Panerusan, Wadaslintang, Wonosobo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Panerusan
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Wonosobo
Kecamatan Wadaslintang
Luas 6,15 km2
Jumlah penduduk 3.251 jiwa
Kepadatan -

Panerusan adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Wadaslintang, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Panerusan terdiri dari 3 Pedukuhan dengan 8 Rukun Warga Rukun Warga (RW) dan 18 Rukun Tetangga (RT). Pada akhir tahun 2011 penduduk Desa Panerusan tercatat berjumlah 3.251 jiwa, terdiri atas 1.669 laki-laki dan 1.582 perempuan. Jumlah kepala keluarga tercatat sebanyak 942 terdiri atas kepala keluarga laki-laki sebanyak 2.446 dan kepala keluarga perempuan ada 93 jiwa. Jarak tempuh dari Desa Panerusan ke Ibukota Kecamatan Wadaslintang sejauh 3 Km dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor selama ± 5 menit. Sedangkan jarak ke ibukota Kabupaten Wonosobo sejauh 40 Km dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor baik pribadi maupun umum selama ± 45 menit.

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Sebelah Selatan : Desa Karanganyar
  2. Sebelah Barat : Kelurahan Wadaslintang dan Desa Karanganyar
  3. Sebelah Utara : Desa Tirip dan Desa Besuki
  4. Sebelah Timur : Kabupaten Purworejo

Geografi[sunting | sunting sumber]

Wilayah Desa Panerusan sebagian besar berupa lereng perbukitan dengan ketinggian antara 200-800 meter diatas permukaan air laut (Mdpl). Dataran tinggi berada disebelah timur yang merupakan lereng barat Gunung Pacet (840 Mdpl) di perbatasan Kabupaten Purworejo. Selain itu juga terdapat Gunung Sibedil (740 Mdpl). Semakin ke timur makin landai hingga berbatasan dengan Kali Medono atau Kali Gede yang merupakan sungai utama penyuplai air ke Waduk Wadaslintang. Seumlah sungai kecil diantaranya Kali Loning, Kali Gelap dan Kali Milir.

Pembagian Wilayah[sunting | sunting sumber]

Secara administratif Desa Panerusan dibagi dalam 3 (tiga) dusun/ pedukuhan yakni:

  1. Dusun Panerusan
  2. Dusun Kalitelu
  3. Dusun Mentosari

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Penduduk Desa Panerusan mayoritas bermata-pencaharian sebagai Petani dan Buruh Tani, sebagian di sektor lain seperti Perdagangan, Wiraswasta, dan lain sebagainya. Tanaman pangan yang dikembangkan di desa ini adalah padi sawah dan ketela pohon. Tanaman sayuran yang dikembangkan berupa –. Buah-buahan yang dikembangkan adalah Rambutan, Mangga, Pisang dan Pepaya. Sedangkan tanaman perkebunan yang dikembangkan berupa Kapulaga, Kopi, Cengkeh, Kelapa Ternak yang dikembangkan di desa tersebut berupa Sapi, Kambing/domba, Ayam buras dan Itik. Untuk sumber air minum berasal dari Mata Air langsung (sebagian melalui Program PAMSIMAS) dan Sumur. Dan untuk penerangan sebagian besar telah menggunakan PLN dan ada beberapa rumah tangga yang menggunakan penerangan lain non PLN.

Sarana dan Prasarana[sunting | sunting sumber]

  1. Pendidikan : 1 unit TK, 1 unit SD/MI, dan 1 unit SMU
  2. Kesehatan : 4 unit Posyandu dan 1 unit Polides