Pangsit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pangsit

Wonton 1.JPG

Pangsit udang ala Kanton
Hanzi tradisional: 1. 餛飩 (Mandarin)
2. 雲吞 (bahasa Kanton)
3. 抄手
Hanzi sederhana: 1. 馄饨 (Mandarin)
2. 云吞 (bahasa Kanton)
3. 抄手
Makna literal: 2. meneguk awan
Pangsit goreng

Pangsit adalah makanan berupa daging cincang yang dibungkus lembaran tepung terigu. Setelah direbus sebentar, pangsit umumnya dihidangkan di dalam sup. Selain direbus, pangsit juga bisa digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga seperti kerupuk. Pangsit termasuk salah satu jenis dimsum.

Isi pangsit umumnya dibuat dari udang, daging babi, atau sayuran. Di Indonesia, isi pangsit terutama dibuat dari udang atau campuran daging ayam dan udang dengan tambahan jahe, bawang bombay, atau bawang putih yang dicincang. Bumbu untuk isi pangsit bisa berupa kecap asin, saus tiram, dan minyak wijen.

Kulit pangsit dibuat dari adonan tepung terigu, air, dan garam dapur. Adonan ditipiskan dan dipotong-potong berukuran persegi. Selain bisa dibuat sendiri, kulit pangsit bisa dibeli dalam kemasan berisi 10 hingga 20 lembar. Sewaktu membuat siomay (bukan tahu bakso), kulit pangsit dipakai sebagai pembungkus daging cincang.

Di Indonesia juga dikenal goreng kulit pangsit tanpa isi. Berbagai makanan Indonesia yang memakai pangsit, misalnya: pangsit kuah, pangsit goreng, pangsit goreng kuah, mi pangsit, dan cwie mie. Pada hidangan mi pangsit kuah, pangsit sering dihidangkan terpisah dalam mangkuk kecil. Selain itu, pangsit biasanya juga disajikan bersama semangkuk bakso sapi. Kebanyakan bakso Malang menggunakan pangsit sebagai tambahan isi bakso.

Asal-usul[sunting | sunting sumber]

Di Xiamen, Fujian dan sekitarnya, serta Taiwan, makanan ini disebut biǎn shí (扁食) atau pian sit dalam bahasa Hokkien. Di Fujian, makanan serupa namun berukuran lebih kecil disebut biǎn ròu yàn (扁肉燕). Isinya campuran daging babi dan ubi jalar.

Di sebagian besar negara di dunia, nama umum untuk pangsit adalah wonton. Kata wonton (雲呑) berasal dari nama makanan ini dalam bahasa Kanton. Dalam bahasa Mandarin, makanan ini ditulis sebagai húntun (餛飩). Di Sichuan dan Chongqing, pangsit disebut chāo shǒu (抄手), dan dihidangkan di dalam sup pedas berbumbu la you dan andaliman.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bread and wine.svg
Buku resep Wikibooks memiliki artikel mengenai