Petŭr II Delyan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Petŭr II Delyan
Tsar Bulgaria
Petŭr Delyan diproklamasikan di Beograd Tsar Bulgaria oleh para pemberontak.
Petŭr Delyan diproklamasikan di Beograd Tsar Bulgaria oleh para pemberontak.
Berkuasa 1040 – 1041
Pendahulu Pressian II
Pengganti Konstantìn Bòdin
Mangkat 1041
Ayah Gavril Radomir dari Bulgaria
Ibu Marguerite dari Hongaria

Petŭr II Delyan[1] (bertakhta 1040 – 1041) (bahasa Bulgaria: Петър II Делян) merupakan seorang pemimpin pemberontakan melawan pemerintahan Bizantium dalam Tema Bulgaria selama musim panas tahun 1040. Dia memproklamasikan Tsar Bulgaria, sebagai cucu Samuil di Beograd. Nama aslinya mungkin hanya Delyan, dalam hal ini ia mengambil nama Petŭr II pada aksesinya, memperingati Kaisar suci Petŭr I, yang meninggal pada tahun 970. Tahun kelahirannya tidak pasti, tetapi mungkin tidak lama setelah tahun 1000, dan sebelum tahun 1014. Dia mungkin meninggal pada tahun 1041.

Asal[sunting | sunting sumber]

Asal-usulnya tidak jelas. Ia mengaku bahwa ia adalah putra Kaisar Gavril Radomir dan cucu dari Samuil dari Bulgaria, tetapi ia juga bisa menjadi orang pribumi yang menjadi pemimpin pemberontakan dan mengaku sebagai cucu Samuil untuk membenarkan proklamasinya sebagai Tsar Bulgaria.[2]

Delyan sebagai putra Radomir[sunting | sunting sumber]

Mereka yang percaya bahwa ia sebenarnya adalah putra Radomir, berpikir bahwa ia lahir dari pernikahan Radomir dengan Marguerite, saudari Raja István I dari Hongaria (996/997). Ibunda Petŭr diusir saat hamil dari istana Samuil sebelum aksesi Gavril Radomir, tetapi mengingat karier Delyan berikutnya, kemungkinan dia telah lahir dan tinggal di Bulgaria bersama ayahandanya.[3]

Setelah pembunuhan Ivan Vladislav terhadap Gavril Radomir pada tahun 1015 dan penaklukan Bulgaria oleh Kekaisaran Bizantium pada tahun 1018, Delyan ditawan ke Konstantinopel dan menjadi pelayan anggota tak dikenal aristokrasi Bizantium. Dia kemudian melarikan diri dan pergi ke negara ibundanya Hongaria, di mana ia kembali ke Bulgaria dan membangkitkan pemberontakan terhadap kekuasaan Bizantium, mengambil keuntungan dari ketidakpuasan atas pengenaan pajak uang logam oleh pemerintah Bizantium.

Delyan sebagai Bulgaria lokal[sunting | sunting sumber]

Mereka yang menentang teori bahwa ia adalah cucu Samuil dan percaya bahwa ia hanyalah penggugat pribumi Bulgaria bahwa ia diproklamasikan sebagai tsar di Beograd bukan karena itu adalah kota perbatasan pertama antara Kekaisaran Bizantium dan Hongaria yang ia capai ketika ia bergabung dengan mereka sebagai pangeran dari darah bangsawan, tetapi hanya karena itu adalah kota penting pertama yang ditangkap oleh para pemberontak.

Mereka juga menyatakan bahwa sangat tidak mungkin bahwa Ivan Vladislav yang pada tahun 1015 membunuh sepupunya Gavril Radomir (ayahanda Delyan) dan istrinya saat ini Mariya untuk merebut takhta tidak akan membunuh putra Radomir dan ahli waris, jika ia memiliki mereka, untuk mengamankan diri. Telah diketahui bahwa ia juga memerintahkan eksekusi pangeran Serbia Duklja, Jovan Vladimir, yang merupakan menantu laki-laki Samuil (menikah dengan putrinya Theodora-Kosara), karena Vladimir adalah ancaman terhadap posisinya sebagai Tsar Slavonik.

Pemberontakan[sunting | sunting sumber]

Tema di Kekaisaran Bizantium di bawah Basileios II.

Petŭr Delyan adalah seorang pemimpin[4] dari pemberontakan yang pecah pada musim panas tahun 1040 di Tema Bulgaria melawan Kekaisaran Bizantium. Ada dua penyebab utama:

  • Pergantian Keuskupan Agung Bulgaria Ohrid dengan Yunani (1037) dan awal dari proses Hellenisasi
  • Pengenaan pajak dalam bentuk uang logam untuk masyarakat setempat oleh pemerintah Bizantium

Pemberontakan menyebar dan para pemberontak dengan cepat menguasai bagian utara Pomoravlje dan membebaskan Beograd. Delyan diumumkan sebagai kaisar (Tsar) Bulgaria di sana dan mengambil nama Petŭr II setelah dibesarkan di atas perisai oleh para pemimpin perlawanan. Ia telah dinyatakan sah sebagai cucu Samuil.[5] Dia mungkin menikmati dukungan dari Kerajaan Hungaria.

