Pembicaraan:Minahasa

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komentar terbaru: 3 tahun yang lalu oleh CakalangSantan pada topik Diskusi Usulan Penggabungan

Diskusi Usulan Penggabungan[sunting sumber]

Saya berencana menggabungkan artikel ini ke Suku Minahasa.

Beberapa alasan:

  • Artikel ini berisi informasi mengenai suku Minahasa, misalnya etimologi, asal usul, dan pengembangan suku. Layaknya informasi ini berada di artikel mengenai Suku Minahasa yang sudah ada. Artikel-artikel mengenai suku-suku lain di Indonesia pada umumnya dimulai dengan kata Suku. Selain itu, artikel ini dihubungkan dengan artikel Minahasa di Wikipedia Bahasa Inggris, tapi artikel Minahasa di Wikipedia Bahasa Inggris dialihkan ke Minahasan people. Kemudian artikel Minahasan people ini malah dihubungkan dengan artikel Suku Minahasa di Wikipedia Bahasa Indonesia.
  • Artikel ini dimulai dengan kata-kata "... adalah kawasan semenanjung yang berada di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia." Karena artikel ini adalah mengenai kawasan daripada suku, lebih baik kalau informasi tentang kawasan digabungkan dengan artikel Semenanjung Minahasa yang sudah ada. Selain itu, informasi di artikel ini mengenai kawasan Minahasa hanya sedikit sekali yaitu bagian mengenai Taman Laut Bunaken (satu kalimat) dan paragraf berikut:

Minahasa juga terkenal akan tanahnya yang subur yang menjadi rumah tinggal untuk berbagai variasi tanaman dan binatang, darat maupun laut. Terdapat berbagai tumbuhan seperti kelapa dan kebun-kebun cengkih, dan juga berbagai variasi buah-buahan dan sayuran. Fauna Sulawesi Utara mencakup antara lain binatang langka seperti burung Maleo, Kuskus, Babirusa, Anoa, Yaki, dan Tangkasi (Tarsius Spectrum).

  • Kebanyakan bagian di artikel ini ada juga di artikel Sejarah Minahasa yang sudah ada dengan isi dari bagian-bagian tersebut mirip sekali, seperti sejarah, era kolonial, masa kemerdekaan, dan Permesta. Saya tidak tahu apakah isi awalnya di artikel ini kemudian di-copy ke artikel Sejarah Minahasa atau sebaliknya, tapi karena sudah ada artikel mengenai sejarah Minahasa, sebaiknya informasi yang berkaitan dengan sejarah diikutsertakan dalam artikel sejarah.

Rencana saya:

  1. Memindahkan bagian-bagian dari artikel ini mengenai suku Minahasa, yaitu etimologi, asal usul, huruf, sistem pemerintahan, dan penggembangan suku ke Suku Minahasa. Saya sudah mulai menggembangkan artikel Suku Minahasa dengan tujuan ini dan dengan rujukan-rujukan yang memadai. Rujukan di artikel Minahasa hanya satu sehingga hampir semua isi dari artikel ini tidak ada rujukannya.
  2. Memindahkan bagian-bagian dari artikel ini mengenai kawasan Minahasa, yaitu Taman Laut Bunaken dan paragraf di atas ke Semenanjung Minahasa. Mengikutsertakan link ke artikel Semenanjung Minahasa di dalam artikel Suku Minahasa.
  3. Memindahkan bagian-bagian dari artikel ini mengenai sejarah Minahasa, yaitu sejarah, prasasti Pinawetengan, deklarasi reformasi sistem pemerintahan, era kolonial, masa kemerdekaan, dan Permesta ke Sejarah Minahasa. Seperti saya katakan sebelumnya, beberapa bagian-bagian sudah ada di kedua artikel dengan isi yang sama sekali. Mengikutsertakan link ke artikel Sejarah Minahasa di dalam artikel mengenai Suku Minahasa.
  4. Mengalihkan link ke artikel ini (i.e., Minahasa) ke Suku Minahasa, kemudian mengikutsertakan sebuah link ke halaman disambiguasi untuk kata Minahasa yang berisi link-link ke artikel-artikel mengenai kabupaten-kabupaten yang berisi nama Minahasa, juga mengenai semenanjung Minahasa, dan artikel terkait lainnya.

CakalangSantan (bicara) 16 Juli 2020 19.53 (UTC)Balas