The Telltale Head

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

The Telltale Head adalah episode ke-8 di Musim pertama dari serial animasi Amerika Serikat The Simpsons. Episode ini pertama kali ditayangkan pada tanggal 25 Februari 1990 di stasiun televisi Fox di AS.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Episode ini dimulai di tengah. Homer dan Bart berjalan dengan membawa kepala patung Jebediah Springfield. Mereka lalu dikepung oleh massa yang mengamuk dan lalu melarikan diri ke patung Jebediah yang tak berkepala lagi. Bart lalu memohon massa untuk mendengarkan ceritanya dahulu sebelum mereka membunuhnya. Krusty mengabulkan permintaannya.

Kemudian Bart bercerita: awalnya ialah hari Minggu. Setelah pergi ke gereja bersama sekeluarga, Bart ingin menonton film SF, tetapi Marge melarangnya. Kemudian Bart meminta uang kepada Homer yang memberinya uang $ 5, asal jangan dibuat nonton film yang dilarang. Bart tertawa tetapi langsung terus ke bioskop. Di bioskop ia ingin membeli tiket tetapi ia berkenalan dengan tiga orang anak nakal Jimbo, Kearney dan Dolph. Mereka mengajaknya masuk tanpa membayar dari pintu samping. Ketika sedang asyik menonton, mereka dipergoki dan dilempar ke luar.

Uang $ 5 dipakainya untuk mentraktir teman-teman barunya slurpee di Kwik-E-Mart. Sambil menikmati slurpee mereka melihat-lihat awan. Mereka bisa mengenali beberapa bentuk figur di langit. Bart berkata ia melihat patung Jebediah Springfield yang tak berkepala. Lalu teman-temannya berkata bahwa akan kerenlah jika kepalanya akan dipenggal.

Lalu pada malam hari Bart membawa gergaji dan memenggal kepala Jebediah Springfield. Keesokan harinya seluruh Kota Springfield geger mendengar kabar ini. Sementara itu Bart membawa kepalanya ke sekolah untuk dipamerkan ke teman-temannya. Namun ternyata mereka juga marah terhadap pengrusakan ini. Bart heran dan bertanya mengapa pikiran mereka berubah. Menurut mereka, mereka hanya mengoceh saja. Bart tidak berani lalu pulang ke rumah. Ia ingin memendam kepala ini, tetapi ia merasa bahwa si kepala ini berbicara kepadanya. Jebediah Springfield berbicara bahwa Bart harus jujur. Bart lalu membawa dan memperlihatkan kepalanya ke Keluarga Simpsons. Lalu Homer dan Bart membawa kepala itu kembali ke patungnya, lalu mereka dikejar-kejar massa.

Setelah habis ceritanya, Bart diampuni oleh warga Springfield dan ia menaruh kembali kepala Jebediah Springfield ke atas tubuhnya.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Gagasan untuk membuat episode ini dalam bentuk flashback pertama-pertama dipikirkan dalam tahap pewarnaan. Inilah episode pertama yang disutradarai oleh Rich Moore. Di episode ini Jebediah Springfield pertama kali disebut, dan Keluarga Simpson pertama kali pergi ke gereja. Pembawa acara pertandingan sepak bola Amerika berdasarkan Keith Jackson. Adegan di mana Bart bangun dan melihat kepala Jebediah di sebelahnya, merupakan rujukan film The Godfather. Jack Woltz menemukan kepala kuda balapnya yang paling yang berharga ketika ia bangun pada pagi hari.

Di episode ini Sideshow Bob, Pendeta Timothy Lovejoy, Krusty the Clown, Jimbo Jones, Kearney Zzyzwicz, Dolph Starbeam, Nona Albright dan Apu Nahasapeemapetilon dalam serial animasi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]