Pembicaraan:Kereta penumpang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Diskusi Usulan Penggabungan[sunting sumber]

Kereta tidak sama dengan kereta api[sunting sumber]

Ada kerancuan antara kereta api dalam artikel ini dengan kereta tradisional (gerobak, pedati). Mohon usul yang lain dari pengguna. Karena halaman ini rancu sekali dan sebaiknya digabungkan dengan artikel kereta api. em (bicara) 18:27, 28 Juli 2009 (UTC)

Sangat setuju, digabungkan saja dengan kereta api
– komentar tanpa tanda tangan oleh 180.251.138.185 (bk) .

memang sebaiknya dipisah saja ini– komentar tanpa tanda tangan oleh 124.81.81.82 (bk) .

Gerbong juga tidak sama dengan Kereta[sunting sumber]

Setuju sekali, sebagai pecinta KA saya juga agak rancu karena beberapa halaman Wikipedia mencantumkan Gerbong itu sama dengan kereta. Karena, sesungguhnya menurut UU No. 23 Tahun 2007 tenteng Perkeretaapian: Yang dimaksud dengan “lokomotif” adalah sarana perkeretaapian yang memiliki penggerak sendiri yang bergerak dan digunakan untuk menarik dan/atau mendorong kereta, gerbong, dan/atau peralatan khusus, antara lain lokomotif listrik dan lokomotif diesel. Yang dimaksud dengan “kereta” adalah sarana perkeretaapian yang ditarik lokomotif atau mempunyai penggerak sendiri yang digunakan untuk mengangkut orang, antara lain kereta rel listrik (KRL), kereta rel diesel (KRD), kereta makan, kereta bagasi, dan kereta pembangkit. Yang dimaksud dengan “gerbong” adalah sarana perkeretaapian yang ditarik lokomotif digunakan untuk mengangkut barang, antara lain gerbong datar, gerbong tertutup, gerbong terbuka, dan gerbong tangki. Yang dimaksud dengan “peralatan khusus” adalah sarana perkeretaapian yang tidak digunakan untuk angkutan penumpang atau barang, tetapi untuk keperluan khusus,antara lain kereta inspeksi (lori), gerbong penolong, derek (crane), kereta ukur, dan kereta pemeliharaan jalan rel.

Jadi, sudah sangat jelas perbedaannya. – komentar tanpa tanda tangan oleh Arvendoraemon (bk) .

Menolak penggabungan[sunting sumber]

Saya pribadi menolak penggabungan kereta penumpang dengan kereta api penumpang karena keduanya tidak sama. ~~ Heiwa.png Ariyanto Gartoon-Evolution.png 13 Juli 2012 07.18 (UTC)

Mungkin penjelasan ini bisa membantu:

~~ Heiwa.png Ariyanto Gartoon-Evolution.png 13 Juli 2012 07.33 (UTC)

Penjelasan bisa di pahami mas, kalau begitu lebih baik usulan untuk penggabungan di kedua artikel di buang saja karna memang artinya sudah berbeda.   ΑΠδΓɛ   ✉  13 Juli 2012 07.41 (UTC)