Bulgaria di bawah Petŭr II Delyan

Petŭr II Delyan mengambil Niš dan Skopje, pertama mengkooptasi dan kemudian menghilangkan pemimpin potensi lain dalam prbadi satu Tihomir, yang telah memimpin pemberontakan di wilayah Durrës. Setelah ini Petŭr II berbaris di Tesalonika, di mana Kaisar Bizantium Mikhael IV tinggal. Dikalahkan, ia melarikan diri, meninggalkan perbendaharaannya ke Mikhael Ivac. Yang terakhir, yang mungkin adalah putra Ivac, seorang jenderal di bawah Samuil dari Bulgaria, segera menyerahkan sebagian besar perbendaharaan kepada Petŭr di luar kota. Tesalonika tetap berada di tangan Bizantium, tetapi Makedonia, Durrës, dan bagian-bagian Yunani utara diambil oleh pasukan Petŭr II. Hal ini mengilhami lebih lanjut Slavia memberontak melawan pemerintahan Byzantium di Epirus dan Albania.

Keberhasilan Petŭr II Delyan berakhir, bagaimanapun, dengan campur tangan dari sepupunya  Alusian. Alusian, yang ayahandanya Ivan Vladislav telah membunuh ayahanda Petŭr, Gavril Radomir pada tahun 1015, bergabung dengan pangkat Petŭr II sebagai pembelot yang jelas dari istana Bizantium, di mana dia telah dipermalukan. Alusian disambut oleh Petŭr II, yang memberinya pasukan untuk menyerang Tesalonika. Pengepungan itu, bagaimanapun, dibesarkan oleh Bizantium, dan tentara dikalahkan. Alusian nyaris kabur dan kembali ke Ostrovo.

Petŭr Delyan, Tihomir dan pemberontak Bulgaria.

Pada tahun 1041, satu malam saat makan malam, sementara Delyan mabuk, Alusian memotong hidungnya dan membutakannya dengan pisau dapur. Karena Alusian adalah darah Samuil dari Bulgaria, ia segera memproklamirkan kaisar di tempat Petŭr II oleh pasukannya, tapi dia bersekongkol untuk membelot ke Bizantium. Ketika pasukan Bulgaria dan Bizantium sedang bersiap untuk pertempuran, Alusian pergi ke musuh dan menuju Konstantinopel, di mana harta dan tanahnya dikembalikan kepadanya, dan dia dihadiahi pangkat magistros.

Sementara itu, meski buta, Petŭr II Delyan melanjutkan kembali komando pasukan Bulgaria, tetapi Kaisar Bizantium Mikhael IV bertekad untuk mengambil keuntungan dari situasi dan maju melawan mereka. Dalam pertempuran Ostrovo yang tidak jelas, Bizantium mengalahkan Bulgaria dan pasukan Petŭr II Delyan ditangkap dan dibawa ke Konstantinopel, di mana ia mungkin dieksekusi. Menurut beberapa legenda dia kemudian diasingkan ke sebuah biara di Ngarai Iskar, di Pegunungan Balkan, di mana ia meninggal.

Saga-saga Norse mengacu pada partisipasi Raja Norwegia masa depan, Harald Hardrada, yang diduga menebas Petŭr II di medan pertempuran sebagai anggota Garda Varangia. Tradisi ini mungkin didukung oleh referensi singkat dalam apa yang disebut "Kronik Apokrif Bulgaria". Dalam kedua kasus, Petŭr II Delyan mungkin telah meninggal pada tahun 1041.

Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Titik Delyan di Pulau Smith di Kepulauan Shetland Selatan, Antartika dinamai seperti Petŭr Delyan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Йордан Андреев, Милчо Лалков, Българските ханове и царе, Велико Търново, 1996.
  • Васил Златарски. Въстанието на Петра Делян в 1040 г. Saya изд. София 1918; II изд., Наука и изкуство, София 1970
  • БУНТАРИ И АВАНТЮРИСТИ В СРЕДНОВЕКОВНА БЪЛГАРИЯ, Пламен Павлов, Второ издание, 2005 - ISBN 954-304-152-0
  • Цар Петър Делян, Радко Радков-ИК "Абагар Велико Търново", 2001-10-25

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Йордан Андреев - "Българските ханове и царе VІІ-ХІV век. Историческо-хронологичен справочник", държавно издателство "Д-р Петър Берон", София, 1988 г.
  2. ^ The wars of the Balkan Peninsula: their medieval origins. Alexandru Madgearu, Martin Gordon, Publisher Scarecrow Press, 2008, ISBN 0-8108-5846-0, pp. 63-66.
  3. ^ Fine 1991.
  4. ^ David F. Burg (9 January 2004). A World History of Tax Rebellions: An Encyclopedia of Tax Rebels, Revolts, and Riots from Antiquity to the Present. Taylor & Francis. hlm. 74–. ISBN 978-0-203-50089-7. 
  5. ^ Florin Curta (31 August 2006). Southeastern Europe in the Middle Ages, 500-1250. Cambridge University Press. hlm. 283–. ISBN 978-0-521-81539-0. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Pressian II (1018) dan penguasa Bizantium
Kaisar Bulgaria
1040–1041
Diteruskan oleh:
Penguasa Bizantium dan Konstantìn Bòdin sbg Petŭr III (1072)