Patengan, Rancabali, Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Patengan
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenBandung
KecamatanRancabali
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Patengan adalah desa di kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Yang mempunyai geografis perkebunan teh dan hutan lindung. Patengan merupakan desa dimana terdapat kantor Kec. Rancabali dan objek-objek wisata yang sangat terkenal dan mempesona, yang menjadi sumber kehidupan bagi mayoritas masayarakat, selain menjadi buruh pemetik teh di perkebunan PTPN VIII Rancabali. karena untuk bertani masyarakat Patengan tidak memiliki lahan pertanian, semua lahan milik perkebunan dan perhutani, kecuali mereka membuka lahan Hutan dijadikan lahan pertanian.

Sejarah Singkat[sunting | sunting sumber]

Desa Patengan diambil dari simbol Bahasa Sunda yaitu Petengyang berari Poek gelap dan Nganyang diambil dari akhiran kata “peneraNgan” cabang, jadi Patengan itu mengandung arti Tina Poek Kana Caang atau dari Gelap menjadi terang. Pemerintahan Desa Patengan didirikan pada tanggal 8 Juli 1978. Merupakan pemekaran wilayah dari Desa Lebakmuncang Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung.untuk menjalankan Roda Pemerintahan Desa Patengan, dalam mengisi kekosongan Kepala Desa dan Perangkat Desa, maka untuk sementara dijabat oleh Bp. Dadan Buldansyah dan beliau dikukuhkan sebagai kepala Desa Patengan pertama dengan masa Jabatan selama ±20 Bulan. Dalam Menjalankan Pemerintahannya Bp.Dadan Buldansyah, Pada tahun 1998 diselenggarakan Pemilihan Kepala Desa PILKADES pertama dengan menggunakan Lodong Bambu serta hak suaradi tentukan oleh koin. Pemilihan kepala Desa dilakukan di SD INPRES Patengan. Calon terpilih adalah Bapak Z.A SUMARNA dan dikukuhkan sebagai Kepala Desa Definitif periode tahun1980 - 1988

Batas Desa[sunting | sunting sumber]

Secara Demograpis Desa Patengan berada dalam wilayah administratif Kecamatan Rancabali dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:

  1. Utara: Desa Alamendah
  2. Selatan: Desa Sukaresmi
  3. Barat: Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu
  4. Timur: Desa Cipelah & Desa LebakmuncangUntuk

Potensi Desa[sunting | sunting sumber]

  1. Teh
  2. Kopi


UKM[sunting | sunting sumber]

  1. Olahan Strawberry

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  1. PAUD
  2. SD Rancawalini
  3. SD Rancabali I, II
  4. SD Bayongbong
  5. SMP 2 Rancabali


Wisata[sunting | sunting sumber]

  1. Pemandian Rancawalini
  2. Situ Patenggang
  3. Kawah Cibuni
  4. Situ Lembang