Pembicaraan:Prajekan, Bondowoso

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

LOKASI

Prajekan adalah sebuah kota kecamatan keci, bagian dari wilayah Bondowoso. satu satunya kegiatan industri yang ada adalah kegiatan perkebunan tebu dan pertanian beras palawija. Prajekan lebih dikenal sebagai pabrik gula yang telah beroperasi sejak jaman penjajahan Belanda.

BUDAYA MASYARAKAT. Prajekan, seperti halnya dengan pabrik gula di Jawa Timur lainnya, menarik untuk menjadi kajian sejarah. Sisa sisa kejayaan pabrik gula pada jaman Belanda masih tersisa, meskipun sudah pudar dimakan jaman. 20 tahun yang lalu sistem nilai kehidupan komunitas perkebunan ini masih sangat kuat, dimana strata kelas masyarakat sangat ditentukan oleh pangkat yang seseorang dalam pabrik gula. Jenjang kepegawaian sangat menentukan fasilitas dan sosial-ekonomi sesorang. Pegawai pada tingkatan yang lebih diatas, disebut sebagai "staf" dibedakan dengan "pegawai dua", pegawai pada jenjang yang lebih rendah. Sistem nilai budaya lokal, yang lebih egaliter, mengacu pada nilai nilai Jawa Timur - Madura, berangsur membawa angin perubahan tata kehidupan perkebunan tersebut.

EKONOMI Letak geografis wilayah Bondowoso, yang "terjepit" pada dua jalur kegiatan ekonomi daerah tapal-kuda di Jawa Timur memberikan posisi yang kurang menguntungkan secara langsung bagi Prajekan dan wilayah lain di Bondowoso. Tanpa suatu sumber kegiatan ekonomi mandiri, sulit bagi wilayah tersebut untuk berkembang tanpa kemampuan untu melakukan "tapping" pada poros kegiatan ekonomi Surabaya-Situbondo-Banyuwangi-Bali" atau poros Surabaya - Jember.