Out of the Woods

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"Out of the Woods"
Singel oleh Taylor Swift
dari album 1989
FormatDigital download
GenreSynthpop
Panjang3:55
LabelBig Machine
Pencipta
Produser
  • Jack Antonoff
  • Taylor Swift
  • Max Martin
Kronologi singel Taylor Swift
"Wildest Dreams"
(2015)
"Out of the Woods"
(2016)
"New Romantics"
(2016)
Video musik
"Out of the Woods" Video di YouTube

"Out of the Woods" adalah lagu karya penyanyi-penulis lagu asal Amerika Serikat Taylor Swift untuk album studio kelimanya, 1989. Lagu ini ditulis oleh Swift bersama dengan Jack Antonoff, salah satu anggota grup musik fun.. Lagu "Out of the Woods" dirilis pada tanggal 14 Oktober 2014 sebagai singel kedua dan singel promosional dari album "1989".[1] Lagu "Out of the Woods" berada di urutan keempat dalam daftar album "1989" setelah lagu "Style". "Out of the Woods" merupakan singel resmi keenam dari album 1989 dengan sebuah video klip yang ditayangkan secara perdana pada tanggal 31 Desember 2015 dalam perayaan Dick Clark's New Year's Rockin' Eve di saluran televisi ABC.

Latar Belakang dan Perilisan[sunting | sunting sumber]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Banyak orang telah mengetahui untuk siapa lagu "Out of the Woods" ditulis.[2] Bagian bridge dari lagu "Out of the Woods" merupakan sebuah kejadian nyata dimana Swift dan mantan pacarnya, Harry Styles mengalami kecelakaan mobil salju, sehingga akhirnya dahi Styles harus dijahit sebanyak 20 jahitan.[3]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Swift menyanyikan lagu "Out of the Woods" secara perdana dalam acara Good Morning America pada tanggal 13 Oktober 2014.[4] Swift menyatakan bahwa lagu "Out of the Woods" adalah salah satu lagu favoritnya dalam album 1989 karena lagu "Out of the Woods" merupakan persembahan terbaik dari album 1989.[1][5] Swift menjelaskan bahwa lagu "Out of the Woods" menceritakan tentang kerapuhan sebuah hubungan.[6] Pada mulanya, "Out of the Woods" dirilis sebagai singel promosional pada tanggal 14 Oktober 2014[7] tanpa rencana untuk membuat video klip atau perilisan resmi lagu tersebut.[8] Tanggal 22 Desember 2015, acara Good Morning America secara resmi mengumumkan perilisan sebuah video klip untuk lagu "Out of the Woods" dalam acara Dick Clark's New Year's Rockin' Eve.[9] "Out of the Woods" juga merupakan singel resmi keenam dari album 1989.[10]

Komposisi Lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu "Out of the Woods" merupakan lagu bergenre synthpop yang dipengaruhi oleh musik pop tahun 80-an. Lagu ini ditulis oleh Swift bersama dengan Antonoff dan merupakan lagu pertama dari album 1989. Antonoff mengirimkan versi awal dari lagu "Out of the Woods" tanpa vokal ataupun lirik kepada Swift. Kemudian Swift menambahkan lirik dan menyanyikannya hanya dalam 30 menit. Max Martin memproduksi vokal Swift untuk lagu "Out of the Woods".[11] Lagu "Out of the Woods" ditulis pada kunci C Mayor. Vokal Swift menjangkau dua oktaf, antara G3 dan E5.[12] Lagu "Out of the Woods" berdurasi tiga menit dan lima puluh lima detik.[13]

Video Klip[sunting | sunting sumber]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Video klip "Out of the Woods" disutradarai oleh Joseph Kahn dan ditayangkan secara perdana dalam acara Dick Clark's New Year's Rockin' Eve with Ryan Seacrest pada tanggal 31 Desember 2015, atau tepatnya pada malam pergantian tahun dari tahun 2015 menuju tahun 2016.[14] Video klip ini merupakan kolaborasi keempat Swift dan Kahn dalam pembuatan video klip untuk album 1989 setelah "Blank Space", "Bad Blood", dan "Wildest Dreams".[15] Video klip "Out of the Woods" difilmkan di Pantai Bethells, Auckland, Selandia Baru. Selama proses pembuatan video klip keenam Swift ini, sebuah badai parah melanda lokasi syuting, menyebabkan pepohonan jatuh ke sekitar Swift dan para kru. Setelah mengevakuasi, pembuatan video klip "Out of the Woods" dimulai kembali sepekan kemudian.[16] Pembuatan video klip "Out of the Woods" juga sempat menuai kontroversi. Swift dituding telah merusak habitat burung Dotterel karena membawa banyak kendaraan besar ke Pantai Bethells.[17]

