Pembukaan Inggris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pembukaan Inggris
abcdefgh
8
Chessboard480.svg
a8 black rook
b8 black knight
c8 black bishop
d8 black queen
e8 black king
f8 black bishop
g8 black knight
h8 black rook
a7 black pawn
b7 black pawn
c7 black pawn
d7 black pawn
e7 black pawn
f7 black pawn
g7 black pawn
h7 black pawn
c4 white pawn
a2 white pawn
b2 white pawn
d2 white pawn
e2 white pawn
f2 white pawn
g2 white pawn
h2 white pawn
a1 white rook
b1 white knight
c1 white bishop
d1 white queen
e1 white king
f1 white bishop
g1 white knight
h1 white rook
8
77
66
55
44
33
22
11
abcdefgh
Langkah1.c4
ECOA10–A39
AsalStaunton vs. Saint-Amant, 1843
Dinamai dariHoward Staunton, Pecatur Inggris dan Juara Dunia (tidak resmi)
TermasukPembukaan sayap

Pembukaan Inggris adalah pembukaan catur yang dimulai dengan langkah:

1. c4

Sebuah pembukaan sayap, ini adalah langkah pertama Putih paling populer keempat[1][2] dan menurut berbagai basis data, salah satu dari dua paling sukses[1] sampai keempat[3] dari dua puluh kemungkinan langkah pertama Putih. Putih memulai pertarungan untuk petak tengah dengan mempertaruhkan klaim atas petak d5 dari sayap, dalam gaya hipermodern. Meskipun banyak urutan langkah dalam pembukaan ini memiliki karakter yang berbeda, pembukaannya sering kali digunakan sebagai perangkat transposisi dengan cara yang sama seperti 1.Nf3 - untuk menghindari tanggapan yang sangat diwanti terhadap 1.d4 seperti Pertahanan Nimzo-India dan Pertahanan Grünfeld, dan dianggap dapat diandalkan dan fleksibel.[4]

Pembukaan Inggris memperoleh namanya dari juara dunia (tidak resmi) Howard Staunton, yang memainkannya selama pertandingan pada 1843 melawan Saint-Amant, serta di Turnamen catur London 1851, turnamen internasional pertama.[5] Pembukaan ini tidak menginspirasi pecatur kontemporer Staunton dan mulai dikenal pada abad ke-20.[5] Saat ini diakui sebagai pembukaan solid yang dapat digunakan untuk mencapai baik posisi klasik maupun hipermodern. Mikhail Botvinnik, Tigran Petrosian, Anatoly Karpov, Garry Kasparov, dan Magnus Carlsen menggunakannya selama pertandingan kejuaran dunia mereka. Bobby Fischer membuat kegemparan ketika ia beralih dari kebiasaannya 1.e4 pada akhir karirnya, menggunakannya melawan Lev Polugaevsky dan Oscar Panno di Palma de Mallorca Interzonal pada 1970, serta pertandingan kejuaraan dunianya melawan Boris Spassky.


Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Teoretikus pembukaan yang menulis Pembukaan Inggris membaginya menjadi tiga kategori besar, umumnya ditentukan oleh pilihan pengaturan pertahanan Hitam.

Pertahanan Simetris: 1...c5 [sunting | sunting sumber]

Pertahanan Simetris (diklasifikasikan A30–39 dalam ECO), dengan 1...c5, serta dinamai demikian karena kedua bidak-c maju dua petak, mempertahankan simetri. Perhatikan bahwa Hitam dapat mecapai Pertahanan Simetris melalui banyak urutan langkah dengan menunda ...c5, dan sering kali begitu. Misalnya, 1.c4 Nf6 2.Nc3 (atau 2.Nf3) c5 adalah Pertahanan Simetris meski Hitam memainkan ...Nf6 sebelum ...c5.

