Pembicaraan:Abraham

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pisah Aja[sunting sumber]

Sebaiknya artikel ini dibagi 2 Abraham sendiri Nabi Ibrahim sendiri karena terlalu campur aduk dan bagi yang islam artikel ini ga cocok karena ada gambar manusianya. Setuju ga? klo ya secepatnya sy pindah NoiX 11:37, 21 Oktober 2007 (UTC)

Saya udah pasti setujuin. Udah gitu sama-sama berat lagi Azmi 06:46, 14 Desember 2007 (UTC)
Gimana? Kita pindahin sama2 yuuk n kasih tambahan2 mw ga? NoiX180 06:49, 14 Desember 2007 (UTC)
Kalau begitu halaman Abraham dijadikan tempat 'persimpangan' (disambiguasi),
Abraham dapat menunjuk kepada:
Dan daftar disambiguasinya dapat ditambahi tokoh-tokoh yang menggunakan nama Abraham maupun Ibrahim. Bagaimana ? (-_-)V bennylin 404 06:57, 14 Desember 2007 (UTC)

Btw, Islam awam ga kenal Abraham tp Ibrahim! Coba tanya org islam indo, syapa nabi yg hampir menyembelih anaknya, Ismail sbg ibadah kepada Allah? pasti jawabanya hanya 1 = Ibrahim! Jelas donk, orang islam indonesia pasti lebih mengenal Ibrahim daripada Abraham cz dalam Al-Qur'an sendiri disebutkan sbg Ibrahim bukan Abraham.

Look this:

Di atas disebutkan dengan jelas suatu kata bahwa dalam Islam disebut Ibrahim bukan Abraham! Dan klo mw tau sebenernya di dalam Al-Qur'an sendiri ada surat Ibrahim yg ayat2nya terdapat doa2 Ibrahim kepada Allah SWT. So, orang Islam lebih mengenal Ibrahim daripada Abraham (Walau intinya sama)! NoiX180 07:07, 14 Desember 2007 (UTC)

no prob. jadikan saja 2 halaman disambiguasi: Ibrahim halaman disambig, Abraham halaman disambig juga, lalu keduanya saling ditautkan
Ibrahim dapat menunjuk kepada Nabi Ibrahim a.s.. Lihat pula Abraham dalam pengertian non-Islam
Selain itu nama Ibrahim juga digunakan oleh:

Abraham dapat menunjuk kepada Abraham (tokoh Alkitab). Lihat pula Ibrahim dalam pengertian Islam.
Selain itu nama Abraham juga digunakan oleh:

(-_-)V bennylin 404 07:18, 14 Desember 2007 (UTC)

So, bagus klo sudah saling pengertian! Kesimpulan

  • Abraham (berdasarkan Alkitab) lebih cocok digunakan di kalangan umat Kristen.
  • Ibrahim (berdasarkan Al-Qur'an) lebih cocok digunakan di kalangan umat Islam.

bukan begitu? NoiX180 07:24, 14 Desember 2007 (UTC)

Wah, dari dulu sih sebenarnya kita sama-sama tahu akan kedua istilah itu, tidak ada yang mau saling memaksa/dipaksa. masalahnya kan adalah bagaimana menerapkannya di Wikipedia. :) (-_-)V bennylin 404 07:27, 14 Desember 2007 (UTC)

Ya, mungkin klo Qta bedua sih tw klo kdua istilah itu masudnya sama! So pisah aja ya! Tp yg mo dipisahin Abrahamnya or Ibrahimnya! NoiX180 07:29, 14 Desember 2007 (UTC)

Dari pengalaman sih rasanya tidak boleh cuma salin-tempel (cut-paste), soalnya dulu saya karena ada kesalahpahaman dibilang 'merampok tulisan' orang lain, gitu. Untuk hal ini menurut saya:
  1. minta pengurus mengalihkan kembali halaman ini kembali ke Nabi Ibrahim / Nabi Ibrahim a.s. (entah yang tepat yang mana)
  2. bagian Abraham dipotong, dimasukkan ke Abraham (tokoh Alkitab)
  3. halaman Ibrahim dan Abraham diisi sesuai saran saya di atas. Bagaimana? Mungkin bisa hubungi Jagawana atau Borgx untuk prosedur no.1. yang hanya bisa dilakukan oleh pengurus. setelah itu sisanya anggota biasa bisa melakukannya. (-_-)V bennylin 404 07:34, 14 Desember 2007 (UTC)

Di ms. Ibrahim = Pandangan Islam. Abraham == Kristen 07:44, 14 Desember 2007 (UTC)