Swift merilis sebuah gambar yang menjadi teaser video klip ini di akun Instagram pribadinya pada tanggal 31 Desember 2015. Wajahnya tampak berlumuran lumpur dan wajahnya terlihat galak. Ia menambahkan komentar, "Apakah kita sudah keluar dari hutan? #OOTWMusic Video akan memulai debutnya besok malam dalam New Years Rockin Eve dengan @ryanseacrest!!". Teaser yang kedua dirilis oleh Swift di akun Instagram pribadinya juga pada tanggal 1 Januari 2016. Swift menambahkan komentar, "Apakah kita sudah di tempat terbuka? #OOTWMusicVideo akan tayang perdana sekitar pukul 10:51 p.m Waktu Standar Timur pada acara ABC".[18]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Video klip "Out of the Woods" dimulai dengan tulisan "She lost him." [Bahasa Indonesia : "Dia kehilangannya."]. Lalu tampak Swift berdiri di Pantai Bethells membelakangi kamera, memakai gaun biru muda. Angin pantai menerpa wajahnya serta terdengar suara burung dan ombak. Saat musik dimulai, Swift dikelilingi oleh hutan sihir. Setelah berjalan-jalan ke dalam hutan sihir itu, langit berubah gelap. Swift dikejar oleh sekawanan serigala dan berusaha untuk kabur. Namun salah satu serigala itu merobek ujung gaun Swift hingga ia terjatuh. Saat Swift berusaha untuk kabur kembali, salah satu dari kawanan serigala tersebut berhasil menggigit dan merobek ujung gaun Swift kembali hingga Swift kembali terjatuh. Tiba-tiba Swift berada di puncak gunung bersalju. Kawanan serigala masih mengejarnya. Swift melepas kalung yang dikenakannya, dan tanpa sengaja kalung tersebut jatuh ke lereng gunung. Ketika kawanan serigala hampir menangkap Swift, Swift telah mengalahkan rasa takutnya untuk melompat. Swift terjatuh di dalam air. Lalu ia berada di tengah-tengah gurun pasir. Swift menyangga dirinya pada sebuah pohon di gurun tetapi pohon tersebut berubah menjadi pohon di dalam hutan yang membeku. Swift pun ikut membeku.

Sebuah badai salju datang menghantam hutan beku. Tetapi Swift berpindah tempat lagi ke dalam lumpur saat di sekelilingnya terjadi badai petir. Swift merangkak melalui lumpur, dan hujan turun. Belum sempat menyelamatkan diri, dia terlilit oleh akar-akar sihir serta dikelilingi oleh kunang-kunang. Kini Swift berada di hutan sihir yang dimasuki oleh Swift sebelumnya. Swift terjatuh di delapan tempat yang berbeda ketika akar-akar sihir melepaskan lilitannya pada tubuh Swift, yaitu puncak gunung bersalju, lumpur di sekeliling hujan dan badai petir, gurun yang diterpa badai pasir, hutan beku, Pantai Bethells, di dalam air, di dalam hutan yang terbakar, serta di dalam hutan tempat ia dililit oleh akar-akar sihir. Menuju ke akhir video, ia bangkit di kedelapan tempat tersebut. Di akhir video, dia berhasil keluar dari hutan dan menemukan Pantai Bethells, dimana ia menemukan 'versi lain' dari dirinya. Hutan sihir mulai menghilang saat Swift menyentuh pundak 'versi lain' dirinya itu. Saat 'Swift yang lain' menoleh, video berakhir dengan tulisan "She lost him but she found herself and somehow that was everything." [Bahasa Indonesia : "Dia kehilangannya tetapi dia menemukan dirinya sendiri dan entah bagaimana itu adalah segalanya."], yang mana kata-kata tersebut ialah bagian dari pesan rahasia dalam booklet lirik lagu dari rekaman album 1989.[19]

Kredit dan Personil[sunting | sunting sumber]

Kredit lagu "Out of the Woods" diadaptasi dari liner album 1989.[20]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Negara Tanggal Format Label
Amerika Serikat October 14, 2014[1] Digital download Big Machine

Tangga Lagu[sunting | sunting sumber]

Tangga lagu (2014–2016) Posisi
tertinggi
Australia (ARIA)[21] 19
Austria (Ö3 Austria Top 40)[22] 64
Denmark (Tracklisten)[23] 23
Prancis (SNEP)[24] 70
Hongaria (Single Top 40)[25] 37
Selandia Baru (Recorded Music NZ)[26] 6
Spanyol (PROMUSICAE)[27] 22
UK Singles (Official Charts Company)[28] 136
US Billboard Hot 100[29] 18