Ada beberapa jenis posisi yang dapat muncul dari Pertahanan Simetris. Ide-idenya antara lain:[6]

  • Sistem landak[7] melibatkan pertahanan solid tapi fleksibel dengan Hitam berkembang dengan b6, e6, Bb7, dan Be7, sebelum mengontrol baris ke-5 dengan langkah seperti a6 dan d6. Permainan ini biasanya melibatkan manuver yang panjang, tetapi kedua pemain harus waspada terhadap kemajuan bidak yang menguntungkan serta patahan bidak.
  • Pertahanan fianchetto ganda melibatkan Hitam mengembangkan kedua gajah dengan fianchetto ke g7 dan b7. Urutan ini cukup solid dan sulit dikalahkan di tingkat grandmaster. Beberapa urutan dianggap sangat cenderung seri, misalnya jika gajah Putih juga fianchetto ke g2 dan b2 mungkin ada banyak penyederhanaan yang mengarah pada posisi yang disederhanakan dan setara.

Salah satu pemain dapat melakukan patahan di awal di tengah/pusat dengan bidak-d.

  • Langkah dini d2-d4 untuk Putih dapat muncul pada 1.c4 c5 2.Nf3 Nf6 3.d4. Karena posisi ini sering dicapai setelah transposisi 1.d4 Nf6 2.c4 c5 3.Nf3, di mana Putih menghindari Pertahanan Benoni yang dapat muncul setelah 3.d5, urutan ini sering disebut Anti-Benoni. Permainan dapat menghasilkan berbagai macam ide posisi dan taktik. Gim biasanya dilanjutkan dengan 3...cxd4 4.Nxd4 ketika Hitam dapat memilih antara langkah tajam 4...e5 atau yang lebih tenang seperti sistem landak dengan 4...b6 atau yang lebih umum 4...e6.
  • Urutan langkah tipikal di mana Hitam memainkan d5 di awal adalah 1.c4 c5 2.Nc3 Nf6 3.Nf3 d5, ketika Putih biasanya saling menukar di tengah dengan 4.cxd5 Nxd5. Putih dapat menantang petak tengah dengan 5.d4 atau 5.e4 atau membiarkan Hitam memperoleh keuntungan ruang di tengah dengan 5.g3. Dalam kasus terakhir, Hitam dapat memainkan 5...Nc6 6.Bg2 Nc7 diikuti dengan 7...e5, mencapai posisi Maróczy Bind terbalik yang disebut Sistem Rubinstein.

Sisilia terbalik: 1...e5 [sunting | sunting sumber]

Sisilia terbalik (diklasifikasikan A20–29 dalam ECO adalah kategori luas pertahanan yang lain, diperkenalkan dengan respon 1...e5. Perhatikan lagi bahwa Hitam dapat menunda langkah ...e5, misalnya 1.c4 Nf6 2.Nc3 Nc6 3.Nf3 e5 dan meskipun ...e5 ditunda, setelah dimainkan pertahanan ini diklasifikasikan sebagai Sisilia Terbalik.

Setelah 1...e5, Putih ada di posisi Hitam dalam Sisilia tetapi dengan tempo ekstra. Ini sering disebut sebagai Sisilia Terbalik,[8] meski yang lain menyebutya Inggris Raja.[9] Bruce Leverett, menulis bab Pembukaan Inggris di MCO-14, menyatakan, "Adalah wajar untuk melawan Inggris dengan Sisilia terbalik, tetapi hasilnya sering mengejutkan—urutan utama dalam Pertahanan Sisilia berkaitan dengan variasi samping yang kabur dalam Inggris, serta sebaliknya."

Urutan lainnya [sunting | sunting sumber]

Kategori luas ketiga adalah respon non-...e5 dan non-...c5, yang diklasifikasikan A10–19 dalam ECO. Paling sering pertahanan ini terdiri dari respon sistemik ...Nf6, ...e6, dan ...d5 atau ...Bb4 oleh Hitam, atau sistem seperti Slavia yang terdiri dari ...c6 dan ...d5, pengaturan langsung Pertahanan India Raja dengan ...Nf6, ...g6, ...Bg7, ...0-0, setelah itu ...c5 dan ...e5 dihindari, atau 1...f5, yang biasanya bertransposisi ke Pertahanan Belanda setelah Putih memainkan d4. Semua respon tidak beraturan seperti 1...b6 dan 1...g5 juga disatukan ke dalam kategori luas ketiga ini.

