Homer's Odyssey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Homer's Odyssey ("Pengembaraan Homer") adalah episode ketiga musim pertama The Simpsons dan pertama kalinya ditayangkan di stasiun televisi Fox pada tanggal 21 Januari 1990. Di dalam episode ini Homer menjadi seorang aktivis keselamatan warga di Springfield. Lalu ia dipromosikan ke pekerjaannya yang sekarang ini menjadi inspektur keselamatan nuklir untuk PLTN tempatnya bekerja secara keseluruhan. Episode ini ditulis Jay Kogen dan Wallace Wolodarsky dan merupakan episode pertama yang pernah diselesaikan, meskipun episode ini adalah yang ketiga diproduksi.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Bu Krabappel membawa kelas Bart mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Springfield, di mana semua orang melihat bagaimana Homer menabrakkan kereta listrik ke ventilasi pendingin dan lalu dipecat. Homer kemudian mencari pekerjaan baru tetapi tidak berhasil. Ia merasa hal ini sebagai sebuah kegagalan, lalu menulis catatan bunuh diri untuk keluarganya dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan mengikat sebuah batu berat di kakinya sendiri dan melompat dari jembatan. Lisa menemukan catatan itu dan memperingatkan keluarga Homer. Mereka bergegas ke jembatan untuk menyelamatkannya, tetapi mereka hampir ditabrak truk ngebut. Homer menarik mereka ke tempat aman tepat pada waktunya, dan ia tiba-tiba dipenuhi dengan alasan baru untuk hidup: untuk menempatkan tanda berhenti di setiap persimpangan berbahaya.

Setelah berhasil mengajukan petisi dewan kota, Homer lalu aktif maju memperjuangkan keselamatan umum yang melibatkan menempatkan polisi tidur dan tanda-tanda peringatan di seluruh kota.

Tidak puas dengan usahanya sendiri, Homer lalu menghadapi tantangan bahaya terbesar di Springfield, pembangkit listrik tenaga nuklir. Setelah Homer menggalang orang untuk demonstrasi mencapai tujuannya, Tuan Burns memutuskan untuk mengakhiri kehebohan ini. Ia lalu menciptakan posisi baru sebagai inspektur keselamatan PLTN dan menawarkan jabatan ini kepada Homer, bersama dengan gaji yang lebih tinggi. Homer, terbelah antara prinsip-prinsip dan mata pencahariannya, sambil menangis menceritakan pengikutnya bahwa mereka harus berjuang sendiri dari titik ini dan lalu menerima jabatan baru ini dari Tuan Burns.


Pembuatan episode ini[sunting | sunting sumber]

Tokoh Waylon Smithers untuk pertama kalinya muncul di dalam episode ini, meski suaranya bisa didengar di pengeras suara di episode perdana Simpsons Roasting on an Open Fire. Di episode ini, wujudnya diwarnai secara salah oleh Gyorgi Peluci, pewarna animasi. Ia digambar sebagai seorang berkulit hitam (Afro-Amerika). David Silverman selalu menyatakan Smithers selalu dimaksudkan sebagai asisten Mr. Burns yang berkulit putih dan anggota staf berpendapat bahwa "seorang tokoh berkulit hitam yang bersifat merendah dan melayani" merupakan sebuah ide yang buruk. Oleh karena itu mereka mengganti warnanya seperti yang dimaksud pada episode selanjutnya dan menjelaskan bahwa kulitnya yang hitam sebagai "corak yang sangat gelap".

Blinky si Ikan Bermata Tiga juga hadir sebagai cameo di episode ini, ia selanjutnya akan menjadi penting di episode keempat musim ke-2. Two Cars in Every Garage and Three Eyes on Every Fish. Juga penting disebut ialah bahwa Marge aslinya di episode ini bernama Juliette sesuai dengan roman Romeo dan Yulia. Nama tengah Homer, J., juga diterangkan untuk pertama kalinya di episode ini. Menurut Matt Groening, nama ini merujuk kepada Bullwinkle J. Moose. Lalu tokoh-tokoh berikut juga muncul untuk pertama kalinya: Otto Mann, Chief Wiggum, Jasper Beardley, Sam & Larry, Tuan & Nyonya Winfield serta si kembar Sherri dan Terri.

Rujukan kebudayaan[sunting | sunting sumber]

Judul episode ini merujuk kepada wiracarita Yunani Kuno Odysseus yang biasanya diakukan kepada sang pujangga legendaris Homerus. Di dalam bus, Bart menyanyikan lagu John Henry was a Steel Driving Man, sebuah lagu rakyat Amerika mengenai seorang pahlawan kaum pekerja dari abad ke-19 yang membangun jalur kereta api menembus pegunungan Virginia Barat.