Pembicaraan:Sejarah Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
ProyekWiki Indonesia (Dinilai kelas B, Top)
Ikon ProyekWikiArtikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Indonesia, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Indonesia dan topik yang berkaitan dengan Indonesia di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 B  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas B pada skala kualitas proyek.
 Sangat tinggi 
Sangat penting
 
Mantan AP Artikel ini adalah mantan calon artikel pilihan. Silakan lihat halaman penilaiannya untuk mengetahui mengapa pengusulannya gagal.

Perang[sunting sumber]

Perang Britania/Inggris melawan Belanda itu terjadi pada tahun 1811 [1]. Tetapi apa yang disebut perang Jawa adalah Perang Diponegoro yang berkecamuk antara 1825-1830. Mungkin di artikel Wiki Inggris ada kesalahan! Meursault2004 15:41, 2 Apr 2005 (UTC)

Anda memang benar. Tadi memang saya salah ganti. Berarti Perang jw brit-belanda yg disebut lebih awal adalah benar dan yg selanjutnya (para. 3) adalah prg diponegoro kan? Agak membingungkan sih, soalnya di Wiki Inggris kedua2nya sama, dan saya mmg uda lupa ama pelajaran sejarah di SD dulu :-) Thx buat koreksinya! Saya akan coba tanyakan di artikel ver. Inggrisnya juga. Hayabusa future 15:59, 2 Apr 2005 (UTC)
Saya lihat Anda sudah mengoreksi di ver. Inggrisnya (dan ternyata sekaligus memulai artikel baru!). Hayabusa future 16:03, 2 Apr 2005 (UTC)

Kebetulan saja ingat. Dulu pernah membaca artikel tentang perang Inggris-Belanda, hehehe. Silahkan memperbaiki article Inggrisnya juga :-) Meursault2004 16:06, 2 Apr 2005 (UTC)


Timor Timur[sunting sumber]

Hmmm.... apakah penerjemahan artikel ini perlu disesuaikan dgn versi Indonesia? Dunia luar melihat Indonesia menjajah Timor Timur sedangkan versi Indonesia tidak. Susah mengetahui mana yg benar atau salah... Bagaimana ya? Hayabusa future 10:04, 5 Mei 2005 (UTC)

Karena hal ini sensitif seyogyanya memang disesuaikan. Bisa digunakan kata "integrasi" atau "bergabung". Secara de jure Indonesia tidak menjajah Tim-Tim karena kala itu merupakan sebuah provinsi Indonesia yang hak-hak dan kewajiban-kewajibannya sama dengan provinsi lain. RI juga banyak sekali melakukan pembangunan dan investasi apalagi dibandingkan dengan pemerintahan kolonial Portugis. Pada jaman Portugis hanya ada jalan sepanjang 12 km. Pada akhir masa Indonesia ada sekitar 200 km. RI juga mengembangkan agama di Tim-Tim. Pada jaman Portugis jumlah umat Katholik di Tim-Tim cuma 27% pada akhir masa RI ada 90%. RI juga membangun gereja terbesar di Asia Tenggara. Pada bidang pendidikan RI juga banyak melakukan investasi. Jumlah kemelekan huruf menjadi meningkat drastis.
Memang ada banyak sekali tindak kekerasan dan pelanggaran HAM di sana yang dilakukan semena-mena oleh TNI (dulu ABRI) dan klik Soeharto, terutama anak2 dan konco-konco mereka. Tetapi hal itu harus dipandang lepas. Hal ini sayangnya menjadikan Indonesia terlihat menjajah Tim-Tim secara de facto. Maaf ini mungkin agak panjang dan jadi agak melenceng :-) Meursault2004 10:37, 5 Mei 2005 (UTC)
Media barat itukan bias. Kok mereka mau orang Asia digambarkan tak bertamadun dan ganas. Saya setuju dengan pendapat kalian. Indonesia banyak membantu membangunkan Timur Timor. Timur Timor pun satu, mereka lihat Indonesia itu mencerobohi mereka, kok bagaimana dengan Portugis? Mereka menjajah Timur Timor. Sama saja bukan? Tetapi ketika pengabungannya dengan Indonesia (Jaman Orde baru), kebanyakan kantor-kantor pemerintah dijabat orang Jawa, malahan ini terjadi di seluruh Indonesia. Karena itulah mereka terasa dijajah.141.213.66.162 04:44, 18 November 2006 (UTC)

Pemberontakan awal kemerdekaan[sunting sumber]

Mengapa ngak ada artikel mengenai pemberontakan ketika awal kemerdekaan Indonesia, seperti pemberontakan Kahar Muzakkar di Sulawesi dan juga di Bukit Tinggi, Sumatra.141.213.66.162 04:36, 18 November 2006 (UTC)

Susun ulang[sunting sumber]

Artikel ini saya coba susun ulang (dengan sedikin "menyontek" en:). Semoga jadi lebih terstruktur. Isi nanti akan dicoba dilengkapi. •• ivanlanin •• 10:48, 7 Januari 2007 (UTC)

Era Belanda--> Era Hindia Belanda[sunting sumber]

Judul Era Belanda sebaiknya diganti menjadi Era Hindia Belanda. Biar tidak membingungkan. VOC juga Belanda, tapi bukan Hindia Belanda. Gombang 13:18, 7 Januari 2007 (UTC)

Umm, bukannya istilah Hindia-Belanda itu sudah dipergunakan sejak zaman VOC pak? •• ivanlanin •• 14:19, 7 Januari 2007 (UTC)
Ups, mungkin harusnya saya tidak menyebut2 VOC :) Maksudnya membedakan Hindia Belanda dengan Belanda. Pemerintah Hindia Belanda terpisah dari pemerintah Belanda. Mereka punya tentara sendiri (KNIL, kalau Belanda KL). Lebih jelas kalau disebut Hindia Belanda, bukannya Belanda. Gombang 12:17, 8 Januari 2007 (UTC)

spanduk historyofindonesia.png[sunting sumber]

Saya koq gerah dengan spanduk pada timeline sejarah Indonesia. Kesannya koq kayak VOC bergandengan tangan dengan Indonesia gitu, padahal banyak hal dalam sejarah pra Indonesia yg tidak menyangkut VOC. Ada yg punya ide untuk membuat spanduk yg lebih representatif? --kandar 10:47, 11 Maret 2008 (UTC)

Parah[sunting sumber]

Parah betul ini artikel, kondisinya campuran antara deskripsi dan ikhtisar waktu (Awal 2014). Bahasanya juga perlu penyuntingan. Saya coba utak-atik lagi. Silakan yang mau memberi masukan. Kembangraps (bicara) 14 Januari 2014 14.10 (UTC)[balas]