Respon umum meliputi:[1]

  • 1...Nf6
    Tanggapan paling umum terhadap 1.c4, sering dimainkan untuk mencapai Pertahanan India. Namun, lebih dari separuhnya, Hitam kemudian memilih untuk bertransposisi ke Pertahanan Simetris dengan ...c5, atau Sisilia Terbalik dengan ...e5.
  • 1...e6
    Dapat menuju ke Gambit Menteri Ditolak setelah 2.Nc3 d5 3.d4, tetapi Putih sering menyukai 2.Nf3, yang dapat menuju ke berbagai pembukaan.
  • 1...f5
    Menuju ke Pertahanan Belanda ketika Putih menindaklanjuti dengan d4. Pilihan lainnya bagi Putih adalah 2.Nc3, 2.Nf3, dan 2.g3, di mana Hitam biasanya memainkan ...Nf6.
  • 1...g6
    Dapat menuju ke Pertahanan Modern atau setelah Nf6 dan d6 atau d5 ke Pertahanan India Raja atau Pertahanan Grünfeld secara berurutan, atau tetap dalam urutan Inggris. Sering dijuluki variasi Ular Besar.
  • 1...c6
    Dapat menuju ke Pertahanan Slavia setelah 2.d4 d5, tapi Putih akan lebih suka Pertahanan Caro–Kann dengan 2.e4 d5, atau Pembukaan Réti setelah 2.Nf3 d5 3.b3.
  • 1...b6
    Pertahanan Inggris. Pengaturan ini melibatkan fianchetto dari gajah sayap menteri dan 2...e6. Sering kali Hitam akan menunda langkah ...Nf6, memilih untuk menyerang petak tengah dengan ...f5 dan/atau ...Qh4. Grandmaster Inggris Tony Miles dan Jonathan Speelman telah sukses menggunakan pembukaan ini.
  • 1...d5
    Pertahanan Anglo-Skandinavia.[10] Setelah 2. cxd5, Hitam dapat melanjuti baik dengan 2...Qxd5, 2...Nf6, atau yang beresiko 2...c6, Gambit Beirut. 2...c6 dianggap sebagai langkah meragukan, memberikan Hitam kompensasi yang dipertanyakan untuk bidak, tetapi secara mengejutkan memiliki tingkat kemenangan yang sangat tinggi.[11]
  • 1...g5
    Tanggapan eksentrik yang dikenal sebagai Pertahanan Myers dari anjuran Hugh Myers dalam bentuk cetak dan permainan yang sebenarnya.[12][13][14] Pertahanan ini dimaksudkan sebagai Serangan Grob yang ditingkatkan; setelah 2.d4, Hitam akan memberi tekanan pada petak d4 dengan langkah seperti ...Bg7, ...c5, dan ...Qb6.[13][15] Menurut Nunn's Chess Openings, Putih memperoleh keuntungan kecil setelah 2.d4 Bg7 (menawarkan gambit serupa Grob: 3.Bxg5 c5) 3.Nc3 h6 4.e4.[16] Myers merekomendasikan 3...c5 (daripada 3...h6); sebagai respon, Joel Benjamin menganjurkan 4.dxc5![13]
  • 1...b5
    Disebut Gambit Jaenisch dari Carl Jaenisch.[17] Hitam tidak mendapatkan kompensasi dari bidak yang dikorbankan,[18] meskipun 365Chess Opening Explorer menunjukkannya sebagai langkah berpotensi tinggi bagi Hitam. Master FIDE Artem Kopyl telah menggunakannya dengan sukses.[19]

Potensi transposisi[sunting | sunting sumber]

Jika Putih memainkan d4 di awal, permainan biasanya akan berubah (transposisi) menjadi Gambit Menteri atau Pertahanan India. Misalnya, setelah 1.c4 Nf6 2.Nc3 g6 3.d4 d5 permainan akan bertransposisi menjadi Pertahanan Grünfeld, biasanya dicapai dengan urutan langkah 1.d4 Nf6 2.c4 g6 3.Nc3 d5.

Bagaimanapun, Putih dapat juga memainkan 1.c4 Nf6 2.Nc3 g6 3.e4, menjadikannya mustahil bagi Hitam untuk mencapai Grünfeld, sebaliknya lebih atau kurang memaksanya masuk ke deretan Pertahanan India Raja dengan 3...d6. Hitam juga tidak dapat memaksa Grünfeld dengan 1.c4 Nf6 2.Nc3 d5, karena Putih dapat menyimpang dengan 3.cxd5 Nxd5 4.g3, urutan yang dimainkan beberapa kali oleh Mikhail Botvinnik pada 1958, dalam pertandingan terakhirnya untuk kejuaraan dunia melawan Vasily Smyslov.

