Partai Demokrat Bebas (Jerman)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Partai Demokrat Bebas (Jerman: Freie Demokratische Partei, FDP) adalah partai politik sentris liberal di Jerman yang mendukung kebebasan individu, kapitalisme, dan reformasi sosial. [1] Pada saat ini FDP dipimpin oleh Christian Lindner.

Menganut prinsip kebebasan yang lebih besar bagi sebanyak mungkin individu, FDP memperjuangkan kebebasan ekonomi dan kebebasan pribadi sebagai satu kesatuan yang utuh.[2] Atas dasar keyakinan itu, FDP menginginkan pendekatan liberal dalam dua hal. Pertama, campur tangan pemerintah yang seminimal mungkin dalam bisnis swasta dan sokongan penuh terhadap ekonomi pasar bebas. Kedua, agar pemerintah sesedikit mungkin mengatur kehidupan individu warga negara Jerman.[3]

Sejarah singkat[sunting | sunting sumber]

Logo FDP

FDP didirikan pada bulan Desember 1948, pada sebuah konferensi yang dihadiri oleh para delegasi dari partai-partai liberal di wilayah Jerman yang diduduki Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis sebelum Perang Dunia II, yaitu Partai Demokrat Jerman (bubar 1930) dan Partai Rakyat Jerman (bubar 1933).

Setahun kemudian, FDP memperoleh 11,9 persen suara dalam pemilihan umum federal Jerman Barat 1949. Walaupun perolehan suara FDP dalam pemilihan umum nasional selama ini tergolong kecil, FDP berperan penting sebagai penyeimbang kekuatan di parlemen Jerman (Bundestag) melalui berbagai koalisi dengan partai-partai yang lebih besar.[4] Sejak didirikan, FDP pernah berkoalisi dengan Partai Persatuan Demokrat Kristen Jerman dan Partai Uni Sosial Kristen di Bayern (tahun 1949–56, 1961–66, 1982–98, dan 2009–13) dan Partai Demokrat Sosial Jerman (tahun 1969–82).

Selama 64 tahun sejak berdiri, FDP memiliki perwakilan di Bundestag, namun dalam pemilihan umum federal Jerman 2013 FDP gagal memperoleh 5% suara minimal yang dibutuhkan untuk mendapatkan kursi di Bundestag. Kegagalan itu disebabkan oleh lemahnya kepemimpinan partai serta berkembang luasnya persepsi bahwa FDP hanya tertarik pada kekuasaan, alih-alih membuat kebijakan yang konkret.

Sejak didirikan hingga saat ini, FDP telah dipimpin oleh empat belas ketua partai. Pada saat ini FDP dipimpin oleh Christian Lindner[5], seorang mantan pengusaha dan mantan pembalap amatir. Ketika di Jerman terjadi skandal emisi Volkswagen, Lindner mengusulkan privatisasi Volkswagen secara penuh (saat ini Jerman mempunyai 20% saham di VW) dan toleransi emisi nitrogen beracun.[6] Di bawah kepemimpinan Lindner, FDP berupaya memperbaiki citra dan lebih tertarik untuk meningkatkan posisi politiknya daripada menggalang koalisi dengan partai lain.[7] Lindner adalah politisi yang menarik diri dari perundingan pembentukan Koalisi Jamaika pada tahun 2017.[8]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ensiklopedia Britannica: Free Democratic Party (FDP), paragraf 1.
  2. ^ "Free Democratic Party. The German Liberals" (PDF). Freie Demokratische Partei. Diakses tanggal 20 November 2017. 
  3. ^ What you need to know about Germany's liberals, the Free Democratic Party, paragraf 6.
  4. ^ Ensiklopedia Britannica: Free Democratic Party (FDP), paragraf 2.
  5. ^ "Christian Lindner". Website FDP. Diakses tanggal 22 November 2017. 
  6. ^ Elliot, p. 16.
  7. ^ What you need to know about Germany's liberals, the Free Democratic Party, paragraf 5.
  8. ^ "The man who killed the Jamaica coalition". Situs Il Manifesto. Diakses tanggal 23 November 2017. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]