Phoenix Wright: Ace Attorney: Trials and Tribulations

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Phoenix Wright: Ace Attorney Trials and Tribulations
Pw3-cover-english.jpg
Karakter utama Trials and Tribulations, dari kiri: Godot, Mia, Phoenix, and Maya
Pengembang Capcom
Penerbit Capcom, Nintendo Australia
Sutradara Shu Takumi
Produser Atsushi Inaba
Seniman Tatsuro Iwamoto
Penulis Shu Takumi
Komposer musik Noriyuki Iwadare
Seri Ace Attorney series
Platform Game Boy Advance
PC Windows
Nintendo DS
Wii (via WiiWare)
Tanggal rilis
Genre Petualangan
Mode Pemain tunggal
Media digital/distribusi GBA Cartridge, CD-ROM, Nintendo DS Game Card
Kebutuhan sistem

See Development


Phoenix Wright: Ace Attorney Trials and Tribulations, rilis di Jepang sebagai Gyakuten Saiban 3 (逆転裁判3 lit. "Turnabout Trial 3"?) adalah permainan petualangan novel visual yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Capcom untuk konsol Game Boy Advance. Sebuah versi yang disempurnakan dirilis untuk Nintendo DS. Sebuah port Wii dirilis di Jepang, melalui WiiWare, pada tanggal 23 Februari 2010,[6] mulai tersedia di Amerika Utara dan wilayah PAL pada Mei 2010.[7] Permainan terpusat pada pengacara Phoenix Wright saat ia membela kliennya di pengadilan.

Trials and Tribulations adalah permainan ketiga dalam seri, setelah Phoenix Wright: Ace Attorney dan Justice for All. Dalam judul berikutnya, Apollo Justice: Ace Attorney, Phoenix berperan sebagai pendukung. Ace Attorney Investigations: Miles Edgeworth dirilis pada bulan Februari 2010; itu terjadi sekitar peristiwa Trials and Tribulations, tetapi dengan karakter utama yang berbeda.

Cara bermain[sunting | sunting sumber]

Cara bermain Trials and Tribulations sama dengan permainan Ace Attorney sebelumnya sebagai permainan novel virtual. Trials and Tribulations terdiri dari Investigasi dan Ruang Sidang. Keduanya disajikan dalam gaya novel visual, karena itu, baik cara bermain dan alur cerita yang sangat berhubungan.[8]

Trials and Tribulations tetap memiliki Psyche-Lock seperti dipermainan sebelumnya. Phoenix Wright harus membuka beberapa kunci yang telah ditempatkan di atas hati para saksi untuk mengungkap kebenaran. Psyche-Lock terjadi hanya selama fase investigasi, dan diamati ketika mencoba untuk mengikuti alur pertanyaan dengan orang yang terlibat dalam kasus. Ketika ia mengungkapkan bahwa orang yang memiliki satu atau lebih Psyche-Lock, pemain kemudian dapat memulai memecahkan satu kunci. Biasanya, pemain akan diminta untuk menunjukkan bukti atau lokasi untuk menyelesaikan pertanyaan yang diajukan, jika bukti yang benar digunakan, kemungkinan satu Psyche-Lock akan pecah atau mungkin mengarah pada pertanyaan tambahan. Jika pilihan yang salah dibuat, pemain akan dikurangi darahnya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Kronologi seri Ace Attorney

Latar[sunting | sunting sumber]

Trials and Tribulations, seperti permainan lainnya dalam seri Ace Attorney, terdiri dari beberapa kasus dan pengadilan, yang disebut Turnabout. Dalam setiap Turnabouts, pemain harus membela klien mereka terhadap tuduhan pembunuhan. Pemain mengontrol Mia Fey dalam kasus pertama dan keempat, Phoenix Wright dalam kasus kedua, ketiga, dan kelima, dan Miles Edgeworth dalam kasus kelima.[9]

Cerita[sunting | sunting sumber]

Kasus pertama, Turnabout Memories, menceritakan masa lalu. Phoenix, seorang mahasiswa, yang dituduh membunuh seorang rekan, Doug Swallow. Mia Fey, yang menjabat sebagai pembela satu tahun setelah kasus pertamanya, menemukan pembunuh yang sesungguhnya, Dahlia Hawthorne. Dahlia telah berusaha untuk menggunakan Phoenix untuk menutupi pembunuhan sebelumnya, dengan memberinyakan bukti penting kepada Phoenix. Ketika Dahlia kemudian mencoba untuk mengambilnya dari Phoenix, dia menolak, dan Dahlia membuat rencana untuk membunuh Phoenix. Dahlia akhirnya membunuh Swallow yang mengetahui usahanya untuk mendapatkan senjata pembunuh. Dahlia akhirnya dieksekusi untuk pelanggaran ini.

