di Desa Kurain. Namun, dokter terbunuh selama spirit channelling, dan Maya ditangkap atas tuduhan pembunuhan. Sementara membela Maya, Phoenix menghadapi jaksa Franziska von Karma, putri Manfred von Karma, yang belum pernah kalah dalam suatu kasus dan telah datang ke Amerika hanya untuk mengalahkan Phoenix di pengadilan. Phoenix menemukan bahwa kematian dokter itu diplot oleh seorang perawat yang pernah bekerja di bawah dia dan bibi Maya, Morgan Fey, yang berusaha untuk menggantikan Maya sebagai Master Desa Kurain untuk menjadikan putrinya yang berumur 8 tahun, Pearl Fey, sebagai gantinya. Setelah kasus ini, Maya dan Phoenix menjaga Pearl.

Dikasus ketiga, Turnabout Big Top, seorang pesulap populer dari Berry Big Circus bernama Maximillion Galactica dibebankan dengan pembunuhan pemimpin sirkus itu. Selama pemeriksaan, Phoenix bertemu beberapa saksi yang tidak biasa, seperti badut yang memiliki kesulitan membuat orang tertawa, seorang ventriloquisme yang bosnya adalah bonekanya sendiri, dan putri pemimpin sirkus, yang tampaknya hidup di dunianya sendiri. Phoenix berhasil membela Max dari Franziska, dan ternyata pembunuh yang sebenarnya adalah salah satu seniman trapeze, yang tidak sengaja membunuh pemimpin sirkus ketika mencoba untuk membunuh putrinya.

Dikasus keempat, Farewell, My Turnabout, Maya diculik setelah bintang TV besar, Matt Engarde, diduga membunuh saingannya, Juan Corrida, dan penculik, Shelly de Killer, berjanji untuk membiarkan Maya pergi jika Phoenix bisa membuktikan Engarde tidak bersalah. Selama Phoenix menyelidiki, ia menemukan bahwa Engarde, Corrida, dan manajer mereka memiliki hubungan romantis yang rumit, dan Engarde, seorang pria dengan sisi gelap yang rahasia, telah mempekerjakan de Killer untuk memaksa Phoenix untuk membela dirinya di pengadilan. Selama kasus ini, de Killer menembak Franziska, melukai dan memaksa memilih jaksa baru dalam kasus ini: Miles Edgeworth, yang baru saja kembali dari negara lain. Miles melihat perilaku tidak biasa Phoenix di pengadilan, menyadari Maya yang sedang dalam masalah, dan membantu untuk memperpanjang kasus ini untuk memberikan polisi lebih banyak waktu untuk menyelamatkan Maya. Ketika Phoenix mengungkapkan kepada de Killer bahwa Engarde mempunyai bukti untuk memeras de Killer, de Killer mengingkari kesetiaannya kepada Engarde, menjanjikan untuk menjadikan Engarde sebagai korban berikutnya. Maya dibebaskan dan kembali dengan Phoenix dan Pearl, sementara Franziska, pulih dari luka-lukanya, memutuskan untuk pulang dan Miles telah kembali.

Jika pemain memberikan bukti yang salah menjelang akhir persidangan, cerita berakhir dengan alternatif yang akan terjadi. Dalam akhir ini Matt Engarde dibebaskan dan Adrian Andrews kemudian diadili dan dihukum karena pembunuhan Juan. Hal ini menyebabkan Phoenix Wright berjalan keluar dari ruang sidang karena malu. Maya dibebaskan tanpa cedera, tapi dia tidak pernah melihatnya lagi. Wright percaya bahwa akan mendapatkan suatu keajaiban untuk menghukum Engarde, tetapi dia menyadari bahwa keajaiban itu tidak ada.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Versi Game Boy Advance[sunting | sunting sumber]

Justice for All awalnya dirilis untuk Game Boy Advance sebagai Gyakuten Saiban 2. Hal ini dirilis pada 22 Oktober 2002, di Jepang saja. Menggunakan mesin yang sama dengan pendahulunya, Gyakuten Saiban.

Versi Nintendo DS[sunting | sunting sumber]

Gyakuten Saiban 2 dibuat ulang untuk Nintendo DS sebagai Phoenix Wright: Ace Attorney Justice for All menggunakan mesin yang sama dengan Phoenix Wright: Ace Attorney, dirilis pada tanggal 26 Oktober 2006 di Jepang. Ini kemudian dirilis di negara lain, termasuk Amerika Utara pada tanggal 16 Januari 2007, Eropa pada tanggal 16 Maret 2007, dan Australia pada tanggal 6 September 2007. Lokalisasi dalam rilis ini tetap hampir tidak berubah dari rilis sebelumnya, yang berisi beberapa kesalahan dalam ejaan, tanda baca, tata bahasa, dan penggunaan kata. Ini telah menghasilkan keluhan di beberapa ulasan.[4] Terjemahan bahasa Inggris dari permainan memberikan referensi banyak acara TV, film, video game lainnya, dan referensi budaya populer lainnya, ditempatkan dalam dialog oleh tim lokalisasi.[3]

