Mixtek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mixtek (atau Mixteka) merupakan orang pribumi Amerika di negeri Oaxaca, Meksiko. "Mixtek" juga merupakan nama sejarah bahasa mereka.

Pada masa Pra-Columbus, Mixtek merupakan salah peradaban Mesoamerika yang penting. Pusat-pusat kuno penting bagi Mixtek termasuk ibu kota kuno Tilantongo, dan juga situs-situs Achiutla, Cuilapan, Huamelupan, Mitla, Tlaxiaco, dan Yucuñudahui. Mixtek juga membangun bangunan penting di kota kuno Monte Albán (yang aslinya merupakan kota Zapotec sebelum dikuasai oleh Mixtek). Karya seni Mixtek yang dibuat dengan menggunakan peralatan-peralatan dari batu, kayu, dan logam dipandang tinggi di seluruh Mesoamerika zaman kuno. Mixtek ditaklukkan tlatoani Aztek Ahuitzotl sekitar 30 tahun sebelum datangnya Conquistador Spanyol. Mereka habis-habisan menentang penjajahan Spanyol hingga akhirnya dikalahkan oleh Spanyol dan sekutu mereka dari Meksiko Pusat yang diketuai Pedro de Alvarado.

Bahasa Mixtec diperkiraan dipertuturkan oleh 300.000 orang pada akhir abad ke-20, walaupun kebanyakan penutur Mixtec juga mampu bertutur bahasa Spanyol.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • The Mixtec Kings and Their People, Ronald Spores, University of Oklahoma Press, 1967