Indragiri, Rancabali, Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Indragiri
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenBandung
KecamatanRancabali
Luas2642,16 km²
Jumlah penduduk3611 jiwa
Kepadatan.....jiwa/km²

Indragiri adalah desa di kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Desa Indragiri terletak di sebelah barat Desa Patengan, Kecamatan Rancabali juga berbatasan dengan Desa Sukaresmi di sebelah selatan. Daerah Desa Indragiri terbagi menjadi 10 Rukun Warga.

Daerah desa ini hampir seluruhnya dikelilingi kebun teh, dan sedikit juga hutan. Mayoritas warganya bekerja sebagai pemetik teh dan pengolah teh di perkebunan, selain itu warganya juga banyak profesi lainnya. Di desa Indragiri terdapat beberapa bangunan dari masa penjajahan Belanda, selain kebun teh yang diantaranya yaitu Pabrik Teh Sinumbra., yang kini dikelola BUMN, dan bangunan-bangunan lain di lingkungannya seperti Wisma, Rumah pimpinan Pabrik. Juga terdapat pabrik teh milik swasta di Kanaan. Desa ini dilewati jalan alternatif antar Kabupaten, antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur selatan. Yang uniknya apabila kita melewati jalur ini kita akan masuk kelingkungan & pekantoran dan Pabrik Sinumbra, dengan berbagai macam aturan,seperti jaman kolonial padahal jalur yang kita pakai adalah jalan Kabupaten.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Desa Indragiri dulunya berada di wilayah desa Patengan, atas desakan tokoh Idragiri dan para Adm Perkebunan, maka terbentuklah Desa Indragiri, dengan mengambil nama dari sebuah perkampungan di kawasan perkebunan Sinumbra.

Batas desa[sunting | sunting sumber]

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Mekar Wangi,
  2. Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Sukaresmi,
  3. Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Cipelah,
  4. Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Patengan.

Potensi pertanian[sunting | sunting sumber]

  1. Teh
  2. Buah Strowberry
  3. Daun Seledri

Potensi UKM[sunting | sunting sumber]

  1. Madu Hitam

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  1. SD Kanaan
  2. SD Ciparay
  3. SD, SMP, SMA Perkapen