Cuauhtémoc

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cuauhtémoc
Tlatoani Tenochtitlan ke-11
Penguasa Aliansi Tiga Aztek
Patung Cuauhtémoc di el Zócalo, Ciudad de Mexico.
Masa kekuasaan1520–1521
LahirCirca 1495
Wafat28 Februari 1525 (berusia 29–30)
PendahuluCuitlahuac
PenggantiTlacotzin
AyahAhuitzotl
IbuTlilancapatl

Cuauhtémoc (pelafalan Nahuatl: [kʷaːʍˈtemoːk], kwauˈtemok juga dikenal dengan nama Cuauhtemotzin, Guatimozin atau Guatemoc; c. 1495) adalah penguasa (tlatoani) Tenochtitlan yang berkuasa dari tahun 1520 hingga 1521. Ia merupakan penerus Cuitláhuac dan sepupu Moctezuma II. Istri mudanya, yang nantinya dikenal dengan nama Isabel Moctezuma, adalah salah satu putri Moctezuma. Ia naik takhta saat masih berusia 25 tahun, saat kotanya sedang dikepung oleh tentara Spanyol dan Tlaxcala serta diwabahi oleh penyakit variola.

Penangkapan dan penghukuman mati[sunting | sunting sumber]

"Penyiksaan Cuauhtémoc" yang dilukis oleh Leandro Izaguirre.

Cuauhtémoc ditangkap pada tanggal 13 Agustus 1521 saat sedang melarikan diri dari Tenochtitlán dengan menyeberangi Danau Texcoco bersama dengan istri, keluarga, dan teman-temannya. Ia menyerah kepada Hernán Cortés dan, menurut sumber-sumber Spanyol, menawarkan pedangnya kepada Cortés dan memintanya untuk menghabisinya. Menurut sumber yang sama, Cortés menolak tawaran ini dan berkata "Anda telah mempertahankan ibu kota Anda layaknya prajurit yang berani." Ia juga menyatakan bahwa "Orang Spanyol tahu bagaimana menghargai keberanian, bahkan pada musuh."[1] Namun, setelah mengetahui bahwa barang rampasan yang didapat tidak sesuai dengan harapan,[2] Cuauhtémoc disiksa.[3] Akhirnya beberapa emas didapat, walaupun lebih sedikit dari yang diharapkan oleh Cortés dan tentaranya.

Pada tahun 1525, Cortés membawa Cuauhtémoc dan beberapa bangsawan lainnya dalam ekspedisinya ke Honduras karena takut Cuauhtémoc akan memimpin pemberontakan saat Cortés sedang pergi.[4] Ketika ekspedisi ini berhenti di kota Itzamkanac, Cortés memerintahkan agar Cuauhtémoc dihukum mati atas tuduhan konspirasi pembunuhan terhadap Cortés dan orang Spanyol lainnya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ William H. Prescott, History of the Conquest of Mexico (New York, 1843), vol. 3, hal. 206.
  2. ^ Prescott, vol. 3, hal. 211.
  3. ^ Prescott, vol. 3, hal. 234-235.
  4. ^ Restall (2004, hal.148).

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Cuitláhuac
Tlatoani Tenochtitlan
1520–1521
Diteruskan oleh:
Diego Velázquez Tlacotzin