Alih-alih memainkan d4 di awal, Putih dapat juga memainkan Nf3 dan fianchetto gajah raja (g3 dan Bg2), bertransposisi menjadi Pembukaan Réti.

Selain itu, setelah 1.c4 c6, Putih dapat beralih ke Pembukaan Polandia, Variasi Mengepung, dengan memainkan 2.b4!?, yang dapat digunakan sebagai senjata kejutan jika Hitam tidak tahu banyak tetang Pembukaan Polandia.[20]

Banyaknya kemungkinan transposisi yang tersedia bagi Putih menjadikannya sebagai pembukaan yang licin bagi Hitam untuk bertahan, dan membuatnya perlu untuk mempertimbangkan dengan hati-hati urutan langkah apa yang harus diambil. Misalnya, jika Hitam ingin memainkan Gambit Menteri Ditolak (Queen's Gambit Declined, QGD), urutan langkah yang paling akurat adalah 1...e6 2.d4 d5. (Tentu saja Putih dapat memainkan Réti sebagai gantinya dengan 2.Nf3 d5 3.b3.) Jika Hitam justru memainkan 1...Nf6 2.Nc3 e6, Putih dapat menghindari QGD dengan 3.e4, Serangan Flohr–Mikenas.

ECO[sunting | sunting sumber]

Encyclopaedia of Chess Openings mengklasifikasikan Pembukaan Inggris di bawah kode A10 sampai A39:

  • A10 1.c4
  • A11 1.c4 c6
  • A12 1.c4 c6 2.Nf3 d5 3.b3
  • A13 1.c4 e6
  • A14 1.c4 e6 2.Nf3 d5 3.g3 Nf6 4.Bg2 Be7 5.0-0
  • A15 1.c4 Nf6
  • A16 1.c4 Nf6 2.Nc3
  • A17 1.c4 Nf6 2.Nc3 e6
  • A18 1.c4 Nf6 2.Nc3 e6 3.e4 (Variasi Mikenas–Carls)
  • A19 1.c4 Nf6 2.Nc3 e6 3.e4 c5
  • A20 1.c4 e5
  • A21 1.c4 e5 2.Nc3
  • A22 1.c4 e5 2.Nc3 Nf6
  • A23 1.c4 e5 2.Nc3 Nf6 3.g3 c6 ( Sistem Bremen, Variasi Keres)
  • A24 1.c4 e5 2.Nc3 Nf6 3.g3 g6 (Sistem Bremen dengan ...g6)
  • A25 1.c4 e5 2.Nc3 Nc6
  • A26 1.c4 e5 2.Nc3 Nc6 3.g3 g6 4.Bg2 Bg7 5.d3 d6
  • A27 1.c4 e5 2.Nc3 Nc6 3.Nf3 (Sistem Tiga Kuda)
  • A28 1.c4 e5 2.Nc3 Nc6 3.Nf3 Nf6
  • A29 1.c4 e5 2.Nc3 Nc6 3.Nf3 Nf6 4.g3 (Empat Kuda, Fianchetto Sayap Raja)
  • A30 1.c4 c5 (Variasi simetris)
  • A31 1.c4 c5 2.Nf3 Nf6 3.d4 (Simetris, Formasi Benoni)
  • A32 1.c4 c5 2.Nf3 Nf6 3.d4 cxd4 4.Nxd4 e6
  • A33 1.c4 c5 2.Nf3 Nf6 3.d4 cxd4 4.Nxd4 e6 5.Nc3 Nc6
  • A34 1.c4 c5 2.Nc3
  • A35 1.c4 c5 2.Nc3 Nc6
  • A36 1.c4 c5 2.Nc3 Nc6 3.g3
  • A37 1.c4 c5 2.Nc3 Nc6 3.g3 g6 4.Bg2 Bg7 5.Nf3
  • A38 1.c4 c5 2.Nc3 Nc6 3.g3 g6 4.Bg2 Bg7 5.Nf3 Nf6
  • A39 1.c4 c5 2.Nc3 Nc6 3.g3 g6 4.Bg2 Bg7 5.Nf3 Nf6 6.0-0 0-0 7.d4