Dalam kasus kedua, the Stolen Turnabout, Phoenix membela seorang pria bernama Ron DeLite dengan tuduhan perampokan dan, kemudian, tuduhan pembunuhan. Ron awalnya dibebankan dengan menjadi Mask☆DeMasque, seorang pencuri master; Ron menegaskan bahwa ia adalah Mask☆DeMasque walaupun tidak melakukan perampokan. Phoenix memperkenalkan bahwa detektif Lukas Atmey adalah Mask☆DeMasque untuk menarik dari perampokan, membersihkan Ron dari tuduhan perampokan. Namun, mereka terkejut karena menemukan bahwa alibi Ron membuatnya tersangka utama dalam pembunuhan CEO sebuah perusahaan keamanan yang terjadi pada waktu yang sama. Phoenix membuktikan bahwa Atmey yang melakukan pembunuhan, dan memalsukan bukti untuk membuat alibi, sehingga dia bisa menghindari tuduhan pembunuhan melalui double jeopardy. Selama persidangan, Phoenix membela kasusnya melawan jaksa misterius bernama Godot, yang minum kopi dengan jumlah berlebihan, memakai visor aneh atas matanya, dan tampaknya memiliki dendam terhadap Phoenix.

Dalam kasus ketiga, Recipe for Turnabout, Maggey Byrde, dari Phoenix Wright: Ace Attorney Justice for All, sekali lagi dituduh melakukan pembunuhan, kali ini terhadap programmer komputer, Glen Elg. Phoenix, menyadari kasus ini, yang terkejut menemukan bahwa orang percaya ia sangat buruk saat membela Maggey di pengadilan. Saat meminta pengadilan ulang, Phoenix menemukan bahwa pembunuhan itu dilakukan oleh seorang rentenir, Furio Tigre, dalam upaya untuk mendapatkan virus komputer dari korbannya yang akan memungkinkan dia untuk melunasi hutang kepada mafia. Tigre melibatkan Maggey sebagai pembunuh, dan menyamar sebagai Phoenix di pengadilan untuk menutupi jejaknya. Phoenix membuktikan Tigre bersalah dengan menipu dia untuk mengidentifikasi sepotong bukti yang pernah dilihat Tigre sebelumnya.

Kasus keempat, Turnabout Beginnings, menceritakan kasus pertama Mia, yang bekerja sama dengan pengacara Diego Armando. Dia membela Terry Fawles dalam pembunuhan Valerie Hawthorne, saudara tiri pacarnya, Dahlia Hawthorne. Ketiganya telah berkoordinasi dalam penculikan, namun Fawles dikhianati oleh orang lain, dan Valerie menjebak Fawles. Fawles melarikan diri dari penjara dan mencoba untuk bertemu dengan Valerie, namun Dahlia membunuh Valerie untuk membungkamnya dan menjadikan Fawles sebagai terdakwa. Mia hampir berhasil dalam membela Fawles dengan melibatkan Dahlia, tapi Fawles meminum racun dan meninggal sebelum kasus tersebut diselesaikan. Beberapa bulan kemudian Armando merencanakan pertemuan dengan Dahlia di gedung pengadilan. Dahlia memberikan racun dikopi Armando, untuk membunuh dia. Untuk menyembunyikan bukti, dia memberikan botol berisi racun ke Phoenix, yang kebetulan mengunjungi gedung pengadilan pada waktu itu, seperti di Turnabout Memories.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "逆転裁判3" (dalam bahasa Japanese). Nintendo Japan. Diakses 2009-02-19. 
  2. ^ "逆転裁判 3 PC (説明扉付きスリムパッケージ版)" (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses 2009-02-19. 
  3. ^ "逆転裁判3 Best Price!" (dalam bahasa Japanese). Nintendo Japan. Diakses 2009-02-19. 
  4. ^ "Phoenix Wright: Ace Attorney Trials and Tribulations at Nintendo". Nintendo America. Diakses 2009-02-19. 
  5. ^ "Phoenix Wright: Ace Attorney Trials and Tribulations Release Summary". GameSpot. Diakses 2009-02-19. 
  6. ^ a b "Court Records · Wii Gyakuten Saiban - from Famitsu". 
  7. ^ a b Capcom Entertainment (2009-11-18). CAPCOM UNVEILS CLASSIC ACE ATTORNEY SERIES FOR WiiWare. Siaran pers. Diakses pada 2009-11-18.
  8. ^ "IGN - Phoenix Wright: Ace Attorney: Trials and Tribulations". IGN. Diakses 2009-02-20. 
  9. ^ Capcom. Phoenix Wright: Ace Attorney Trials and Tribulations. (Capcom). Nintendo DS. (in English). (2007-10-23)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]