Oke boleh saja, tapi anda saja yang kontak Jagawana n Borgx cz halaman pembicaraan Jagawana ribet banget n Borgx klo aq ngasih pesan pasti ga diblz! He3x NoiX180 07:39, 14 Desember 2007 (UTC)
nggak ah, huahahaha... harusnya sih sudah saatnya ada orang lagi yang mencalonkan diri/diminta menjadi pengurus... 14 pendekar untuk 50000+ pengguna terdaftar rasanya terlalu sedikit, hehehehehe.... (-_-)V bennylin 404 07:51, 14 Desember 2007 (UTC)

Jika sudah pada setuju, beri tag {{hapus|untuk antisipasi pemindahan Artikel Abraham}} di Nabi Ibrahim or whatever, nanti akan dihapus pengurus, setelah halaman target pemindahan dihapus, kemudian tinggal pencet tombol pindahkan (ini tentu saja tidak memerlukan pengurus). NoiX180, saya tidak membalas karena saya pikir tidak ada yang perlu dibalas. Toh templat-templat itu sudah Anda buat. Saya tidak pernah minta kalau templat-templat itu harus dihapus. Kalau Anda berniat baik, Anda pasti akan merapikannya/menerjemahkannya. borgx(kirim pesan) 02:24, 15 Desember 2007 (UTC)

Boleh gak dipindain ke Abraham (tokoh Alkitab), kalo bisa secepetnya daripada diarsipin saking banyaknya Azmi 05:58, 3 Januari 2008 (UTC)

Nabi Ibrahim or Nabi Ibrahim AS[sunting sumber]

Yang musti dipake yg mana? Nabi Ibrahim or Nabi Ibrahim AS? Klo menurut 25 nabi Islam di Wikipedia Indonesia yg dipake yg tanpa AS! NoiX180 07:50, 14 Desember 2007 (UTC)

Liat di ms! di ms pake a.s. belakangnya. Azmi 06:29, 15 Desember 2007 (UTC)

Abraham mempunyai keturunan Yehuda[sunting sumber]

Artikel Abraham ini di bagian bawah memuat nama Yehuda. Jadi lebih merujuk ke Alkitab. Jadi pandangan dibuat dua artikel Abraham dan Ibrahim sangat baik. Menurut saya tidak dibuat artikel seperti ini :

Tetapi, bagaimana kalau sebaiknya seperti ini :

Itu saja masukan dari saya. Mikhailov Kirow 09:17, 14 Desember 2007 (UTC)

Ya maksud saya seperti Abraham sendiri Ibrahim sendiri. N klo ini:

Maksud saya, kata Abraham itu adanya n berasal dari Alkitab n klo Ibrahim dari Al-Qur'an! NoiX180 12:07, 14 Desember 2007 (UTC)

Pisah Semuanya[sunting sumber]

Usul nih, jangan cuma abraham dan ibrahim, tapi semuanya aja. pokoknya yang nyangkut orang suci dan rawan akan kesalahpahaman dipindah. kalau di english wikipedia masih dicampur, itu karena orang western toleransi-nya tinggi, jadi gak masalah.Kalo bangsa kita, gak yakin deh. sama Malaysia aja gontok-gontokan melulu. coba liat image Luth versi kristen (Lot) di english wikipedia. gambar itu menunjukkan gambar Lot yang sedang mabuk (minum anggur) dan menyetubuhi kedua putrinya. Jangan sampe itu gambar terpampang di artikel Luth wiki indonesia yang masih tercampur antara versi Islam dan Kristen. bisa runyam nanti. sebaiknya dipindah aja. kalau gambar itu ada di Luth versi Kristen ya biarin aja, itu keyakinan mereka. Tapi yang penting jangan dicampur dg versi Islam di satu halaman. Saya proklamirkan gerakan separatis artikel-artikel agama.hehehe Falcao 10:40, 14 Desember 2007 (UTC)

[OOT]wah.. ck.. ck.. ck.. ada kaum separatis juga nih... Gerakan Wikipedia Merdeka yah? GerWiN :P (-_-)V bennylin 404 11:02, 14 Desember 2007 (UTC)
Gw setuju sama si Ayun gagrag! Semua sekalian aja yg dipindah n toh klo memang dipindah ga harus langsung pajang 100 km khan. Masih bisa juga dijadiin rintisan. Btw, tulisan2 di wikipedia bukan cuma bwt qt aja tp bwt org lain! So klo org yg ga tau bisa nganggep wikipedia itu sesat!!! N seperti di Al-Qur'an

Maksudnya klo ada agama yg beda jangan dicampur ajarannya! Bisa bikin penganutnya hilang arah! NoiX180 12:18, 14 Desember 2007 (UTC)

Kalo dipisah semuanya, gw kyknya g stuju, Pasti ada yang mesti dipisah jadi artikel sendiri. Kata si NoiX sangat setuju, itu pasti. Azmi 05:54, 3 Januari 2008 (UTC)

