Pembicaraan:Air

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mantan AP Artikel ini adalah mantan kandidat artikel pilihan. Silakan lihat halaman penilaiannya untuk mengetahui mengapa pengusulannya gagal.

"... bahwa partikel atom air ternyata bisa berubah-ubah tergantung perasaan manusia disekelilingnya."

hmm kedengerannya kayak hoax nih. Taman kodok 09:37, 15 Maret 2006 (UTC)

Menurut en:Masaru Emoto, teorinya ini masih belum diterima kalangan ilmuwan karena belum pernah diteliti bersama. Saya kurang tahu apakah ini boleh dimasukkan ke Wikipedia. Sementara bgn tsb saya simpan dulu. Hayabusa future (bicara) 09:49, 15 Maret 2006 (UTC)

Hayabusa dan taman kodok, memang demikianlah penemuan masaru emoto, bagi yang belum pernah membaca buku penemuan prof emoto ini (judulnya: message in a water) hal ini suatu keanehan.Sedangkan bagi yang sudah membaca nya akan takjub dengan penemuan emoto ini, karena dalam buku tersebut ada 2000 foto yang membuktikan kesahihan penemuan emoto.

Ada pun emoto sendiri berpendapat bahwa penyebab berubah-ubahnya bentuk kristal air dengan perasaan musik, perasaan manusia dan lain-lain menurut emoto adalah karena adanya faktor "X"..yaitu faktor "hantu(ghost)". Faktor "hantu" inilah yang hingga saat ini masih belum terjelaskan secara sains.

Sebagai suatu penemuan baru diabad 21 ini, kita tidak perlu menutup diri dengan menyembunyikan informasi penemuan emoto ini dari masyarakat umum.penemuan emoto tersebut selayaknya di utarakan dalam ensiklopedi wikipedia indonesia, dengan alasan:

1.Dengan dimuatnya dalam ensiklopedi wiki indonesia, masyarakat yang berbahasa indonesia pengguna ensiklopedi ini juga dapat --setidaknya-- mengetahui hal tersebut dengan cepat dan gratis (tidak perlu beli bukunya, yang harganya relatif mahal dan hingga saat ini maret 2005 masih belum ada edisi bahasa indonesia nya).

Bagi peneliti berbahasa indonesia yang membaca id.wiki...hal ini akan mengundang mereka tertarik untuk mengadakan penelitian selanjutnya mengenai sifat air.Sebagai penelitian baru memang selayaknya dilakukan penelitian lanjutan untuk mengungkap misteri air.Jadi bagi yang tidak bisa bahasa inggris tetap bisa mengetahui penemuan ini.

2.Memang demikianlah sifatnya sejarah suatu penemuan, banyak di antara penemuan zaman dulu mengundang kontroversi...misalnya penemuan Galileo yang menyatakan matahari sebagai pusat tatasurya.Dizaman galileo hal ini tidak masuk akal, bahkan gereja katolik memerintahkan hukuman mati pada galileo karena penemuan nya ini.Padahal beberapa ratus tahun kemudian lewat penelitian lanjutan akhirnya terungkap kalau memang benar matahari adalah pusat tatasurya.Sayangnya, galileo terlanjur mati karna dipaksa meminum racun.Hal ini adalah suatu fakta pahit yang menyedihkan.

3.Penemuan emoto ini sudah menjadi informasi umum karena diterbitkan lewat 2 volume buku secara internasional (saat ini ada edisi bhs jepang dan bhs inggris), bahkan dimuat didalan en.wiki (wikipedia bahasa inggris) juga sudah dimuat.Ini menandakan penemuan tersebut "layak untuk disebarluaskan melalui wikipedia".Apakah pembaca wikipedia bahasa indonesia (id.wiki) tidak layak mengetahui informasi ini???.

Sekali lagi, sebagai masyarakat dizaman maju, kita jangan mengulang sejarah hitam zaman dahulu dengan menyembunyikan informasi hasil penelitian berharga.Bisa jadi suatu saat nanti setelah membaca di wikipedia indonesia tentang artikel emoto, salah satu peneliti indonesia ada yang mendapat penghargaan NOBEL karena melanjutkan penelitian tersebut.

Demikian alasan saya sebagai penulis artikel "penemuan emoto" dalam tulisan air.Saya sangat berharap tulisan tersebut dimunculkan kembali demi kemajuan pengetahuan indonesia.

Salam wikiHendry allen 12:25, 16 Maret 2006 (UTC),

Bukan hoax, tapi ada yg disembunyikan. Beliau (Prof Emoto) g mau ngasih tau metodanya sehingga dapat diperiksa oleh orang lain di tempat lain. Hal ini yg disebut-sebut sebagai en:Pseudoscience. Oleh karena itu saya buka lagi infonya, tapi jadi sains semu air.
Bukan sekedar ada yg disembunyikan tetapi "pseudosains" adalah klaim yg ditampilkan seolah-olah sains tetapi bukan sains, biasanya malah didesain untuk rentan terhadap subjektifitas peneliti, atau dalam kasus Masaru Emoto: terhadap kreatifitas fotografer (untuk referensi ada di halaman Wikipedia English "Masaru Emoto"). Karena bukan sains tentunya tidak relevan dalam halaman ini yg menjelaskan soal air. Tidak ada informasi tentang sifat-sifat atau karakteristik air yg bisa didapat dari itu. Lebih bagus dibuat halamannya sendiri atau dimasukkan ke halaman pseudosains dan Masaru Emoto, dan dihapus dari halaman ini. Saya kira pertimbangan sama dilakukan pada Wikipedia English, Deutsch (Jerman), dan lain2nya, sehingga tidak disebut sedikitpun tentang Masaru Emoto ataupun pseudosains air di sana. Oxyboxy (bicara) 17:37, 8 Agustus 2011 (UTC)

Air seni[sunting sumber]

Eh boleh nggak paragraf 'air dalam seni' diubah jadi 'air dalam kesenian'? Kalau nggak jadi cenderung baca air seni ... hahaha. Meursault2004ngobrol 16:44, 21 Maret 2007 (UTC)

Silakan-silakan! Tadi senyum2 sendir, klo di Tolololpedia malah sebaiknya jadi air seni kali ya? Terima kasih atas usulnya. N/A(bicara) 16:56, 21 Maret 2007 (UTC)