Penggambaran di film[sunting | sunting sumber]

Pembukaan Inggris digunakan oleh Profesor Moriarty dalam film Sherlock Holmes: A Game of Shadows ketika ia dan Holmes mendiskusikan rencana persaingan mereka dalam permainan catur. Baik Holmes dan Moriarty akhirnya memainkan langkah-langkah akhirnya dengan mata tertutup dengan menyebutkan langkah mereka dalam notasi deskriptif (tidak dengan aljabar, karena yang pertama merupakan sistem kontemporer pada akhir abad ke-19), berakhir dengan Holmes mensekakmat Moriarty, bersamaan dengan Dr. Watson menggagalkan rencana Moriarty.

1.c4 juga digunakan dalam Pengorbanan Bidak oleh Bobby Fischer dalam pertandingan puncak gim ke-6 Kejuaraan Catur Dunia 1972 melawan Boris Spassky.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Meyer-Kahlen, Stefan. "Shredder opening database statistics". Diakses tanggal 2008-01-19. 
  2. ^ "Chess Opening Explorer". Chessgames.com. Diakses tanggal 2008-01-19. 
  3. ^ "Chess Openings Database statistics". Diakses tanggal 2009-08-16. 
  4. ^ Chess Life. 59 (edisi ke-1–7). United States Chess Federation. 2004. hlm. 303. 
  5. ^ a b De Firmian, Nick (2008). Modern Chess Openings: MCO-15. New York: David McKay Co. hlm. 675. ISBN 978-0-8129-3682-7. 
  6. ^ Cummings, David (October 1, 2001). Symmetrical English. Everyman Chess. ISBN 978-1-85744-292-2. 
  7. ^ De Firmian, Nick (1999). Modern Chess Openings: MCO-14. New York: David McKay Co. hlm. 661–65. ISBN 0-8129-3084-3. 
  8. ^ Weeks, Mark. "Chess Opening Tutorial : English – 1...e5". About, Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 3, 2007. Diakses tanggal 2008-01-19. 
  9. ^ Kasparov, Gary; Keene, Raymond (1982). Batsford Chess Openings. B.T.Batsford Ltd. ISBN 0-7134-2114-2. 
  10. ^ https://www.chess.com/openings/A10-English-Opening-Anglo-Scandinavian-Defense
  11. ^ https://www.365chess.com/opening.php?m=5&n=722&ms=c4.d5.cxd5.c6&ns=15.721.294.722
  12. ^ ChessBase.com, Hugh Myers (1930–2008), opening theoretician (2008-12-25). Retrieved on 2008-12-25.
  13. ^ a b c Stefan Bücker, The Impoliteness of Ice Age Openings. Retrieved on 2005-12-27.
  14. ^ Rick Kennedy, Review of A Chess Explorer. Retrieved on 2008-12-27.
  15. ^ Watson remarks, "Note ... how White (by his shockingly committal first move) has forfeited his chance for [c3], the key move in several of the most effective defences to Grob's Attack". John L. Watson, English: Franco, Slav and Flank Defences, Batsford, 1981, p. 103. ISBN 0-7134-2690-X. Watson considers 1...g5 "playable". Id.
  16. ^ John Nunn, Graham Burgess, John Emms, and Joe Gallagher, Nunn's Chess Openings, Everyman Publishers, 1999, p. 19 n. 1. ISBN 1-85744-221-0.
  17. ^ "A10: English, Jaenisch gambit - 1. c4 b5 - Chess Opening explorer". www.365chess.com. Diakses tanggal 3 April 2018. 
  18. ^ Schiller, Eric (1998). "English Opening • Halbut Gambit". Unorthodox Chess Openings. Cardoza Publishing. hlm. 135–36. ISBN 0-940685-73-6. 
  19. ^ Igor Egorenkov vs. Artem Kopyl https://www.365chess.com/game.php?gid=3513730
  20. ^ Silman, Jeremy (2004). "The Dynamic English". Diakses tanggal 2008-01-19. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]