Moaning Lisa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Moaning Lisa adalah episode keenam di musim pertama serial animasi AS The Simpsons. Episode ini pertama kali ditayangkan pada tanggal 11 Februari 1990, di stasiun televisi Fox di AS. Episode Ini membahas depresi Lisa dan bagaimana upayanya mengatasinya dengan bermain saksofon. Episode ini istimewa karena yang pertama kalinya menampilkan bintang tamu, yaitu Ron Taylor sebagai Bleeding Gums Murphy. Al Jean dan Mike Reiss menulis episode ini dan Wes Archer yang menyutradarainya.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Suatu hari Lisa bangun dan merasa sedih. Di sekolah ia mendapatkan masalah pada pelajaran musik karena mengimprovisasi lagu. Di pelajaran olahraga ia disuruh pulang karena tidak mau menghindari bola yang dilemparkan kepadanya. Di rumah Bart dan Homer bermain tinju di konsol video namun Homer tetap tak bisa mengalahkan Bart.

Homer dan Marge berusaha menghibur Lisa, tetapi tiba-tiba ia mencemaskan segala kesengsaraan di dunia. Di kamarnya Lisa mendengar ada suara musik dari luar. Lisa lalu mencoba mencari sumber suaranya, ternyata yang bermain musik adalah Bleeding Gums Murphy. Ia adalah seorang pemain saksofonis yang memainkan musik blues. Lisa belajar mengungkapkan perasaan melalui musik dengan belajar dari Bleeding Gums Murphy. Namun Marge mendapatkannya di atas jembatan dan membawanya pulang.

Homer pergi ke balai permainan video arcade setempat, ingin belajar bermain video dari seorang ahlinya. Sementara itu Marge membawa Lisa ke les musik. Ia menyuruh Lisa tetap tersenyum biar bagaimanapun perasaannya di dalam hati. Namun ketika melihat bahwa Lisa diperalat teman-temannya, Marge sadar bahwa Lisa boleh menjadi dirinya dan Marge mendukungnya.

Di rumah Homer hampir berhasil mengalahkan Bart, tetapi Marge mematikan konsol video untuk mengumumkan pulihnya kembali Lisa. Bart segera menyatakan mengundurkan diri dari dunia pertinjuan sebagai pemenang tak terkalahkan.

Kemudian keluarga Simpson pergi mengunjungi pertunjukan Bleeding Gums Murphy di sebuah klub di mana ia menyanyikan lagu blues karangan Lisa.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Ide mengenai Moaning Lisa pertama kalinya diusulkan oleh James L. Brooks. Episode ini adalah yang pertama mengkhususkan diri kepada Lisa. Produser The Simpsons James L. Brooks ingin menulis bagaimana Lisa merasa sedih tanpa mengapa demikian.

Para penulis merasa mereka sudah membuat beberapa episodes "lucu-lucuan" dan ingin mencoba sesuatu yang baru yang "benar-benar emosional dan manis". Lagu yang dinyanyikan Lisa di episode ini kemudian akan muncul di dalam bentuk yang lebih panjang di CD The Simpsons Sing the Blues.

Tuan Largo, guru musik Lisa, sebagian terilhami oleh guru musik Matt Groening, pencipta The Simpsons, ketika masih anak-anak. Desain para petinju di permainan video secara tidak langsung didasarkan Homer dan Bart. Wasitnya berdasarkan tokoh dari komik Matt Groening Life in Hell.

Bleeding Gums Murphy didasarkan secara tidak langsung kepada pemusik blues kondang Blind Lemon Jefferson. Ralph Wiggum, Bleeding Gums Murphy dan Jacqueline Bouvier (sebagai flashback) muncul secara perdana di episode ini.

Rilis di media rumah[sunting | sunting sumber]

Episode ini pertama kalinya dirilis di media VHS di Inggris sebagai bagian dari set berjudulkan The Simpsons Collection. Episode ini digabungkan dengan episode Homer's Odyssey. Di AS episode ini dirilis di set VHS The Best of The Simpsons, Vol. 2 (1997), dan digabung dengan Bart the General. Di kemudian hari episode ini dirilis ulang di AS sebagai bagian dari set edisi kolektor dari tiga volume pertama koleksi The Best of The Simpsons.

Di kemudian hari episode ini dirilis ulang sebagai bagian dari sebuah set VHS musim pertama The Simpsons (November 1999).

Rilis perdana dalam bentuk format DVD merupakan bagian dari set DVD The Simpsons Musim ke-1 yang dirilis tanggal 25 September 2001.

Groening, Reiss, Archer, dan Jean turut berpartisipasi di komentar audio DVD. Edisi digital dalam jaringan pertama dirilis di AS tanggal 20 Desember 2010 melalui Amazon.com dan iTunes.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]