Raja (catur)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Raja putih
Raja hitam
Buah catur
Chess klt45.svgChess kdt45.svg
Raja
Chess qlt45.svgChess qdt45.svg
Menteri
Chess rlt45.svgChess rdt45.svg
Benteng
Chess blt45.svgChess bdt45.svg
Gajah
Chess nlt45.svgChess ndt45.svg
Kuda
Chess plt45.svgChess pdt45.svg
Bidak

Raja (, ) adalah buah catur yang paling berharga dalam permainan catur. Raja dapat melangkah ke petak di dekatnya, dan juga melakukan rokade. Apabila raja milik pemain terancam untuk dimakan, maka dapat dikatakan sekak. Dalam keadaan tersebut, pemain harus memindahkan ke petak yang aman, dan buah-buah catur lainnya tidak dapat bergerak (kecuali untuk menahan serangan buah catur musuh). Apabila ancaman tersebut tidak dapat dihindari, raja dapat dinyatakan sekakmat, dan demikian dapat dikatakan bahwa pemain dinyatakan kalah. Pemain tidak dapat mengerakkan buah catur lain pada saat disekak.

Dalam notasi aljabar, raja disingkat menggunakan huruf R (Raja) dalam bahasa Indonesia,[1] dan K (King) dalam bahasa Inggris. Raja putih berawal di e1, sedangkan raja hitam berawal di e8. Tidak seperti buah catur lainnya, masing-masing raja milik pemain tidak pernah dihilangkan dari papan.

Posisi dan cara melangkah[sunting | sunting sumber]

Dalam sudut pandang pemain Putih, Raja putih berawal di e1, di baris pertama dan disamping kanan menteri. Sementara itu, raja hitam berawal di e8, yang berseberangan dengan raja putih. Masing-masing raja berawal di suatu petak dengan warna yang berlawanan.

Raja dapat melangkah satu petak secara horizontal, vertikal, ataupun diagonal. Raja tidak dapat melangkah bila sudah ada buah catur (kawan) lain di petak yang ingin dilangkah atau petak dimana buah catur milik musuh men-sekaknya. Apabila suatu petak diambil oleh buah catur musuh yang tidak dilindungi, raja dapat memakannya (atau lebih tepatnya, menghilangkannya dari permainan). Dalam men-sekak, raja tidak dapat melangkah ke petak di dekatnya jika petak tersebut berada di dekat raja musuh, karena hal tersebut dapat mengakibatkan raja yang melangkahnya juga terkena sekak. Akan tetapi, raja dapat men-sekak tarik (discovered check) dengan memblokir serangan tersebut dengan gajah, benteng, atau menteri.

Rokade[sunting | sunting sumber]

abcdefgh
8
Chessboard480.svg
c8 black king
d8 black rook
h8 black rook
a1 white rook
f1 white rook
g1 white king
8
77
66
55
44
33
22
11
abcdefgh
Rokade antara raja dengan benteng.

Raja dapat melakukan langkah yang dikenal rokade. Saat rokade, raja bergerak dua langkah secara horizontal ke arah salah satu benteng, dan benteng dapat berpindah ke petak saat raja melintasinya.

Rokade dapat diperbolehkan, asalkan mengikuti syarat-syarat berikut:

  • Raja dan benteng tidak boleh melangkah sama sekali.
  • Tidak ada buah catur lain di antara benteng dan raja, dengan kata lain, harus kosong.
  • Raja tidak di-sekak.
  • Tidak ada serangan musuh di petak di antaranya.

Dalam notasi aljabar, rokade dengan benteng di lajur-h diberi notasi 0-0, sedangkan rokade dengan benteng di lajur-a diberi notasi 0-0-0.


Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Magethi 2000), hlm. 12

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Magethi, Bey (2000), Bagaimana Memahami Permainan Catur, Pionir Jaya Bandung