Kasus Perancis mmm Prancis mmm Perancis[sunting sumber]

Ben, seperti kasus negara Zinedine Zidane masalah Abraham di Wikipedia Indonesia ini. Harus diambil suara terbanyak dan melibatkan semua pengurus (Borgx, Jagawana, Kembangraps, dan lainnya) serta senior TOMAS (Meursault2004). Mikhailov Kirow 16:07, 17 Desember 2007 (UTC)

Separatis[sunting sumber]

Gerakan Separatis di Wikipedia, kemungkinan besar (dipastikan) bisa ditutup Wikipedia Indonesia secepatnya oleh Pemerintah Indonesia. Karena bukan sebagai ensiklopedia lagi. Mikhailov Kirow 16:12, 17 Desember 2007 (UTC)

Tapi buat apaan? Kok bisa disebut separatis? Azmi 02:16, 18 Desember 2007 (UTC)

Pembicaraan dialihkan ke warung kopi[sunting sumber]

Halo semua, pembicaraan untuk masalah ini saya alihkan ke warung kopi: http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Warung_Kopi_%28Kebijakan%29#Orang_yang_sama_dalam_pandangan_dan_cerita_yang_berbeda Serenity 06:24, 21 Desember 2007 (UTC)

Sungguh memprihatinkan[sunting sumber]

Halo semua, maaf sebelumnya mengangkat masalah yang mungkin sudah usang. Pranala pengalihan pembicaraan dari Serenity sepertinya sudah tidak merujuk diskusi yang hidup. Jika komentar ini sebaiknya ditempatkan di halaman yang lain, tolong diarahkan ya.

Saya hanya pengguna Wikipedia biasa yang sering mengandalkan situs ini sebagai sumber penggunaan bahasa Indonesia yang baku. Baru saja saya mencari apakah lebih lazim menyebut "Ibrahim" atau "Abraham". Ternyata di Wikipedia bahasa Indonesia terdapat dua halaman: "Ibrahim" untuk paham Islami dan "Abraham" untuk paham Kristen/Yahudi. Setidaknya begitulah menurut peringatan di bagian atas artikel "Ibrahim": "Untuk Nabi yang sama dari sudut pandang Agama Yahudi & Kristen, lihat Abraham." Namun, jika kita membaca artikel "Abraham" tersebut, ternyata ada seksi yang cukup panjang mengenai "Abraham dalam Islam". Sedangkan dalam artikel "Ibrahim", selain dari peringatan yang sudah saya sebut, paham Kristen atau Yahudi tidak ada sama sekali. Seolah-olah tidak ada Ibrahim selain dari "Ibrahim dalam Islam".

Jadi yang kita dapat bukan "versi Islam" dan "versi Yahudi/Kristen" atas tokoh yang sama (yang btw sudah cukup memprihatinkan untuk sebuah ensiklopedia) melainkan "versi Islam" dan "versi umum", karena versi yang katanya Yahudi/Kristen juga memuat perspektif Islam, sedangkan versi Islam ditulis hanya dari perspektif Islam.

Saya sudah membaca beberapa halaman pembicaraan mengenai masalah ini. Dari situ saya menyimpulkan bahwa kebijakan pemisahan dilaksanakan untuk menghindari ketegangan antar-agama dan mengurangi jumlah penyuntingan yang tidak ilmiah. Saya bukan editor dan belum pandai membaca sejarah penyuntingan artikel, tetapi saya merasa cukup bersimpati dengan keputusan itu. Namun, sepertinya kebijakan tersebut akan membuat Wikipedia bahasa Indonesia gagal sebagai ensiklopedia, setidaknya untuk informasi mengenai hal-hal terkait agama Abrahamistik. Ada suatu paham ilmiah/umum mengenai tokoh ini, yang disebut Abraham atau Ibrahim dalam tradisi yang berbeda, dan paham ilmiah itu lebih luas dari paham salah satu agama saja. Seharusnya orang yang mencari informasi tentang "Ibrahim" atau "Abraham" di Wikipedia bahasa Indonesia dialihkan ke halaman yang sama, yang memuat semua perspektif mengenai tokoh itu, namun tetap tidak berpihak. Jika seorang pembaca tidak dapat mengharapkan perspektif netral itu di sini, lebih baik kedua halamannya dihapus saja, dan pembaca dialihkan ke artikel dalam bahasa lain yang mampu memisahkan prasangka religius dari pembicaraan ilmiah.

Baru hari ini saya membuat akun Wikipedia untuk menyampaikan pendapat di atas. Terima kasih sudah membacanya. Diogenesbukananjing (bicara) 10 Juli 2018 09.18 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Abraham that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 22 Oktober 2023 20.41 (UTC)[balas]