Pembicaraan:Al-Qur'an

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mantan artikel pilihan Artikel ini adalah mantan artikel pilihan. Silakan lihat halaman nominasi awalnya (untuk artikel lama, lihat arsip nominasi) dan alasan pembatalannya.
ProyekWiki Islam (Dinilai kelas AP, Top)
Ikon ProyekWikiArtikel berada dalam lingkup ProyekWiki Islam, sebuah upaya untuk mendorong penyusunan yang lebih baik, distribusi isi, rujukan silang antar halaman yang berhubungan dengan Islam. Silahkan ikut serta dengan menyunting artikel Al-Qur'an, atau mengunjungi halaman proyek untuk keterangan lebih lanjut.
 AP  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas AP pada skala kualitas proyek.
 Sangat tinggi 
Sangat penting
 
Featured article star Artikel ini telah ditampilkan di Halaman Utama sebagai artikel pilihan minggu ini.

Isi artikel ini menurut hemat saya kurang netral terhadap agama Nasrani/Yahudi. Mungkin ada yang bisa menyadur supaya menjadi lebih ensiklopedik? Komunitas 16:51, 13 Agustus 2005 (UTC)

Oh, ya, darimana informasinya? AFP 17:03, 13 Agustus 2005 (UTC)

Bukankah Alquran yang beredar sekarang tidak berdasarkan manuscript tertua manapun melainkan berdasarkan hasil rapat para ahli agama islam di kairo tahun 1923? mengapa revisiku tidak diterima?


Ini maksud saya

Hubungan dengan Kitab-Kitab lain[sunting sumber]

Al-Quran mempunyai hubungan dengan kitab-kitab sebelumnya yaitu Taurat , Zabur/Mazmur dan Injil yaitu sebagai Al-Mushaddiq atau pembenar dan sebagai Al-Muhaymin atau batu ujian/tolok ukur kebenaran bagi kitab-kitab tersebut. Sebagaimana sabda Rasulullah Muhammad :

Jika kamu mendapatkan berita dari ahli kitab (Nasrani atau Yahudi) jangan kalian benarkan, juga jangan kalian salahkan

Ini artinya bahwa berita dalam AlKitab yang dipakai oleh kalangan Yahudi atau Nasrani mesti dikonfirmasikan dulu kepada Al-Quran, sehingga bisa ditentukan apakah pekabaran itu benar atau tidak, karena selama perjalanan sejarah telah banyak perubahan dari isi Alkitab yang beredar baik secara isi juga pemahaman akan kebenaran yang tercantum didalamnya.

Pembaca Wikipedia adalah khalayak ramai. Meskipun hal ini benar sebaiknya ditulis agak lebih ramah. Sebab kalau dibalik bagaimana? Berita dalam Al-Qur'an harus dikonfirmasikan dulu kepada Taurat/Injil? Komunitas 19:36, 20 Agustus 2005 (UTC)

Bagian tsb sementara 'disimpan' dulu daripada dibiarkan saja. Nanti kalau sdh diperbaiki baru ditampakkan lagi. Hayabusa future (bicara) 06:52, 21 Agustus 2005 (UTC)

Menurut saya suntingan Indoboy sudah lebih netral (=NPOV). Meursault2004 13:29, 21 Agustus 2005 (UTC)

Ya kalau begini lebih baik dan lebih enak dibaca. Komunitas 19:38, 8 September 2005 (UTC)

Menurut Muslim, Memang ada Hubungan antara Quran, Injil, Mazmur dan Torah. Dalam Islam - Wahyu Tuhan ada 4

   -Taurat/Torah => Wahyunya Nabi Musa/Moses
   -Zabur/Mazmur => Wahyunya Nabi Daud/Daod
   -Injil => Wahyunya Nabi Isa/Yesus (Bukan 4 Injil, tetapi Wahyu pada Yesus/Ucapan2 Yesus yg pernah didengar 12 Rosul/Sahabat Yesus)
   -Quran => Wahyunya Nabi Muhammad
   Dari keempat Wahyu, Semua Sama. Tidak ada yang beda. Jika Beda, berarti Ayat2nya Sudah dirubah Manusia.

