Oseanografi fisik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Batimetri laut dunia.

Oseanografi fisik adalah ilmu yang mempelajari kondisi dan proses fisik laut, terutama pergerakan dan sifat fisik air laut. Ilmu ini merupakan salah satu cabang ilmu oseanografi. Cabang oseanografi lainnya adalah oseanografi biologi, kimia, dan geologi.[1]

Oseanografi fisik dapat dibagi lagi menjadi oseanografi fisik deskriptif dan dinamis.[2] Oseanografi fisik mempelajari laut melalui metode pengamatan dan permodelan kompleks yang mampu menjelaskan pergerakan fluida secara akurat. Sementara itu, oseanografi fisik dinamis berfokus pada proses yang mempengaruhi pergerakan fluida melalui penelitian teoretis dan permodelan numerikal. Bidang ini merupakan bagian dari bidang ilmu dinamika fluida dalam geofisika yang juga berkaitan dengan ilmu meteorologi. Dalam geofisika, dinamika fluida mendeskripsikan aliran pada skala spasial dan temporal yang sangat dipengaruhi oleh gaya Coriolis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What is Oceanography?". ocean.tamu.edu. Diakses tanggal 2020-12-04. 
  2. ^ D., Talley, Lynne; L., Pickard, George; J., Emery, William; (Oceanographer), Swift, James H. (2011). Descriptive physical oceanography : an introduction. hlm. 1. ISBN 9780750645522. OCLC 784140610. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]