Bart the General

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Bart the General adalah episode ke-5 musim pertama dari serial animasi The Simpsons. Episode ini pertama kali ditayangkan di stasiun televisi Amerika Serikat Fox pada tanggal 4 Februari 1990. Di dalam episode ini Bart melawan pemeloncoan (bullying) yang dilakukan oleh Nelson Muntz.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Lisa membuat kue bolu panggang untuk gurunya, Bu Hoover yang berulang tahun. Bart meminta satu tetapi tidak diberi. Akhirnya Lisa memintanya menutup matanya dan Bart diberi kue yang sudah jatuh ke lantai bus. Bart merasa berterima kasih. Di sekolah Lisa diganggu oleh salah seorang pengikut Nelson Muntz, yang merusak kue Lisa dan menginjak-injaknya. Nelson memukuli Bart setelah selesai sekolah dan memperingatkannya untuk mendapatkan perlakuan yang sama keesokan harinya.

Di rumah Bart menangis dan bapaknya, Homer memberinya saran untuk memukul balik dan kalau perlu "berjuang secara curang". Tetapi ibunya, Marge menyarankannya untuk membicarakannya secara baik-baik dengan Nelson. Homer mengejek Marge dengan menyebutnya "Nyonya Maharishi Gandhi". Keesokan harinya Bart berusaha melawan NelsonN tetapi usahanya sia-sia saja. Lalu Lisa menyarankannya bicara dengan kakek. Kakek membawa Bart ke Herman, seorang pemilik toko senjata antik dan seorang ahli militer. Tangan kanan Herman buntung.

Atas saran Herman, Bart disuruh untuk mengumpulkan teman-temannya untuk melawan Nelson. Bart lalu melatih kawan-kawannya secara militer.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Episode ini durasinya terlalu lama sehingga animasi pembuka tidak dipakai. Hanya rumah keluarga The Simpsons saja yang diperlihatkan.

David Silverman adalah sutradara episode ini dan ia sebenarnya agak stres karena saat itu juga memproduksi episode Bart the General. Selain itu sebenarnya lagu War oleh Edwin Starr ingin digunakan, namun lalu dianggap kurang cocok.

Kemudian episode ini memiliki beberapa masalah dengan sensor. Badan sensor tidak ingin kata-kata family jewel (perhiasan keluarga, tetapi maksudnya adalah "organ vital") digunakan, namun akhirnya tetap dipakai juga. Usaha penyensoran ini juga tercerminkan di dalam adegan di mana si kakek menulis surat ke stasiun televisi di mana ia menyenaraikan kata-kata yang tidak mau ia dengar lagi di televisi. Ia menganggap acara televisi sangat sarat dengan seksualitas. Dan salah satu kata yang tidak mau ia dengar lagi di televisi ialah family jewels.

Dua tokoh baru diperkenalkan di episode ini, yang pertama ialah Nelson Muntz yang selanjutnya secara teratur muncul. Yang kedua ialah Herman, namun ia sangat jarang muncul lagi. Herman didasarkan kepada penulis John Swartzwelder dan suaranya diisi oleh Harry Shearer, dan sebagian diilhami oleh George H. W. Bush. Maksudnya semula ialah bahwa Herman setiap kali muncul menceritakan cerita berbeda mengapa tangan kanannya buntung.

Rujukan kebudayaan[sunting | sunting sumber]

Episode ini merujuk beberapa film perang. Yaitu beberapa kalimat dialog, adegan di mana Bart menampar salah seorang prajuritnya karena dianggap "menodai korps", dan musik. Musik diambil dari film Patton (1970) yang digubah oleh Jerry Goldsmith. Fox memiliki film ini, sehingga tidak ada masalah dengan hak cipta. Adegan berbaris merujuk ke film Full Metal Jacket yang disutradarai oleh Stanley Kubrick.

Episode ini juga memparodi sebuah foto yang diambil di New York seusai Perang Dunia II di mana seorang kelasi AL mencium seorang gadis, di sini Lisa dicium oleh salah seorang prajurit Bart dan ia menamparnya.

Bart menutup episode ini dengan menyatakan bahwa perang itu tidak menyenangkan dan bahwa adegan episode ini jangan ditiru. Perang yang baik dalam sejarah hanyalah Perang Revolusi Amerika Serikat, Perang Dunia II dan Perang Bintang (Star Wars).

Rilis media rumah[sunting | sunting sumber]

Episode ini untuk pertama kali dirilis dalam bentuk format DVD pada tanggal 24 September 2001 sebagai bagian dari DVD koleksi episode Musim pertama.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]