- Juru Selamat ada 25 Nabi :

   antara lain : Abraham/Ibrahim, Sulaiman/Solomon, Yahya/Yesaya, Ya'kub/Yacob, Isa/Yesus, Muhammad dll

Syarat Islam :

   1-Percaya ADANYA ALLAH
   2-Percaya ADANYA MALAIKAT (Pengirim Wahyu pada Nabi/Juru Selamat)
   3-Percaya Nabi (Antara lain 25 Nabi : Abraham/Ibrahim, Sulaiman/Solomon, Yahya/Yesaya, Ya'kub/Yacob, Isa/Yesus dan Muhammad)
   4-Percaya KITAB/WAHYU Allah (4 Wahyu diatas)
   5-Percaya Pada Kuasa Penuh Allah atas Nasib
   6-Percaya HARI PEMBALASAN (Yg Baik dibalas Baik, Yg Buruk dibalas Buruk)

Terkait dengan Injil saat ini, Islam TETAP MEMULIAKAN YESUS SEBAGAI NABI/JURU SELAMAT. tetapi Sesuai dengan Sejarah, menurut Islam Injil telah dirubah-rubah dan tidak sesuai lagi dengan Wahyu Yesus dan Ucapan Yesus, termasuk sudah berbeda dengan ajaran-ajaran 12 Sahabat Yesus/12 Rasul. (ini sekedar Konfirmasi PANDANGAN ISLAM tentang Injil saat ini dan Injil yg diwahyukan pada Yesus, karena walau bagaimanapun, dalam Quran memang dijelaskan kedudukan Kitab-kitab Tuhan yang lain)

Ejaan KBBI[sunting sumber]

Mohon bantuan yang mempunyai akses ke KBBI untuk mengecek kembali mengenai ejaan KBBI dan disebutkan juga edisi dan tahunnya, apakah yang baku "al Quran" (Kompas memakai ejaan ini), "Alquran" (Solopos memakai ejaan ini), atau dua-duanya baku? Akhir-akhir ini kedua koran tersebut mendapat penghargaan dari Pusat Bahasa sebagai 10 besar koran dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Saya pernah melihat di KBBI Edisi 3 Tahun 2007 (mungkin di h. 33) dicantumkan entri "Alquran". Sayangnya untuk entri "al Quran", saya belum mencarinya. Alfarq 03:50, 26 November 2007 (UTC)

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, Alquran merupakan penulisan yang baku.
Relly Komaruzaman | Bicara 6 Juli 2017 21.36 (UTC)

Templat:cite quran[sunting sumber]

Apa gak ngasih link ke wikisource. kalo yang usc.edu itu kan, qur'an terjemahan bahasa Inggris  Azmi   Bicara  09:16, 1 Oktober 2008 (UTC)

Perlindungan dari pengguna anon?[sunting sumber]

Dua hari terakhir ini, artikel ini divandal pengguna dari IP yang sama. Bisakah IP tersebut diblokir atau artikel ini dilindungi sementara dari pengguna anonim? Alfarq (bicara) 14:07, 28 Desember 2009 (UTC)

Referensi dan Pranala luar[sunting sumber]

Link yang mulanya ada di Referensi dipindahkan ke Pranala luar. Referensi akan ditempati daftar catatan kaki, segera diproses. Judul kedua-dua subbagian itu tidak akan diubah. Reindra (bicara) 04:49, 5 Maret 2010 (UTC)

Wih[sunting sumber]

Artikel Al-Quran ini paling sering dirubah lho sulit juga kalo harus revert berulang-ulang......>_< Athrion  04:48, 8 Juli 2010 (UTC)

Tambahan[sunting sumber]

Mungkin ada yang dapat melengkapi artikel ini seperti cara membaca, hukum membaca, faedah, dan tatacara penulisannya? RusdianaDablang (bicara) 8 Desember 2016 21.52 (UTC)