Pressian II dari Bulgaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pressian II
Пресиян ІІ
Tsar Bulgaria
Presian II of Bulgaria.jpg
Berkuasa1018
PendahuluIvan Vladislav
PenerusPetŭr II Delyan
Lahirskt. 996
Bulgaria
Wafatskt. 1060
Hongaria
AyahIvan Vladislav
IbuMariya (istri Ivan Vladislav)
PasanganTidak diketahui
AgamaOrtodoks Bulgaria

Pressian II (bahasa Bulgaria: Пресиян II) (atau juga Prussian) merupakan seorang kaisar (tsar) Bulgaria untuk waktu yang singkat pada tahun 1018. Tahun kelahirannya mungkin 996/997; ia mungkin telah meninggal di pengasingan pada tahun 1060/1061. Dia jelas merupakan penuntut yang sah dan tak tertandingi atas mahkota Bulgaria pada tahun 1018 dan bertanggung jawab atas perlawanan terhadap penaklukan Bizantium, tetapi kekuasaannya yang sementara dan terbatas telah mengakibatkan kelalaiannya dari sebagian besar daftar raja Bulgaria.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pressian II adalah putra sulung Kaisar Ivan Vladislav dari Bulgaria dan istrinya Mariya (istri Ivan Vladislav).[1][2] Setelah kematian Ivan Vladislav di pengepungan Drach pada bulan Februari 1018, Kaisar Bizantium Basileios II menyerang Bulgaria dan dengan cepat memperoleh penyerahan sebagian besar bangsawan, termasuk janda Permaisuri Maria dan Patriark Bulgaria Ĭoan Debŭrski/David.

Pressian yang sedang ditonsur, dari Madrid Skylitzes, Fol. 203v

Meskipun ibu kota Ohrid juga menyerah, beberapa bangsawan dan tentara berunjuk rasa di sekitar Pressian II sebagai penerus ayahandanya. Kaisar muda dan saudara-saudaranya, Aron dan Alusian, memimpin oposisi yang pasti terhadap penaklukan Bizantium di dan di sekitar gunung Albania Tomorr selama blokade Bizantium yang panjang pada tahun 1018. Akhirnya Pressian II dan saudara-saudaranya dipaksa menyerah dan diintegrasikan ke istana bangsawan di Konstantinopel. Di sana Pressian diberikan gelar magistros, mencerminkan penguasa Bulgaria terakhir yang digulingkan oleh Bizantium, Boris II.

Sekitar satu dekade kemudian, pada akhir tahun 1020-an, Pressian terlibat dalam konspirasi suami saudara perempuannya, Romanos Kourkouas, melawan Kaisar Konstantinos VIII. Kembali dari pengasingan setelah aksesi Romanos III Argyros pada tahun 1029, Pressian sekali lagi terlibat dalam sebuah plot, bersama dengan Maria. Kali ini Pressian berencana untuk menikahi Theodora, putri Konstantinos VIII, dan untuk merebut takhta. Plot itu dipergoki, Pressian dibutakan dan ditonsur sebagai biarawan pada tahun 1030. Nasib berikutnya tidak diketahui, tetapi batu nisan dari "Pangeran Pressian" tertentu yang ditemukan di Michalovce, Slowakia (saat itu bagian dari Hongaria), dapat menunjukkan bahwa ia mungkin beremigrasi ke Kerajaan Hongaria di mana ia meninggal pada tahun 1060/1061.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ IVAN VLADISLAV Tsar of the Bulgarians
  2. ^ Anthony Kaldellis (2017). Streams of Gold, Rivers of Blood: The Rise and Fall of Byzantium, 955 A.D. to the First Crusade.
  • John V.A. Fine Jr., The Early Medieval Balkans, Ann Arbor, 1983.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Ivan Vladislav
Tsar Bulgaria
1018
Diteruskan oleh:
Lowong
Gelar selanjutnya dipegang oleh
Petŭr II