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Taylor Swift Unveils New Song 'Out Of The Woods' off '1989' Album: Listen". Ryan Seacrest. 14 Oktober 2014. Diakses tanggal 08 September 2015. 
  2. ^ "How Taylor Swift created 'Out of the Woods'". 14 Oktober 2014. Diakses tanggal 08 September 2015. 
  3. ^ Anna Silman (14 Oktober 2014). "Listen to Taylor Swift's 'Out of the Woods'". Vulture. Diakses tanggal 08 September 2015. 
  4. ^ Lindner, Emilee (13 Oktober 2014). "Listen To Taylor Swift's 'Out Of The Woods' Clip As She Explains The 'Frantic Anxiety' Of A Relationship". MTV. Diakses tanggal 08 September 2015. 
  5. ^ "Taylor Swift's 'Out Of The Woods' Has Arrived... with Lyrics: Listen". Billboard. 14 Oktober 2014. Diakses tanggal 08 September 2015. 
  6. ^ "Taylor Swift's 'Out Of The Woods' Song Confirmed A Break Up Song: 'This song is about the fragility and breakable nature of some relationships". International Business Times. Diakses tanggal 08 September 2015. 
  7. ^ "Taylor Swift Previews 'Out Of The Woods,' New Track Out Tuesday: Listen". Billboard. 13 Oktober 2014. Diakses tanggal 4 Januari 2016. 
  8. ^ "How Taylor Swift created 'Out of the Woods'". USA Today. 13 Oktober 2014. Diakses tanggal 4 Januari 2016. 
  9. ^ https://twitter.com/GMA/status/679292275541676032
  10. ^ "Taylor Swift releases Out of the Woods music video on New Year's Eve". The Guardian. 1 Januari 2016. Diakses tanggal 4 Januari 2016. 
  11. ^ "Taylor Swift Unveils Synth-Heavy 'Out of the Woods' - Rolling Stone". Rolling Stone. 
  12. ^ "Digital sheet music – Taylor Swift – Out of the Woods". Musicnotes.com. Alfred Publishing. Diakses tanggal 08 September 2015. 
  13. ^ "iTunes - Music - 1989 by Taylor Swift". iTunes Stores. Apple, Inc. Diakses tanggal 08 September 2015. 
  14. ^ Erin Strecker (22 Desember 2015 2015). "Taylor Swift's Video for 'Out of the Woods' Will Premiere on 'New Year's Rockin' Eve'". Billboard. Diakses tanggal 1 Januari 2016. 
  15. ^ Allison Takeda (31 Desember 2015). "Taylor Swift Premieres 'Out of the Woods' Music Video on New Year's Rockin' Eve: Watch!". US Weekly. Diakses tanggal 1 Januari 2016. 
  16. ^ Brittany Spanos (31 Desember 2015). "Watch Taylor Swift Battle Nature in 'Out of the Woods' Video". Rolling Stones. Diakses tanggal 1 Januari 2016. 
  17. ^ Dreses Putranama (26 Desember 2015). "Kontroversi Syuting Video Klip 'Out Of The Woods' Taylor Swift". www.bintang.com. Diakses tanggal 1 Januari 2016. 
  18. ^ . 1 Januari 2016 https://www.instagram.com/taylorswift/. Diakses tanggal 1 Januari 2016.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  19. ^ "Here Are The Secret Messages Taylor Swift Hid On Her '1989' Album". MTV News. 27 Oktober 2014. Diakses tanggal 4 Januari 2016. 
  20. ^ 1989 (Compact disc liner notes). Taylor Swift. Big Machine Records. 2014. BMRBD0500A. 
  21. ^ "Australian-charts.com – Taylor Swift – Out Of The Woods". ARIA Top 50 Singles. Retrieved 4 Januari 2016.
  22. ^ "Austriancharts.at – Taylor Swift – Out Of The Woods" (in German). Ö3 Austria Top 40. Retrieved 4 Januari 2016.
  23. ^ "Danishcharts.com – Taylor Swift – Out Of The Woods". Tracklisten. Retrieved 4 Januari 2016.
  24. ^ "Lescharts.com – Taylor Swift – Out Of The Woods" (in French). Les classement single. Retrieved 4 Januari 2016.
  25. ^ "Archívum – Slágerlisták – MAHASZ" (in Hungarian). Single (track) Top 40 lista. Magyar Hanglemezkiadók Szövetsége. Retrieved 4 Januari 2016.
  26. ^ "Charts.org.nz – Taylor Swift – Out Of The Woods". Top 40 Singles. Retrieved 4 Januari 2016.
  27. ^ "Spanishcharts.com – Taylor Swift – Out Of The Woods" Canciones Top 50. Retrieved 4 Januari 2016.
  28. ^ "CHART: CLUK Update 8.11.2014 (wk44)". zobbel.de. Diakses tanggal 4 Januari 2016. 
  29. ^ "Taylor Swift – Chart history" Billboard Hot 100 for Taylor Swift. Retrieved 4 Januari 2016.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]