Audio[sunting | sunting sumber]

Musik diciptakan oleh Naoto Tanaka, dengan nama Akemi Kimura.[5]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

 Penilaian
Skor agregat
Aggregator Score
GameRankings 78% (57 reviews)[6]
Metacritic 76% (51 reviews)[7]
Skor review
Publikasi Skor
1UP.com B+[8]
Adventure Gamers 4/5 starsStar full.svgStar full.svgStar full.svgStar empty.svg[9]
Allgame 3.5/5 starsStar full.svgStar full.svgStar half.svgStar empty.svg[10]
Eurogamer 8/10[11]
Famitsu 35/40 (GBA)[12][13]
Game Informer 8/10[14]
GamePro 4/5 starsStar full.svgStar full.svgStar full.svgStar empty.svg[15]
Game Revolution A[16]
GameSpot 7.7/10[17]
GameSpy 3.5/5 starsStar full.svgStar full.svgStar half.svgStar empty.svg[18]
GamesRadar 4/5 starsStar full.svgStar full.svgStar full.svgStar empty.svg[19]
GameTrailers 7.9/10[20]
GameZone 8.0/10[21]
IGN 7.8/10[22]
Official Nintendo Magazine 72%[23]

Meskipun Justice for All menerima ulasan yang umumnya baik, itu berakhir dengan kritik sebagian besar untuk kurangnya fitur tertentu eksklusif DS yang tersedia dalam dalam seri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Capcom Entertainment (November 18, 2009). CAPCOM UNVEILS CLASSIC ACE ATTORNEY SERIES FOR WiiWare. Siaran pers. Diakses pada November 18, 2009.
  2. ^ http://shop.capcom.com/servlet/ControllerServlet?Action=DisplayPage&Env=BASE&Locale=en_US&SiteID=capcomus&id=ProductDetailsPage&productID=57588000
  3. ^ a b "On the Wright Track: The Writers of Phoenix Wright's Sequel Discuss Their New Case". 
  4. ^ "N-sider review". 
  5. ^ Napolitano, Jayson (May 12, 2009). "Pimptacular Interview With MadWorld Composer Naoto Tanaka". Original Sound Vision. Diakses May 13, 2009. 
  6. ^ "Phoenix Wright: Ace Attorney Justice for All Reviews". Game Rankings. Diakses February 17, 2009. 
  7. ^ "Phoenix Wright: Ace Attorney – Justice for All Reviews". Metacritic. Diakses February 17, 2009. 
  8. ^ Bettenhausen, Shane (2007-01-18). "Phoenix Wright: Ace Attorney Justice for All Review". 1UP. Retrieved on February 17, 2009.
  9. ^ Wild, Kim (March 12, 2007). "Phoenix Wright: Ace Attorney – Justice for All review". Adventure Gamers. Diakses February 5, 2010. 
  10. ^ "Phoenix Wright: Ace Attorney Justice for All Overview". Allgame. Diakses February 17, 2009. 
  11. ^ Walker, John (2006-11-08). "Phoenix Wright Ace Attorney: Justice for All Review". Eurogamer. Retrieved on February 17, 2009.
  12. ^ ゲームボーイアドバンス - 逆転裁判2. Weekly Famitsu. No.915 Pt.2. Pg.119. 30 June 2006.
  13. ^ "Gyakuten Saiban – Famitsu Scores Archive". Diakses February 17, 2009. 
  14. ^ "Phoenix Wright: Ace Attorney Justice for All". Game Informer. January 2007. Diarsipkan dari aslinya tanggal February 16, 2008. Diakses February 17, 2009. 
  15. ^ "Review: Phoenix Wright: Ace Attorney Justice for All". GamePro. January 16, 2007. Diarsipkan dari aslinya tanggal April 27, 2009. Diakses February 17, 2009. 
  16. ^ "Phoenix Wright: Ace Attorney – Justice for All video game review for the DS". Game Revolution. Diakses February 17, 2009. 
  17. ^ Thomas, Aaron (2007-01-16). "Phoenix Wright: Ace Attorney Justice for All for DS Review". GameSpot. Retrieved on February 17, 2009.
  18. ^ "GameSpy: Phoenix Wright: Ace Attorney – Justice for All Review". GameSpy. Diakses February 17, 2009. 
  19. ^ "Phoenix Wright Ace Attorney: Justice for All Review". GamesRadar. Diakses February 17, 2009. 
  20. ^ "Phoenix Wright 2 – Review". GameTrailers. January 24, 2007. Diarsipkan dari aslinya tanggal July 6, 2007. Diakses February 17, 2009. 
  21. ^ Sandoval, Angelina (2007-01-22). "Phoenix Wright: Ace Attorney Justice for All Review". GameZone. Retrieved on February 17, 2009.
  22. ^ Harris, Craig (2007-01-17). "Phoenix Wright Ace Attorney: Justice for All Review". IGN. Retrieved on February 17, 2009.
  23. ^ "Review: Phoenix Wright: Ace Attorney – Justice for All". Official Nintendo Magazine. January 8, 2008. Diakses February 17, 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]